Jurnal Manajemen Informatika https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika <span style="font-family: calibri; font-size: 16px; color: navy;"> Jurnal Manajemen Informatika adalah jurnal online yang menyajikan artkel dan hasil penelitian yang meliputi kajian tentang <strong>Ilmu Komputer, Informatika, Sistem Informasi dan Telematika</strong>. Jurnal ini ditujukan tidak hanya untuk kalangan internal saja tetapi terbuka bagi semua peneliti, akademisi dan profesional.</span> en-US Wed, 30 Jun 2021 07:12:56 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MEMBER FITNES BERBASIS WEB https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/40886 <p>Perkembangan dunia olahraga saat ini sangatlah cepat sehingga dibutuhkannya banyak strategi yang jitu agar dapat bersaing dengan para competitor lainnya. Perkembangan tersebut sejalan dengan perkembangan teknologi yang mendukungnya, salah satunya perkembangan teknologi pada pelayanan informasi manajemen member fitnes di Cahaya Fitnes Center. Cahaya Fitnes Center merupakan pelayanan dibidang jasa tempat penyewaan alat-alat fitness. Saat ini penyimpanan informasi data member di Cahaya Fitnes Center masih menggunakan buku sehingga penyimpanan data member kurang efektif dan rentan hilang. Pada proses perpanjang kartu member sering terjadinya keterlambatan karena proses pemberitahuan masih dilakukan dari mulut ke mulut. Serta kurangnya media informasi mengenai jadwal fitness, penjualan suplemen kesehatan, dan promo terbaru yang akan disediakan. Pemilik Cahaya fitnes Center pun dalam melihat laporan data member dan laporan transaksi masih dilakukan secara manual. Sistem yang saat ini berjalan dirasa memakan waktu yang cukup lama. Apabila ditangani itupun akan melalui proses yang cukup panjang. Belum juga proses tersebut dapat mengatasi keresahan para member dan admin. Pada perancangan sistem informasi manajemen member fitnes berbasis web saat ini sedang melakukan analisa sistem di Cahaya Fitnes dengan menghasilkan perancangan tampilan atau interface yang akan mudah dipahami oleh member. Sehingga penulis dapat menarik kesimpulan yaitu : Sistem informasi manajemen member fitnes akan dilakukan lebih tepat, efesien waktu dan pelayanan yang dihasilkan lebih fleksibel. Aplikasi ini juga menggunakan Framework laravel. Metode penelitian ini menggunakan Air Terjun (Waterfall) dan pengembangan perangkat lunak menggunakan Flowchart, DFD, CDM dan PDM.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci : Fitnes, Sistem Informasi manajemen Fitnes</p> Farida Wijayanti, I Kadek Dwi Nuryana ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/40886 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN APLIKASI SAHABATANI (PENJUALAN KOMODITAS TANI) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/41350 <p>Komoditas Tani adalah hasil dari usaha tani yang dapat diperdagangkan, disimpan dan/atau dipertukarkan. Seperti contohnya sayur, buah, dan perkebunan. Indonesia merupakan negara agraris, dimana sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian disektor pertanian. Indonesia merupakan salah satu negara agraris yang ada di dunia, dimana sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian disektor pertanian. Dengan memadainya lahan dan tanah yang subur tentu menjadi alasan sebagian rakyat Indonesia menjadikan petani sebagai mata pencaharian sehari-hari. Menurut (Iin, 2019) Pertanian merupakan sebuah pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan masyarakat untuk menghasilkan bahan baku industri,&nbsp; bahan pangan, atau mengelola lingkungan, serta untuk sumber energi. Hasil pertanian berbagai macam seperti jagung, padi, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. &nbsp;Namun pada realitas yang harus diakui bahwa sektor pertanian di negara Indonesia hampir sebagian besar dibangun oleh petani dengan skala usaha yang relatif kecil, Sehingga perlu perhatian lebih dari pemerintah atau masyarakat terhadap sektor ini. <em>Web</em> penjualan dan pembelian dibuat untuk mempermudah orang mencari komoditas tani dengan harga bersaing dan sesuai keinginan. Maka berdasarkan pada masalah yang di uraikan diatas dan dibuatlah suatu judul oleh penulis untuk penulisan tugas akhir ini adalah “RANCANG BANGUN APLIKASI SAHABATANI (PENJUALAN KOMODITAS TANI) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL” dengan adanya aplikasi penjualan&nbsp; berbasis web ini, diharapkan akan memberikan manfaat yang berguna bagi para petani memecahkan masalah memutus mata rantai pedistribusian melalui tengkulak. Sehingga kedepannya dengan adanya web ini menjadi solusi atas permasalahan kenaikan harga komoditas tani yang tidak dapat terkendali. Metodologi pengembangan sistem yang peniliti bangun menggunakan metode pengembangan sistem <em>Waterfall. </em>Adapun langkah-langkah yang dilakukan pada penilitian ini berdasarkan metodologi <em>Waterfall</em> yaitu diantaranya: (1) <em>Requirements and analysis</em> <em>definition</em>, (2) <em>System and software design</em>, (3) <em>Implementation</em>, (4) <em>System testing</em>.