RANCANG BANGUN WEBSITE E-POSYANDU MENGGUNAKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT ( STUDI CASE : POSYANDU JAMBU DUSUN TEPUS )

Authors

  • Muvidha Putri Universitas Negeri Surabaya
  • I Gde Agung Sri Sidhimantra

Abstract

Untuk melindungi jutaan anak dari berbagai penyakit yang mudah menular dan berbahaya, imunisasi adalah langkah awal penting. Untuk melindungi diri, bahkan bayi dan anak balita harus diimunisasiasi secara teratur dengan jadwal dan dosis yang telah ditetapkan. Namun, selama ini pencatatan imunisasi secara tertulis yang dilakukan secara manual sering menimbulkan masalah, seperti kesalahan pencatatan, kehilangan data, dan kesulitan dalam pelacakan riwayat imunisasi anak. Dalam desain sistem ini, metode Extreme Programming diterapkan untuk memastikan pengembangan yang berfokus pada kebutuhan pengguna. Metode Customer Relationship Management (CRM) dapat meningkatkan pelayanan dan kinerja Kader Posyandu Jambu di Dusun Tepus. Tujuan dari penggunaan CRM adalah untuk memudahkan interaksi antara orang tua dan anak, meningkatkan kemudahan pencatatan imunisasi, dan membantu staf memberikan layanan yang lebih terorganisir dan responsif. Selain itu, layanan yang dipersonalisasi melalui CRM meningkatkan kesetiaan Posyandu dan kepercayaan masyarakat. Ini memberi kader Posyandu kesempatan untuk sepenuhnya berkonsentrasi pada layanan masyarakat secara langsung. Website e-posyandu ini dirancang untuk meningkatkan layanan imunisasi anak di Posyandu Jambu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-11

Issue

Section

Articles
Abstract views: 59 , PDF Downloads: 14