https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/issue/feed Jurnal Manajemen Informatika 2024-05-20T03:50:54+00:00 Open Journal Systems <p><span style="font-family: calibri; font-size: 16px; color: navy;"> Jurnal Manajemen Informatika adalah jurnal online yang menyajikan artikel dan hasil penelitian yang meliputi kajian tentang <strong>Ilmu Komputer, Informatika, Sistem Informasi dan Telematika</strong>. Jurnal ini ditujukan tidak hanya untuk kalangan internal saja tetapi terbuka bagi semua peneliti, akademisi dan profesional.</span></p> https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/56535 SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN GUNA MENENTUKAN PERPANJANGAN MASA KERJA ASESOR LAM KEPENDIDIKAN MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES BERBASIS PROGRESSIVE WEB APP 2023-07-31T05:02:21+00:00 Kharismaharani Aisyah Putri kharismaharani.19015@mhs.unesa.ac.id Ari Kurniawan arikurniawan@unesa.ac.id <p>Abstrak— Sistem pendukung keputusan dalam memutuskan kelompok rekomendasi asesor yang bertugas di LAM Kependidikan. Terdapat 3 kelompok rekomendasi dalam penelitian ini, yaitu dapat diperpanjang, mengikuti pelatihan, dan tidak diperpanjang. Hasil kelompok rekomendasi dapat diperoleh berdasarkan kriteria yang telah ditentukan yaitu penilaian program studi, waktu pengerjaan serta lokasi asesor. Tahap awal yaitu proses akurasi pengujian model menggunakan K-Fold Validation dengan 10 Fold. Hasil pengujian model menghasilkan akurasi 88.4%. Penelitian menggunakan 501 data dengan 400 training dan 101 testing. Akurasi training yaitu 89.7% sedangkan akurasi testing menghasilkan 81.2%. Sistem dikembangkan menggunakan framework PHP (Laravel) dan MySQL sebagai databasenya serta dilengkapi dengan teknologi Progressive Web App.</p> <p><br>Kata kunci— framework PHP, MySql, Sistem Pendukung Keputusan, Naïve Bayes</p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/56537 SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PRODUK SKINCARE SESUAI DENGAN KONDISI KULIT WAJAH BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DAN TOPSIS 2023-07-31T05:05:42+00:00 Fina Maulidiyah Nabila fina.19034@mhs.unesa.ac.id Andi Iwan Nurhidayat andyl34k5@unesa.ac.id <p>Abstrak— <em>Skincare merupakan rangkaian produk perawatan wajah yang terdiri dari berbagai macam produk yang digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Namun masih banyak orang salah menggunakan skincare dikarenakan tidak sesuai dengan kondisi kulit wajah mereka. Salah penggunaan skincare tentu dapat menjadi masalah untuk kulit wajah konsumen. Oleh karena itu, Tugas Akhir ini menggunakan kombinasi metode AHP dan Topsis untuk membuat aplikasi web sistem pendukung keputusan yang diharapkan dapat membantu konsumen merekomendasikan produk skincare yang cocok untuk kulit wajah mereka. Berdasarkan pengujian betha, dapat disimpulkan bahwa sistem ini dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Hasil akurasi rata-rata perhitungan dengan AHP-Topsis menggunakan parameter Jarak Hamming yaitu 87,5%.</em></p> <p>Kata kunci— <em>Skincare, Analytic Hierarchy Process, Topsis, Serum wajah, Sistem Pendukung Keputusan</em></p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/56540 PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BUKET BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) 2023-07-31T05:08:42+00:00 Aliza Husna Izzati aliza.19064@mhs.unesa.ac.id Dodik Arwin Dermawan dodikdermawan@unesa.ac.id <p>Abstrak—Toko buket Rhyuu merupakan bisnis yang menyediakan berbagai macam produk buket yang terletak di Kota Ponorogo. Namun, saat ini proses pemesanan buket masih dilakukan dengan datang langsung ke toko dan proses pengelolaan data penjualan masih menggunakan pembukuan sehingga beresiko terjadi kesalahan dalam pencatatan. Proses bisnis yang kurang efektif membuat toko Rhyuu.Bouquet membutuhkan strategi bisnis yang lebih inovatif untuk dapat bersaing dengan bisnis lainnya. Oleh karena itu, pada penelitian ini perlu dikembangkan sistem informasi penjualan buket berbasis web dengan menerapkan metode Customer Relationship Management (CRM) yang bertujuan untuk menciptakan pelayanan yang optimal sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini, pengembangkan sistem menggunakan Metodologi Rapid Application Development, bahasa pemrograman PHP, dan MySQL. Pengujian sistem menggunakan metode blackbox memperoleh hasil 100% valid. Hasil ini menunjukkan bahwa sistem berhasil berjalan dengan baik secara fungsional sehingga dapat mengoptimalkan pelayanan yang terdapat pada Toko Rhyuu.Bouquet..