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Rancang Bangun, Penjualan, Komoditas Tani</em></p> Dani Maulana Ferdiansyah, Dedy Rahman Prehanto ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/41350 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KOPERASI SIMPAN PINJAM KARMILA PPN PRIGI https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/41352 <p>Dalam mengelola sebuah data dan informasi yang baik akan menghasilkan kemudahan dalam mengakses data informasi bagi sebuah organisasi. Koperasi Karmila adalah Koperasi Pegawai Republik Indonesia yang didirikan di instansi Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi. Kegiatan koperasi Karmila banyak difokuskan untuk kesejahteraan pegawai Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi sebagai anggotanya. Salah satu masalah pada koperasi Karmila Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi adalah transaksi simpan pinjam yang digunakan pegawai instansi masih manual dan dikelola oleh bendahara koperasi. Layanan pada koperasi Karmila meliputi simpan pinjam yang akan dikelola oleh bendahara koperasi. Data dan transaksi yang dikelola pada koperasi Karmila masih terbatas dan masih menggunakan <em>excel</em> dengan pembayaran pinjaman masih secara manual sehingga tidak jarang terjadi kesalahan dalam pengelolaan datanya. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja bendahara koperasi dan juga kualitas dari informasi yang akan disampaikan. Sistem informasi koperasi simpan pinjam ini dibuat untuk mempermudah anggota koperasi dalam melakukan pengajuan transaksi simpan pinjam dan juga membantu bendahara koperasi dalam pengolahan data transaksi simpan pinjam. Sehingga dengan adanya penelitian ini maka permasalahan tersebut dapat terselesaikan dengan membuat rancang bangun sebuah <em>website</em> yang dapat mempermudah pengelolaan kebutuhan simpan pinjam di Koperasi Karmila Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi. Metodologi pengembangan sistem yang peneliti bangun mengunakan metode pengembangan sistem <em>Waterfall</em>. Adapun Langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian ini berdasarkan metodologi <em>Waterfall </em>yaitu diantaranya: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengodean, (4) Pengujian. Aplikasi sistem informsasi ini dibuat dengan berbasis <em>framework</em> Laravel. Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi <em>website </em>yang berkaitan dengan Koperasi Simpan Pinjam Karmila Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi sehingga dengan sistem ini pekerjaan bendahara koperasi akan lebih mudah.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Rancang Bangun, <em>Framework Laravel</em>, Koperasi</p> Adinda Nindintiya, I Kadek Dwi Nuryana ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/41352 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ACCECORIES & SOUVENIR BERBASIS WEB (STUDI KASUS : CV. ANARIA SOUVENIR) https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/41356 <p>Studi kasus dilakukan terhadap kantor CV. Anaria Souvenir. Anaria Souvenir merupakan sebuah kantor sekaligus sebagai <em>outlet</em> galeri yang menawarkan berbagai aksesoris maupun souvenir segala <em>event </em>khususnya pernikahan. Anaria Souvenir telah dibangun sejak tahun 2014 silam berlokasi di Jalan PHI, Ruko, Jalan Kranggan No.73 E, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya, Jaw Timur, 60251. Untuk saat ini, sistem pengolahan dan penjualan produk yang beroperasi di Anaria Souvenir masih dilakukan secara manual, sehingga <em>omzet</em> yang didapat maupun teknik pemasarannya terbilang rendah. Sistem Informasi Penjualan Aksesoris dan Souvenir pada CV. Anaria Souvenir penulis kembangkan menjadi otomatis dengan menyediakan beragam fitur yang memiliki fungsi layaknya seperti <em>e-commerce</em>. Fitur-fitur tersebut terdiri atas pendaftaran <em>customer</em>, pilih produk, pesan produk, <em>checkout</em> produk, dan pembayaran produk. Sistem <em>website </em>penulis rancang dengan menggunakan metode air terjun <em>(Waterfall Methode)</em>, yang dilakukan secara berurut dimulai dengan analisa kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, dan diakhiri dengan pengujian program dengan <em>blackbox testing. </em>Untuk peralatannya menggunakan <em>tools XAMPP</em>, <em>Visual Studio Code</em>, <em>Database MySQL</em>, Bahasa Pemrograman <em>PHP</em>, Pemrograman <em>Framework Laravel</em>, dan menggunakan <em>API Midtrans</em> yang berfungsi sebagai <em>Payment Gateway</em>. Sedangkan untuk pihak Perusahaan memiliki tugas yakni mengelola data-data penjualan, produk, dan <em>customer</em>.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : Souvenir, Web E-Commerce, Laravel</p> Risa Amalia, I Kadek Dwi Nuryana ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/41356 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI RAPORT ONLINE (STUDI KASUS TK TUNAS MUDA) https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/41589 <p>TK Tunas Muda adalah jenjang pendidikan anak usia dini (dibawah 6 tahun) dalam bentuk pendidikan formal di Penompo kecamatan Jetis kabupaten Mojokerto. Disebutkan dari data kemendikbud memiliki peserta didik 37 ataralain 16 laki-laki dan 21 perempuan dan TK Tunas Muda telah menerapkan Kurikulum 2013. Menurut penjelasan kepala sekolah TK Tunas Muda dalam kondisi situasi pandemic 2020-2021 para murid tidak bisa belajar dengan bertatap muka dengan guru secara langsung tetapi untuk saat 2020-2021 dalam hal pengambilan raport wali murid harus datang ke sekolah untuk mengambil raport, dikarenakan kurang efektif dalam hal waktu, kepala sekolah TK Tunas Muda berharap dengan adanya website dan juga system raport online, tentu akan mempermudah kedua belah pihak karena guru bisa mengisi nilai raport dimana saja tidak harus di sekolah dan membuat wali murid dapat mengakses nilai raport tanpa adanya batasan waktu. Metode yang akan digunakan adalah metode prototype dan tentunya mengacu pada kurikulum 2013. Pembuatan website sekolah TK Tunas Muda menggunakan prototype dari <em>wix.com </em>yang bisa secara langsung di hosting dengan tujuan untuk dapat diakses oleh masyarakat dan tentunya digunakan untuk keperluan TK Tunas Muda, penggunakan metode prototype ini bertujuan juga untuk memudahkan pihak sekolah untuk mengelola website yang nantinya akan dioperasikan oleh pihak sekolah secara&nbsp; langsung, website yang dibuat sudah memiliki fitur lengkap sesuai dengan apa yang dibutuhkan contohnya adalah role atau perijinan dari website yang memiliki fungsi hanya guru dan admin yang dapat mengupload file, sehingga para murid hanya bisa menerima file dari guru, dengan adanya raport online melalui website pihak sekolah sangatlah terbantu.</p> <p>Kata Kunci : TK, WEB, prototype, raport</p> Yoga Seda Wibowo, Asmunin Asmunin ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/41589 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN WEBSITE PERSONA(PERSONALITY ANALYST) MENGGUNAKAN MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR BERBASIS FRAMEWORK LARAVEL https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/41873 <p>Tes kepribadian adalah suatu kegiatan pengukuran atau penilaian kepribadian individu melalui berbagai macam cara untuk melihat aspek-aspek psikologi tertentu. Salah satu tes kepribadian yang akurat dan juga paling sering digunakan adalah MBTI(<em>Myers Briggs Type Indicator</em>). Hasil tes MBTI dapat digunakan untuk mengetahui jenis kepribadian, mengetahui kekuatan dan kelemahan diri, mengetahui pekerjaan yang cocok sesuai kepribadian ataupun menempatkan karyawan pada bidang atau posisi yang optimal sesuai kepribadiannya. Dari penjelasan tersebut MBTI bisa digunakan untuk merekomendasikan pekerjaan yang sesuai atau posisi yang optimal dari hasil tes, namun masih belum terdapat sebuah <em>website</em> yang bisa melakukan tes untuk masyarakat umum dan juga terintegrasi bagi perusahaan sehingga ini menjadi alasan untuk dibuatnya <em>website</em> PERSONA(<em>Personality Analyst</em>) sehingga hasil tes yang didapatkan dapat dioloah dengan lebih cepat dan praktis. Tahapan pengembangan website ini menggunakan metode <em>waterfall</em> dengan alasan model ini runtut yang terdapat tahapan mulai dari analisis, desain, implementasi dan pengujian. <em>Website</em> ini menggunakan <em>framework</em> Laravel dikarenakan mudah dikembangkan sesuai update teknologi secara berkala. Hasil dari website PERSONA yang dibangun adalah memberikan tes kepribadian MBTI kepada pengunjung dan bagi perusahaan akan ada fitur tambahan untuk melihat daftar hasil tes kepribadian yang menggunakan tokennya sehingga dapat diolah dan dipergunakan untuk kepentingan perusahaan.