Optimalisasi Hubungan Pelanggan Melalui Aplikasi CRM Berbasis Web Pada Olahraga PoundFit
Abstract
Abstrak— Pengembangan teknologi informasi memberikan peluang besar bagi sektor kebugaran untuk meningkatkan layanan dan hubungan dengan pelanggan. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah Customer Relationship Management (CRM), yang berfokus pada pengelolaan data pelanggan, peningkatan kualitas layanan, serta loyalitas pelanggan. Sassy PoundFit, sebagai layanan olahraga PoundFit, menghadapi tantangan dalam pengelolaan data peserta, penjadwalan kelas, serta komuikasi dengan pelanggan yang sebelumnya masih dilakukan secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi CRM berbasis website guna membantu Sassy PoundFit dalam mengelola aktivitas operasional dan hubungan dengan pelanggan agar lebih maksimal. Pengujian sistem dilakukan menggunakan User Acceptance Testing (UAT) oleh admin dan peserta, yang menunjukkan bahwa sistem telah berjalan dengan baik dan memenuhi kebutuhan pengguna.
Kata kunci— Customer Relationship Management (CRM), Manajemen Pelanggan, Aplikasi Berbasis Web, PoundFit.
Downloads