&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata kunci—Sistem Informasi Penjualan, Customer Relationship Management, RAD, Blackbox Testing, Website</p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/56542 SISTEM PENGARSIPAN DOKUMEN PADA NGAGLIK PLAZA MENGGUNAKAN METODE INDEX FIELD 2023-07-31T05:19:47+00:00 Nur Wulan Cahyani nur.19010@mhs.unesa.ac.id Dodik Arwin Dermawan dodikdermawan@unesa.ac.id <p>Abstrak— Ngaglik Plaza memiliki jumlah arsip yang besar, namun sistem pengarsipannya masih tulis tangan. Akibatnya, dalam jangka panjang, data arsip menumpuk dan ini menimbulkan risiko lain dalam hal penyimpanan dokumen secara manual. Mengingat kondisi tersebut. pengelola Ngaglik Plaza perlu mengubah cara penyimpanan data arsip secara tepat. Oleh karena itu Dengan penerapan sistem pengarsipan dokumen Ngaglik Plaza menggunakan metode indexed field, diharapkan akan terjadi kemudahan dalam pengarsipan, pendataan, dan pengelolaan dokumen surat menyurat yang ada. Selain itu, proses pengarsipan akan menjadi lebih simpel dan efisien. Perencanaan &nbsp;penelitian yang diterapkan untuk menghasilkan sistem dokumentasi Ngaglik Plaza dilakukan dengan mengumpulkan data untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis kebutuhan dan merancang serta membuat sistem menggunakan desain UML, Pengujian akan dilakukan menggunakan metode black box testing. Metode pengindeksan (index field) digunakan untuk mengarsipkan data berdasarkan kategori tertentu dan mencari arsip berdasarkan jenisnya. Dengan menerapkan metode ini, pengarsipan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien, dan dapat diimplementasikan dalam aplikasi web.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata kunci<strong>— </strong>Sistem Informasi, arsip, index field</p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/56546 DETEKSI KELENGKAPAN APD KESELAMATAN PEKERJA KONSTRUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK DAN MODEL JARINGAN YOLOV5 2023-07-31T05:22:56+00:00 Imanuela Gloriagnys Natalia imanuela.19032@mhs.unesa.ac.id Asmunin Asmunin asmunin@unesa.ac.id <p><em>Abstrak</em>— Pada saat ini, keselamatan dan Kesehatan pekerja dalam industry konstruksi sangatlah penting. Salah satu aspek kunci dalam menjaga keselamatan pekerja adalah dengan memastikan bahwa mereka telah menggunakan perlatan perlindungan diri (APD) seperti helm pelindung kepala, rompi keselamatan, masker dan lainnya dengan benar serta lengkap. Metode You Only Look Once (YOLO) merupakan metode mutakhir deteksi objek dengan tingkat akurasi tinggi yang dapat membantu merealisasikan produk yang dibuat peneliti buat. Untuk mengurangi resiko terjadinnya kecelakaan kerja, peneliti menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk membuat model deteksi kelengkapan APD keselamatan pekerja konstruksi berdasarkan citra pekerja konstruksi yang menggunakan APD dengan tingkat performa yang cukup baik, dimana ketika model mendeteksi APD lengkap maka akan muncul keterangan bahwa benar APD lengkap sedangkan jika tidak lengkap maka akan muncul keterangan bahwa APD tidak lengkap, sehingga pekerja dapat melengkapi terlebih dahulu APD yang digunakan.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci— You Only Look Once, Kecerdasan Buatan, Model Deteksi APD, Deteksi Objek</p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/56555 PENGEMBANGAN APLIKASI PENILAIAN OTOMATIS UJIAN ONLINE ESSAY DENGAN MENGGUNAKAN METODE COSINE SIMILARITY DAN MODEL XLM-ROBERTA (XLM-R) BERBASIS WEBSITE 2023-07-31T06:03:56+00:00 Mochamad Faridz Dwi Putra mochamad.19043@mhs.unesa.ac.id Ari Kurniawan arikurniawan@unesa.ac.id <p>Ujian seringkali digunakan sebagai bahan evaluasi hasil akir untuk mengukur tingkat kemampuan serta pemahaman terhadap peserta didik. Namun dalam pelaksanaannya, ujian masih banyak dilakukan secara manual terutama ujian dengan type essay yang membuat peserta ujian harus menyiapkan kertas dan alat tulis sendiri. Sedangkan bagi tenaga pendidik membutuhkan banyak tenaga dan waktu yang lama untuk memeriksa jawaban ujian satu persatu. Dengan menerapkan metode pengemabangan Rapid Application Development (RAD) maka penelitian ini dilakukan dengan membuat sistem ujian online dengan tipe ujian essay beserta penilaian secara otomatis. Penilaian dilakukan dengan cara melihat kemiripan jawaban antara jawaban tenaga pendidik dengan jawaban peserta ujian menggunakan metode cosine similarity dan model XLM-RoBERTa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan persentase perbandingan penilaian manual dan otomatis menunjukkan bahwa jawaban yang memiliki perhitungan matematika memiliki persentase 60%, sedangkan pada penilaian dengan jawaban tanpa perhitungan matematika hanya berupa text/kalimat serta jawaban yang dapat dibolak balik akan tetapi memiliki arti yang sama memiliki nilai &nbsp;nilai persentase 85%.