</p> <p><strong>Kata kunci</strong> : Kepribadian, Myers Briggs Type Indicator, <em>Framework Laravel</em></p> Ega Wahyu Cahyono, Andi Iwan Nurhidayat ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/41873 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI SEMBAKOQU BERBASIS WEB DENGAN IMPLEMENTASI METODE SEKUENSIAL LINIER https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/41877 <p>Jaya Mandiri adalah sebuah toko kelontong yang berlokasi di area Jatiwates Kabupaten Jombang, Toko Jaya Mandiri menjual berbagai sembako hingga kebutuhan pribadi yang sistem penjualannya masih bersifat konvensional atau manual. Sistem website yang digunakan penulis yaitu menggunakan kaidah sekuensial linear, kaidah ini mengusulkan sebuah pendekatan kepada pengembang sistem tersebut secara sistematik dan sekuensial, termasuk dari analisis sistem, desain sistem, kode program aplikasi, pengujian aplikasi serta pemeliharaan. Pada aplikasi Sembakoqu konsumen diharuskan Mendaftar sebagai member agar dapat melakukan transaksi pembelian, setelah login konsumen dapat melihat katalog pembelanjaan, melakukan checkout barang, konsumen mengisi data pembelian, konsumen memilih metode pembayaran. Apabila memilih metode pembayaran dengan sistem COD atau transfer maka konsumen mengirim bukti transfer kepada admin dan oleh admin di cek. Admin mengirimkan nomer resi apabila menggunakan sistem pembelian Pos, JNE, JNT agar memudahkan dalam tracking barang.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Sistem Informasi, Sekuensial linier, CodeIgniter, E-commerce</p> Amelia Febriyanti Waluyo, I Kadek Dwi Nuryana ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/41877 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN APLIKASI PERCETAKAN ONLINE (STUDI KASUS: JADI JAYA PRINTING) https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/41879 <p>Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin meningkat memicu perusahaan dari berbagai bidang mengembangkan bisnisnya di dunia internet, terutama perusahaan di bidang percetakan. Jadi Jaya Printing merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang percetakan tepatnya di Kota Surabaya yang melayani berbagai macam jasa cetak. Dalam pelayanannya Jadi Jaya Printing masih menggunakan sistem manual yang mengakibatkan sistem menjadi kurang efisien karena pelanggan diharuskan datang ke lokasi percetakan untuk melakukan pemesanan, sehingga pelanggan yang berada jauh dari lokasi percetakan kesulitan untuk mengakses informasi dan melakukan pemesanan. Penelitian ini bertujuan menemukan solusi dengan dibangunnya Aplikasi Percetakan Online berbasis <em>website</em> yang mempermudah pelanggan untuk melakukan pemesanan, pelanggan hanya perlu pesan jasa cetak melalui website dimana dan kapan saja tanpa harus mendatangi lokasi percetakan. Usaha percetakan juga bisa memanfaatkan <em>website</em> percetakan online sebagai media pemasaran agar bisa bersaing dengan perusahaan serupa di ranah yang lebih luas. Aplikasi Percetakan Online berbasis <em>website </em>dibangun dengan menerapkan metode <em>W</em><em>aterfall</em>. Dalam penerapannya, metode waterfall terbagi menjadi beberapa tahapan mulai dari tahap analisa kebutuhan, desain sistem, desain fisik dan pengujian. Hasil yang dicapai adalah suatu website aplikasi percetakan online dimana pelanggan bisa melakukan pemesanan melalui website tanpa datang ke lokasi percetakan, pelanggan hanya perlu checkout dengan memilih dua metode pembayaran yaitu pembayaran manual dan otomatis menggunakan midtrans kemudian pelanggan juga bisa menambah alamat beserta kurir pengirimannya yang secara otomatis ongkos kirim akan tampil pada halaman pembayaran. Setelah pesanan telah dikonfirmasi dan cetakan sudah selesai dicetak, pelanggan akan mendapatkan resi yang bisa dilacak secara realtime melalui website.