PERANCANGAN DAN PEMBUATAN WORD GAME SCRAMBLE DENGAN ALGORITMA GENETIKA

  • VERI ANDRIYAWAN

Abstract

Anita Qoiriah

Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, anitaqoi@yahoo.com

 

Veri Andriyawan

D3 Manajemen Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

 

Abstrak

 

Banyak metode pembelajaran yang digunakan guru agar murid dapat menangkap apa yang sedang diajarkan, salah satunya adalah dengan permainan. Metode pembelajaran ini mampu menyampaikan tujuan pokok belajar dengan cara yang menyenangkan, sehingga para siswa diharapkan dapat lebih bersemangat dan tertarik terhadap topik pembelajaran. Metode pembelajaran sambil bermain juga dapat diterapkan pada salah satu pelajaran penting di sekolah, yakni pelajaran Bahasa Inggris. Permainan berbahasa Inggris ini dikenal dengan Word Games. Dari sekian banyak macam jenis permainan Word Games yang ada, Scramble termasuk salah satu jenis permainan Word Games yang populer. Dalam pembuatan Word Game Scramble diterapkan pengambilan data dari hasil metode yang di lakukan oleh Andrea Krause berdasarkan Hidden Markov Models (HMM) dan Algoritma Genetika untuk proses pengacakan yang optimum dalam susunan huruf yang diperoleh, dengan memanfaatkan nilai fitness untuk mencari individu terbaik. Dari nilai fitness tersebut akan dilakukan lagi proses seleksi, proses cross over dan proses mutasi sehingga individu yang diperoleh benar-benar individu terbaik yang akan membentuk suatu susunan huruf-huruf alfhabet dalam board 4x4. Hasil yang diperoleh dari proses ini adalah individu terbaik yang akan membentuk suatu susunan huruf-huruf alfhabet dalam board 4x4 dan untuk membuat susunan huruf dalam board 4x4 yang optimum diperlukan pembobotan huruf sesuai dengan hasil penelitian yang di lakukan oleh Andrea Krause berdasarkan Hidden Markov Models (HMM) dalam pengisian nilai fitness pada proses algoritma genetika. Sehingga susunan huruf dalam board 4x4 menjadi lebih optimum dibandingkan dengan penelitian sebelumnya, agar dapat mempermudah pemain (user) untuk mencari kosakata dalam board 4x4.

 

Kata kunci: Word Games, Scramble Games, Algoritma Genetika, Hidden Markov Models(HMM)

 

Published
2014-04-08
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 397