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata kunci— Web ujian online, cosine similarity, XLM-R, ujian essay,penilaian otomatis</p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/56556 KLASIFIKASI KEPUASAN SISWA TERHADAP KINERJA TENTOR PENGAJAR DI CV. IBSI EDUTAMA MENGGUNAKAN ALGORITMA C5.0 2023-07-31T06:09:55+00:00 Amalia Fandaning Tyas amalia.19012@mhs.unesa.ac.id Andi Iwan Nurhidayat andyl34k5@unesa.ac.id <p>CV Ibsi Edutama ini adalah sebuah Lembaga bimbingan belajar yang terletak di Surabaya. Dalam melakukan proses pembelajaran, perusahaan ini menggunakan tentor atau pengajar sebagai Pendidik bagi para siswa. Mengukur kepuasan siswa akan sangat membantu CV. Ibsi Edutama dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang ada untuk meningkatkan jumlah siswa. Tentor yang berpengalaman dan berkompeten dalam kemampuannya dalam bidang tersebut tentu mudah dalam menyampaikan materi kepada para siswa/siswi dengan lancar. Tidak semua kinerja tentor di CV. Ibsi Edutama berkinerja dengan baik, terkadang ada beberapa tentor yang memiliki kualitas belajar mengajar yang buruk. . Oleh karena itu, untuk mendapatkan tentor yang berkualitas, pihak CV. Ibsi Edutama tentu saja melakukan evaluasi terhadap setiap tentor yang mengajar di CV. Ibsi Edutama. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa Algoritma Decission tree C5.0 dapat mengklasifikasikan tingkat kepuasan siswa dengan akurasi yang tinggi, mencapai 90%.</p> <p>Kata kunci— Algoritma C5.0, Decision Tree, Klasifikasi, Kepuasan</p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/56562 IDENTIFIKASI DAN PREDIKSI UMUR, JENIS KELAMIN SERTA DETEKSI EMOSI BERDASARKAN CITRA WAJAH MENGGUNAKAN ALOGARITMA CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK (CNN) 2023-07-31T06:21:16+00:00 Ade Neviyani ade.19018@mhs.unesa.ac.id Asmunin Asmunin asmunin@unesa.ac.id <p>Fitur unik dan khas dari tubuh manusia adalah wajah. Sangat mudah untuk menentukan jenis kelamin, usia, dan ekspresi seseorang melalui wajah. Kemajuan teknologi kecerdasan buatan mencakup penelitian tentang identifikasi citra wajah. Dalam penelitian ini, konsep CNN, DeepFace, dan InceptionResnet V1 digunakan untuk memeriksa dan menerapkan algoritma pengenalan usia, jenis kelamin, dan emosi berdasarkan citra wajah. Hasil dari pengujian pada variasi umur menghasilkan rata-rata 26 tahun, variasi jenis kelamin menghasilkan deteksi perbandingan 6:2 yaitu 6 woman dan 2 man, dan variasi emosi&nbsp; menghasilkan perbandingan 5:3 yaitu 5 emosi netral sedangkan 3 terdapat emosi senang dan marah. Model ini mencapai nilai loss terendah 0,9701 dan nilai akurasi tertinggi 0,5068. Atau jika dipersentasekan menghasilkan nilai loss terendah 97,01% dan nilai akurasi tertinggi 50,68%.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci— Pengolahan Citra, Wajah, Umur, Gender, Emosi, Convolutional Neural Network</p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/56563 APLIKASI PENGELOLAAN DATA PERSEDIAAN DAN DISTRIBUSI BARANG BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING 2023-07-31T06:23:29+00:00 Ni Made Widiasanti ni.19002@mhs.unesa.ac.id Asmunin Asmunin asmunin@unesa.ac.id <p>Toko Sumber Rejeki, sebagai pemiliknya, menghadapi tantangan dalam menyediakan kebutuhan barang untuk kafe. Hal ini, penggunaan metode <em>Material Requirement Planning</em> (MRP) dengan teknik <em>lot sizing Fixed Order Quantity</em> (FOQ) digunakan untuk mengatasi masalah ini. Tujuan MRP adalah menghitung persediaan barang, mengontrol jumlah dan distribusi persediaan, dan meningkatkan efisiensi operasional. Penggunaan teknik ini, Toko Sumber Rejeki dapat mengetahui jumlah persis barang yang perlu dipesan untuk memenuhi kebutuhan tiap kafe tanpa mengalami keterlambatan. Hal ini sangat penting dalam menjaga kepuasan pelanggan kafe. Dengan aplikasi berbasis website, Toko Sumber Rejeki dapat mengelola persediaan barang dengan lebih efisien dan memastikan kepuasan pelanggan kafe terjaga.