Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi Absensi Kerja Berbasis Mobile Dengan Metode Design Thinking: Studi Kasus PT QLCom Solusi Bisnis
Abstract
Abstrak— Proses absensi di PT QLCOM Solusi Bisnis saat
ini masih menggunakan fingerprint yang mengharuskan
kehadiran secara fisik sehingga menyusahkan bagi
karyawan yang melakukan dinas luar ataupun WFH. Selain
itu, pengajuan cuti dan lembur dilakukan melalui sistem
terpisah serta pengelolaan data karyawan diinputkan
dengan cara manual. Pada penelitian ini bertujuan untuk
merancang antarmuka aplikasi absensi mobile yang
fleksibel, dan berfokus pada kebutuhan user dengan metode
Design Thinking. Tahapan penelitian meliputi analisis
masalah, Perumusan How Might We (HMW), pencarian ide
solusi, serta pengujian prototipe menggunakan metode
System Usability Scale (SUS). Hasilnya berupa prototipe
aplikasi absensi mobile yang memiliki fitur utama
pencatatan kehadiran berbasis lokasi, pengajuan cuti dan
lembur yang terintegrasi, notifikasi otomatis, serta
pengelolaan data pribadi oleh karyawan. Pada uji coba
menunjukkan aplikasi ini mampu meningkatkan
kenyamanan dan efisiensi dalam proses absensi maupun
administrasi personal lainnya. Prototype dirancang
menggunakan Figma yang memungkinkan kolaborasi secara
daring dan real-time.
Kata kunci— Design Thinking, Antarmuka Pengguna,
Absensi Mobile, Figma, Usability Testing
Downloads

