PENGEMBANGAN CHATBOT PENDAFTARAN E-KTP BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE NLP (Natural Language Processing)

Authors

  • Ahmad Ja’far Ali Manajemen Informatika, Universitas Negeri Surabaya
  • Andi Iwan Nurhidayat Manajemen Informatika, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pelayanan informasi yang di sediakan masih belum berjalan secara maksimal. Banyaknya chat masuk dan pengurusatau perangkat desa kurang memantau ponsel mengakibatkan penumpukan chat yang masuk sehingga chat tidak terbalas. Oleh sebab itu perlu sebuah sistem aplikasi web dengan fitur chatting yang bisa memberikan jawaban pertanyaan dari user secara otomatis, salah satunya chatbot. Chatbot dikembangkan menggunakan metode Natural Language Processing (NLP), terdiri dari case folding, tokenization, stemming, dan bag of words. Setelah text processing, data akan dilatih dengan model Artificial Neural Network (ANN). Pengujian menggunakan 30 data dengan menggunakan beberapa variasi model training untuk mencari model yang cocok digunakan dalam pelatihan, hasil menunjukkan bahwa model yang cocok menggunakan 2 hidden layer, optimizer adam, aktivasi ReLU, loss categorical crossentropy dengan akurasi 1.000. Diharapkan pengembangan chatbot ini dapat memberikan pelayanan informasi dan dapat mempercepat proses pendaftaran E-KTP.

Kata kunci: Chatbot, E-KTP, Natural Language Processing

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-06

Issue

Section

Article
Abstract views: 218 , PDF Downloads: 195