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci— Sistem Kontrol Persediaan Barang, <em>Material Requirement Planning</em> (MRP)</p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/56899 IMPLEMENTASI WEB PRESENSI KARYAWAN INDUSTRI KERTAS JAYA MENGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK 2023-08-21T07:54:08+00:00 Roudhotul Jannah roudhotuljannah.19039@mhs.unesa.ac.id Andi Iwan Nurhidayat andyl34k5@unesa.ac.id <p>Absensi kehadiran karyawan bagi Industri Kertas Jaya sangat penting untuk melihat tingkat kedisiplinan karyawan. Namun sering terjadi masalah dalam proses absensi yang sebelumnya dilakukan dengan tulis tangan biodata disertai tanda tangan karyawan, sehingga kurangnya keakuratan data. Penelitian ini dibuat untuk menangani masalah sistem absensis yang buruk, sehingga dibuatlah sebuah sistem absensi yang efisien dan dapat diakses secara real-time, namun tetap<br>menerapkan protokol kesehatan. Dengan adanya sistem yang efektif dapat mengurangi kecurangan pemalsuan data. Sehingga proses absensi memanfaatkan Metode Convolutional Neural Network (CNN) yang digunakan untuk mendeteksi citra wajah sebagai bukti absensi. Metode CNN adalah teknik yang dibuat&nbsp; khusus dalam pengolahan data dua dimensi seperti pada objek gambar dan video. Web Presensi mengunakan metode CNN untuk mendeteksi citra wajah karyawan dengan tingkat performa yang cukup baik, dimana proses absensi menggunaka teknologi touchless dan membuat proses absensi menjadi lebih&nbsp; efisien. Serta meningkatkan keamanan dan pemeliharaan asset sumber daya manusia.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata kunci : Absensi, Metode Convolutional Neural Network<br>(CNN), Deteksi Citra Wajah, Web Presensi, Teknologi<br>Touchles.</p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/56900 PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RANTAI PASOK PEMASARAN PRODUK BUMDES BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN METODE MOVING AVERAGE (STUDI KASUS : BUMDes DESA SEMPU) 2023-08-21T07:57:07+00:00 Vika Fandila Cahyani vika.19062@mhs.unesa.ac.id Salamun Rohman Nudin salamunrohman@unesa.ac.id <p>BUMDes<em> merupakan sebuah badan hokum yang didirikan oleh desa dengan tujuan mengelola sebuah usaha dengan memanfaatkan aset desa, biasannya didirikan atas kesepakatan Pemerintah desa serta juga masyarakat desa yang di dasari oleh potensi khas Desa. Potensi tersebut dapat dikembangkan dengan menggunakan sumber daya alam local maupun manusia. Namun, peran BUMDes dalam pengembangan produk lokal belum maksimal. Hal tersebut karena pesaingan zaman sekarang yang semakin ketat. Diiringi dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang. Dalam hal tersebut BUMDes masih belum dapat memanfaatkan adanya teknologi dengan maksimal. Sehingga produk-produk yang dipasarkan belum banyak di kenal oleh masyarakat luas sehingga juga menyebabkan sistem pelaporan setiap periodenya kurang maksimal. Penelitian ini mengambil studi kasus pada BUMDes yang dimiliki oleh desa Sempu Kecamatan Ngancar sebagai objeknya. Dimana pada BUMDes Desa Sempu memiliki produk khas dari daerahnya yang diolah lalu di jual yaitu berupa Sari Nanas. Namun karena kurangnya fasilitas teknologi untuk sistem pemasarannya sehingga masyarakat luas kurang mengenal produk local dari Desa Sempu. Melihat hal tersebut dapat diimplementasikan media pemasaran berupa website sehingga memudahkan semua orang dalam mengakses dan mengenali produk hasil BUMDes Desa Sempu. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan sistem informasi berbasis website yang digunakan memanajemen pemasaran produk bumdes dengan menggunakan metode Moving Average untuk mengetahui target penjualan pada periode selanjutnya. Dimana metode ini dibutuhkan sebagai penggapai arus pasokan produksi dalam strategi bisnis. Website BUMDes ini juga sangat bermanfaat dalam membantu pencatatan laporan penjualan perbulannya sehingga meminimalisir adanya kesalahan hasil transaksi. Dalam pembuatan sistem menggunakan meteodologi RAD dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara langsung. Perancangan sistem menggunakan UML dengan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL serta Framework Laravel sebagai kerangka kerja pembuatan sistem.