https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/issue/feed Jurnal Manajemen Informatika 2022-07-07T03:43:05+00:00 Open Journal Systems <p><span style="font-family: calibri; font-size: 16px; color: navy;"> Jurnal Manajemen Informatika adalah jurnal online yang menyajikan artkel dan hasil penelitian yang meliputi kajian tentang <strong>Ilmu Komputer, Informatika, Sistem Informasi dan Telematika</strong>. Jurnal ini ditujukan tidak hanya untuk kalangan internal saja tetapi terbuka bagi semua peneliti, akademisi dan profesional.</span></p> https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/47935 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN PEMBUATAN SURAT DESA SANGGRAHAN BERBASIS WEB 2022-07-07T03:43:05+00:00 Mia Nurvia Raya mia.18015@unesa.ac.id Andi Iwan Nurhidayat andinurh1dayat@unesa.ac.id <p>Berkembangnya dunia teknologi komunikasi saat ini sangatlah pesat sehingga memungkinkan untuk dapat meringankan pekerjaan manusia dalam berbagai hal. Perolehan informasi yang akurat dan tepat merupakan salah satu dampak yang positif dari adanya <em>internet. </em>Informasi-informasi tersebuat dikemas dalam sebuah halaman yang disebut dengan <em>website.</em> Oleh karena itu, beberapa instansi memanfaatkan sebuah <em>website </em>sebagai wadah untuk pelayanan publik. Desa Sanggrahan yang berlokasi di Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk dalam melayani masyarakat masih menggunakan cara-cara yang manual, salah satu contohnya pada pelayanan surat-menyurat. Dalam melayani permintaan pembuatan surat, sekretariat Desa Sanggrahan masih menggunakan sistem lama yaitu masyarakat yang ingin dibuatkan surat harus datang langsung ke kantor desa dan mengisi data surat yang dipesan secara manual dibuku yang telah disediakan. Kemudian petugas kesekretariatan akan membuat surat sesuai permintaan, serta mengurus penandatanganan dan pengesahan surat. Cara ini tentu tidak efektif dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Resiko kehilangan data dan kesalahan dalam mengisikan data juga tidak dapat dihindari. Selain itu, adanya pandemi <em>COVID-19 </em>ini tidak memungkinkan untuk keluar rumah atau bahkan sampai adanya kerumunan masa. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan adanya pembuatan sistem informasi manajemen permintaan surat berbasis <em>website </em>yang dapat melakukan proses pemesanan surat secara <em>online</em> tanpa harus datang langsung ke lokasi. Pada perancangan sistem informasi manajemen permintaan surat ini akan dibuat dengan tampilan atau <em>interfaces </em>yang sederhana sehingga dapat dipahami oleh <em>user. </em>Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Air Terjun (Waterfall) dan dalam pengembangan perangkat lunak menggunakan Flowchart, DFD, CDM dan PDM.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Surat, Sistem Informasi, Pelayanan Desa, Internet, Web</p> 2022-06-08T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##