</em></p> <p><em>Kata Kunci</em> : Manajemen BUMDes, <em>Metode Moving Average</em>, <em>Framework Laravel,</em> Manajemen Rantai Pasok, <em>Website</em></p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/56901 IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS WEB DI KLINIK Dr. Anita 2023-08-21T08:02:04+00:00 Hemylia Awanda Nur Janah hemylia.19055@mhs.unesa.ac.id Salamun Rohman Nudin salamunrohman@unesa.ac.id <p>Klinik Rawat Pratama Rawat Inap “Dokter Anita” merupakan fasilitas kesehatan (faskes) yang didedikasikan kepada masyarakat sekitar dengan keluhan terhadap kondisi kesehatan. Saat ini pihak klinik terdapat kendala dalam mengelola data dan penyebaran informasi yang masih menggunakan cara manual. Oleh karena itu perlu dikembangkan sistem informasi klinik berbasis web dengan tujuan untuk dapat menerapkan sebuah Customer Relationship Management (CRM) yang dapat membantu pelayanan menjadi optimal terutama pada saat mengakses informasi klinik, pengelolaan data, pendaftaran kunjungan, dan penyampaian kritik &amp; saran, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien. Dalam penelitian pengembangan sistem dilakukan dengan menggunakan Metodologi Prototyping, bahasa pemrograman PHP dengan kerangka kerja laravel dan basis data MySQL. Serta pengujian menggunakan blackbox dan UAT dengan hasil menunjukkan presentase 100% valid. Data pengujian tersebut menunjukkan bahwa sistem telah siap untuk digunakan dalam mengoptimalkan pelayanan di klinik Dr. Anita.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci— Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan, CRM (<em>Customer Relationship Management</em>), Metodologi Prototyping, Klinik, framework laravel</p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/56975 ANALISA USABILITY DAN PERFORMANCE PADA SISTEM INFORMASI LABORATORIUM TATA HIDANG “SILABTATAHIDANG” UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERSONAL EXTREME PROGRAMMING DAN PENGUJIAN BLACK-BOX TESTING ANALISA 2023-08-30T03:37:15+00:00 Muhammad Alif Hidayatullah muhammad.19065@mhs.unesa.ac.id Dodik Arwin Dermawan dodikdermawan@unesa.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem informasi pengelolaan laboratorium kuliner yang efektif dan efisien untuk mendukung kegiatan akademik jurusan D4 Tata Boga dan S1 Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Surabaya. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan aksesibilitas data dan pelayanan bagi mahasiswa dalam peminjaman alat dan bahan di laboratorium kuliner, serta meningkatkan produktivitas dalam pengembangan dan pemeliharaan sistem. Metode yang digunakan adalah Agile dengan pendekatan Personal Extreme Programming (PXP), dan pengujian menggunakan Black-Box testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi yang dikembangkan berhasil meningkatkan aktivitas peminjaman di laboratorium kuliner, terbukti dengan hasil uji usability dan performance yang signifikan dibandingkan sistem sebelumnya. Temuan ini menegaskan bahwa implementasi sistem informasi pengelolaan laboratorium kuliner baru memberikan manfaat nyata dalam efisiensi dan efektivitas pengelolaan laboratorium, serta meningkatkan pengalaman pengguna bagi mahasiswa.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci : Sistem Informasi, Laboratorium Kuliner, Aksesibilitas Data, Personal Extreme Programming (PXP), Black-Box testing</p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/57357 IMPLEMENTASI METODE PROTOTYPE PADA SISTEM INFORMASI KEUANGAN BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : USAHA AYANA) 2023-10-25T08:17:32+00:00 Afida Kholifatus Zahro afida.19040@mhs.unesa.ac.id Dodik Arwin Dermawan dodikdermawan@unesa.ac.id <p><em>Kemajuan di bidang teknologi membawa dampak bagi para pemilik usaha untuk melakukan gebrakan baru dengan beralih menuju digitalisasi. Tanpa adanya penggunaan teknologi, pemanfaatan sistem secara manual beresiko terjadinya human error atau kesalahan fatal lainnya yang mengakibatkan tidak berjalannya sistem dengan baik dan seimbang. Usaha Ayana merupakan sebuah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang makanan (cake), jasa make-up, dan pesanan bouqet. Berdasarkan hasil identifikasi masalah, ditemukan bahwa terdapat masalah yang berpengaruh terhadap pengembangan bisnis dari usaha tersebut dan belum dapat teratasi yaitu pencatatan keuangan yang masih dilakukan secara manual. Hal inilah yang menyebabkan pengelolaan finansial dari usaha tersebut belum terkelola dengan baik dan sering terjadi missing data karena owner tidak dapat mengelola pencatatan keuangan dengan baik. Pencatatan keuangan yang masih manual memiliki resiko besar terhadap hilang atau rusaknya data keuangan sehingga owner menjadi kesulitan dalam melakukan pemantauan track record atau perkembangan usahanya. Selain itu, faktor human error seperti lupa dalam melakukan pencatatan keuangan juga menambah resiko tersebut. </em><em>Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya sistem informasi yang mampu mengelola pencatatan data keuangan secara digital, dengan harapan dapat memudahkan owner dalam mengatasi permasalahan keuangannya. Maka dari itu, penulis merancang sebuah sistem informasi keuangan berbasis website sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Sistem informasi ini dikembangkan dengan menggunakan metode Prototype dan tools Visual Studio Code sebagai implementasi coding dengan menerapkan model Unified Modelling Language (UML). Perancangan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Framework Laravel didalamnya. Hasil dari pengujian sistem Informasi Keuangan Berbasis Website dinyatakan bahwa sistem yang telah dibangun dengan menggunakan Metode Black Box Testing diperoleh hasil bahwa seluruh fitur yang dibangun pada sistem 100% berhasil dan dapat dijalankan sesuai dengan yang diharapkan. Sistem ini telah dilengkapi dengan sepuluh menu utama didalamnya. Selain itu, berdasarkan hasil dari wawancara dan validasi pengujian sistem dapat dinyatakan bahwa sistem informasi keuangan ini dapat membantu dan mempermudah owner dalam mengelola keuangan Usaha Ayana.</em></p> <p><em>Kata Kunci - Metode Prototype, Sistem Informasi Pencatatan Keuangan, Framework Laravel.</em></p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/57482 Pengembangan Sistem Informasi Pergudangan Berbasis Website Pada Pelayanan Pengiriman Barang Menggunakan Metode Class-Based Storage (Studi Kasus PT Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Surabaya) 2023-11-13T06:24:06+00:00 Kevin Erfianto kevin.19044@mhs.unesa.ac.id Salamun Rohman Nudin salamunrohman@unesa.ac.id <p><em>Industri transportasi laut Indonesia adalah industri yang berkembang, semakin cerdas, dan memiliki persainganyang kompetitif. PT Pelayaran Nasional Indonesia terusberupaya dalam mencari, menarik dan mempertahankanpelanggan untuk memuaskan jasa yang diberikan terutamamelalui performa pelayanan pengiriman barang logistik. Selainitu melakukan penambahan fasilitas untuk meningkatkanmutuperusahaan. Tetapi pada setiap perusahaan memiliki kekurangan tersendiri dalam pelayanannya salah satunyaterdapat pada Gudang redpack PT Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Surabaya</em><em>. </em><em>Umumnya pada pengiriman barang logistik biasanya banyakbarang yang dibiarkan berantakan dan dibiarkan begitusaja. Kondisi pola penyimpanan dan penyusunan barang yangdilakukan secara acak dan kurang teratur akan mengakibatkanterjadinya penumpukkan barang. Maka dari itu dilaksanakanimplementasi penempatan dan penyusunan barangmenggunakan metode Class-Based Storage. </em><em>Dalam penelitian ini mencoba mengimplementasikan aplikasi berbasis websitekhususnya pada gudang Redpack PT Pelayaran Nasional Indonesia cabang Surabaya untuk memaksimalkan fungsi gudang dan mengurangi waktu pencarian. Pada penelitian ini menggunakan metode Class- Based Storage untuk menentukan lokasi berdasarkan kelas yang mana menggunakan klasifikasi ABC kelas A dengan kualifikasi jarak tujuan terdekat dan dekat akses keluar barang, untuk kelas B dengan kualifikasi jarak tengah dan tidak begitu dengan akses keluar barang dan kelas C dengan kualifikasi jarak terjauh dan serta jauh dari pintu keluar barang. Hasil dari penelitian ini yaitu membantu dalam memisahkan setiapkategori tujuan dan mampu meningkatkan kapasitas Gudang yang lebih efektif dan efisien terhadap pelayanan yang diberikan oleh perusahaan.</em></p> <p>Kata kunci— Redpack, Logistik, CBS, Gudang , Klasifikasi ABC</p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/57483 Rancang Bangun Sistem Informasi Persuratan berbasis Web di Fakultas Vokasi Universitas Negeri Surabaya 2023-11-13T06:26:42+00:00 Dyahayu Retno Wulan dyahayu.19041@mhs.unesa.ac.id Salamun Rohman Nudin salamunrohman@unesa.ac.id <p><em>Pengelolaan surat dan arsip merupakan salah satu aktivitas yang sering ditangani oleh sebuah organisasi, institusi, dan perusahaan. Salah satu pelayanan yang dilakukan oleh staf Tata Usaha Fakultas Vokasi Universitas Negeri Surabaya adalah permohoan persuratan. Ada enam macam surat yang bisa diajukan oleh seluruh sivitas akademika dalam lingkup Fakultas Vokasi Universitas Negeri Surabaya, yaitu Surat Keterangan Mahasiswa Aktif, Surat Keterangan Tunjangan Anak pada Gaji Orang Tua, Surat izin Magang KKN Tematik, Surat Izin Magang/PKL, Surat Izin Observasi Mata Kuliah, dan Surat Izin Observasi Tugas Akhir. Saat ini, prosedur pengajuan surat tersebut masih dilakukan secara konvensional melalui template yang diunduh secara manual pada situs fakultas. Pengembangan Aplikasi pengajuan surat dimaksudkan agar sistem tata kelola permohonan menjadi lebih efisien. Pengembangan aplikasi pengajuan surat menggunakan Laravel sebagai Framework. Penggunaan teknologi meliputi bahasa pemrograman PHP dan My SQL untuk menyimpan basis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan Aplikasi di Fakultas Vokasi Universitas Negeri Surabaya. Tahap pengembangan dilakukan dengan menerapkan siklus pengembangan sistem yang menyadur model prototyping. </em></p> <p>&nbsp;Kata kunci— Aplikasi Pengajuan Surat, <em>Laravel</em>, PHP, <em>Prototyping</em>, <em>Website</em></p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/57805 APLIKASI KONVERTER MUTASI M-BANKING MENGGUNAKAN METODE TEMPLATE MATCHING BERBASIS WEBSITE 2023-12-18T02:42:30+00:00 Nafi’ Hasballah Noor nafi.19061@mhs.unesa.ac.id Andi Iwan Nurhidayat andyl34k5@unesa.ac.id <p>Uang adalah sebuah objek yang secara luas diterima oleh masyarakat untuk menilai, memperdagangkan, dan membayar atas pembelian barang dan layanan. Selain itu, uang juga berfungsi sebagai alat untuk menyimpan kekayaan pada saat yang bersamaan. Pengeluaran keuangan yang tidak dicatat dapat menghasilkan sebuah keborosan yang dimana aliran uang tersebut tidak tahu kemana arahnya. Dengan adanya aplikasipencatat keuangan diharapkan masyarakat dapat menghemat pengeluaran keuangan pribadi miliknya. Aplikasi pencatat keuangan yang sudah ada, memiliki kekurangan yaitu semua transaksi dilakukan secara manual. Perkembangan teknologi sangatlah pesat, perkembangan tersebut memiliki tujuan untuk memudahkan manusia dalam melakukan segala hal, salah satunya memasukkan data secara otomatis. Dengan menggunakan Optical Character Recognition (OCR) diharapkan cara tersebut dapat dikurangi. OCR adalah proses konversi citra digital yang didalamnya terdapat karakter menjadi karakter ASCII. Dalam implementasi OCR, terdapat berbagai macam algoritma yang dapat digunakan salah satunya adalah Template Matching, yaitu dengan cara mencocokkan setiap bagian dalam citra digital terhadap template yang telah ditentukan.</p> <p>Kata kunci— Template Matching, OCR, Finansial, Mutasi</p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/58062 Implementasi Continuous Integration Dan Continuous Deployment Pada Pengembangan Aplikasi Website Menggunakan Docker Dan Github Actions 2023-12-29T02:30:14+00:00 Zaidan Zulhakim zaidan.19075@mhs.unesa.ac.id Ari Kurniawan arikurniawan@unesa.ac.id <p>Perkembangan teknologi informasi saat ini semakin tinggi, salah satunya adalah pengembangan perangkat lunak (Software Development). Saat proses penyebaran perangkat lunak (Deployment), pengembang selalu mengikuti proses konvensional. Pengembang akan terus melakukan proses yang sama, seperti menggunakan aplikasi file sharing untuk mengirimkan kode program ke masing-masing server. Proses itu akan memakan waktu lama untuk mendistribusikan kode program ke setiap server dan juga harus beradaptasi dengan aplikasi yang akan berkembang dari waktu ke waktu. Untuk mengatasi masalah tersebut, tugas akhir ini menerapkan teknologi Docker dan GitHub Actions sebagai solusi untuk CI/CD. Docker memungkinkan pembuatan, pengujian, dan pengiriman aplikasi dalam lingkungan kontainer yang terisolasi, memastikan konsistensi di berbagai tahap pengembangan. Sementara itu, GitHub Actions, sebagai platform CI/CD yang otomatis dan terintegrasi dengan repositori Git di GitHub, memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam mengatur alur kerja pengujian dan implementasi aplikasi secara berulang dengan cepat dan efisien. Juga membandingkan implementasi CI/CD antara Github Actions dan Jenkins. Dari hasil kajian yang telah dilakukan, terlihat bahwa penggunaan GitHub Actions dan Docker lebih cepat daripada Jenkins pada proses deployment aplikasi Website. Ini didukung oleh Quality Metrics yang diuji yaitu, waktu rata rata yang dihabiskan Github Actions dalam 5 kali deployment adalah 131.2 detik atau 2 menit 11 detik. Dan untuk rata rata waktu yang dihabiskan Jenkins dalam 5 kali deployment adalah 362.6 detik atau 6 menit 2 detik. Hal ini menunjukan bahwa waktu rata rata untuk 5 kali proses CI/CD cenderung lebih cepat Github Actions daripada Jenkins.</p> <p>Kata kunci— Continuous Integration (CI),&nbsp; Continuous Deployment (CD), Docker, Deployment, Github Actions</p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/58817 SISTEM REKOMENDASI PEMILIHAN SMARTPHONE ANDROID DENGAN DANA TERBATAS MENGGUNAKAN METODE MODIFIED SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING 2024-02-15T03:16:51+00:00 Fajar Bagus Kelana fajar.19073@mhs.unesa.ac.id Asmunin Asmunin asmunin@unesa.ac.id <p>Pemanfaatan teknologi komunikasi, terutama melalui smartphone, sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Fungsinya tidak hanya sebatas sebagai alat komunikasi, melainkan juga memenuhi kebutuhan berkomunikasi dan hiburan dengan fitur-fitur yang bervariasi. Meskipun demikian, keragaman jenis dan merek smartphone dapat menyulitkan pengguna dengan keterbatasan anggaran dalam memilih produk yang sesuai. Dalam penelitian sebelumnya mengenai sistem rekomendasi smartphone, digunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran pengguna. Metode ini diintegrasikan dengan Weighted Product (WP) dalam sebuah sistem pendukung keputusan yang dikenal sebagai Modified Simple Additive Weighting (M-SAW). Tujuan penelitian ini adalah memberikan solusi yang dapat diandalkan dan mengurangi ketidakpastian dalam pemilihan smartphone. Sistem M-SAW dikembangkan sebagai alat bantu untuk pengambilan keputusan yang bersifat fleksibel. Penggunaan kombinasi metode SAW dan WP diharapkan dapat meningkatkan tingkat akurasi dalam memberikan rekomendasi. Oleh karena itu, penelitian ini berperan dalam pengembangan sistem rekomendasi smartphone yang efektif dan efisien. <br> <br>Kata kunci— Smartphone, Simple Addative Weighting, Weighted Product, Dana Terbatas</p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/59026 Pengembangan Sistem Informasi Point of Sales (POS) Berbasis Website Menggunakan Metode Prototype dengan Pengujian UAT 2024-03-18T02:18:08+00:00 Dwi Aprilia dwiaprilia.19054@mhs.unesa.ac.id Dodik Arwin Dermawan dodikdermawan@unesa.ac.id <p><em>Peningkatan penjualan toko Nunu Griya Muslim mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Namun, hal itu tidak berbanding lurus dengan pengelolaan data barang serta pelaporan penjualan yang masih menggunakan sistem pencatatan manual. Tujuan penelitian ini untuk menemukan solusi yang dapat membantu Nunu Griya Muslim dalam hal pengelolaan data dengan mengembangkan sistem informasi Point of Sales berbasis website terintegrasi dengan API RajaOngkir yang mudah dioperasikan oleh pengguna. Dalam proses pengembangan penulis menggunakan model pengembangan prototype dengan menggunakan framework laravel serta alat bantu desain figma. Hasil dari pengembangan sistem informasi POS ini berupa print faktur. Dengan proses pengujian website menggunakan pengujian User Acceptance Test (UAT) dari perspektif pengguna dan pengujian Black-box dari perspektif developer. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa fungsional dari setiap fitur sistem POS mendapat validitas 100%. Serta, pihak Nunu Griya Muslim telah menerima sistem ini dengan tingkat penerimaan sebesar 81% dan masuk pada kategori sangat setuju.</em></p> <p><em>Kata kunci— Point of Sales, Website, Prototype, Laravel, RajaOngkir API</em></p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/59027 Desain UI/UX Aplikasi Majelis Rasulillah SAW Jawa Timur Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking 2024-03-18T02:21:45+00:00 Muhammad Dzikrul Hakam muhammaddzikrul.19001@mhs.unesa.ac.id Asmunin Asmunin asmunin@unesa.ac.id <p>Perkembangan teknologi informasi membawa pengaruh besar terhadap setiap kegiatan dan aktivitas manusia sehari-hari seperti membuat catatan suatu perencanaan pekerjaan, mencari berbagai informasi seperti hiburan, berita, dan melakukan kegiatan keagamaan. Salah satu contoh kegiatan keagamaan yang rutin dilaksanakan diwilayah Surabaya dan sekitarnya adalah kegiatan keagamaan yang di adakan oleh Yayasan Majelis Rasulullah SAW Jawa Timur (MR JATRIM). Beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh MR JATIM adalah Jalsatul Itsnain, Safari Dakwah, Event Akbar di tahun baru, dan Event Akbar di bulan Ramadhan. Akan tetapi beberapa kendala yang ditemukan adalah ada beberapa jamaah yang tidak membawa kitab Addiya’ul Lami’ ketika acara berlangsung sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan secara maksimal, kedua yakni sampai saat ini belum ada platfrom untuk jual beli souvernir MR JATIM secara online sebagai pengembangan jualan Kios Abussalim Collection, serta minim pengetahuan dan informasi jamaah akan jadwal Safari Dakwah yang di adakan MR JATIM di berbagai daerah Dari daerah jawa timur hingga di luar daerah jawa timur. Dari permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian dan hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa aplikasi MR JATIM telah berhasil di evaluasi berdasarkan user experience dengan menggunakan metode Design Thinking dan Design UI/UX Aplikasi MR JATIM dapat diterima pada jamaah dan pengurus Yayasan Majelis Rasulullah SAW Jawa timur.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci—&nbsp; UI/UX, &nbsp;Design Thinking, Adobe XD, MR JATIM.&nbsp;&nbsp;&nbsp;</p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##