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <em>Percetakan Online, Website, Waterfall, Aplikasi</em></p> Ferdhiawan Perdana Putra, I Kadek Dwi Nuryana ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/41879 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI STAYCATION BERBASIS WEB DENGAN IMPLEMENTASI TEKNOLOGI MERN STACK https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/41882 <p>Berlibur dengan keluarga pasti menjadi menyenangkan dan memiliki kesan yang indah serta bisa menjadi kenangan, akan tetapi tidak jarang kita kebingungan dalam mencari tempat menginap yang mudah untuk mengakses destinasi wisata yang kita inginkan. maka dari itu Staycation dibuat, dengan motto “<em>you can stay plus vacation</em>” aplikasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam menemukan rumah, hotel, <em>homestay, apartement </em>dan sejenisnya yang bisa digunakan sebagai tempat berlibur, tempat yang disediakan biasanya memiliki lokasi yang dekat dengan wisata sehingga mereka bukan hanya singgah tapi juga bisa berlibur bersama keluarga. Menurut hasil survey yang diadakan oleh penulis, dari 20 responden 13 memilih melakukan <em>booking </em>hotel dengan cara <em>online</em>, dari hasil tersebut menyatakan bahwa di era digital sekarang orang – orang lebih memilih memanfaatkan aplikasi untuk memudahkan kegiatan mereka, Dapat disimpulkan bahwa dengan pesat nya perkembangan zaman dan meningkatkan nya pengguna internet, aplikasi web dan mobile menjadi semakin dibutuhkan oleh para pelaku usaha tidak lepas dari bidang apa saja. Dan diharapkan aplikasi Staycation ini dapat membantu memudahkan pengguna nya dalam menentukan tempat menginap saat berlibur.</p> <p>Pembuatan Website ini menggunakan teknologi MERN <em>stack </em>(MongoDB, Express, React, dan Node JS) termasuk dalam pengembangan <em>Full-Stack</em> ini bertujuan agar website yang dibuat akan cepat dalam mengolah data serta pertukaran data yang terjadi dalam penggunaan nya. Dalam merancang sebuah rancangan, menggunaakan sebuah metoded yakni metode Extreme Programming. Metode tersebut memiliki beberapa tahapan yaitu Planning, Design, Coding dan Testing. Metode ini dipilih karena aplikasi website ini bisa cepat berubah – ubah menyesuaikan dengan kebutuhan user dan dalam metode ini bisa dikerjakan dengan tim serta pendanaan yang minim. website yang dibuat sudah memiliki fitur yang lengkap sesuai dengan apa yang dibutuhkan contohnya adalah sistem payment gateway dapat diintegrasikan sebagai sarana dalam melakukan transaksi pembayaran berupa online sehingga dapat meningkatkan rasa aman dan percaya serta telah di uji fungsionalitasnya dengan metode <em>black box</em>.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>pengembangan aplikasi web,<em>single-page application</em>, MERN Stack, basis data NoSQL javascript, extreme programming, <em>full Javascript development</em></p> Mochamad Afif Solahudin, I Kadek Dwi Nuryana ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/41882 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN APLIKASI LAUNDRY SEPATU DENGAN MENGGUNAKAN MITRANS PAYMENT GATEWAY https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42143 <p>Di dalam era globalisasi seperti sekarang, berkembangnya bidang <em>fashion </em>mengalami peningkatan yang amat pesat. <em>Fashion </em>pada bahasa Indonesia kerap dikenal dengan sebutab mode yang merupakan gaya memakai pakaian pada sebuah budaya. Berdasarkan KBBI, mode ialah wujud nomina yang memiliki makna beragam metode ataupun wujud paling baru di dalam sebuah periode tertentu. Mode yang dipakai oleh seorang individu sanggup memberikan gambaran mengenai siapakah yang menggunakan mode itu sendiri. Perihal tersebut memperlihatkan bahwasanya pada dunia modern, gaya hidup menunjang untuk penentuan dari sikap serta nilai-nilai dan juga turut memperlihatkan status sosial. Di samping perihal pakaian, sepatu juga menjadi satu di antara beberapa benda yang penting untuk mendukung gaya memakai busana. Pada tiga tahun kebelakang, mode pada negara Indonesia dikuasai oleh maraknya produk sepatu <em>kets </em>ataupun yang lebih dikenal dengan istilah <em>sneakers</em>. <em>Sneakers </em>ialah jenis sepatu yang menggunakan sol fleksibel dibuat dari karet ataupun bahan sintetis serta bagian atas dibuat dari kulit, kanvas, <em>suede </em>serta <em>nylon</em>. Setelah <em>sneakers </em>masih banyak pula tipe sepatu yang lain, misalnya sepatu kulit.</p> <p>Pelanggan yang melakukan pembelian akan sepatu hanyalah berfokus dalam hal pemakaiannya saja. Sementara itu, disamping dibeli kemudian digunakan, sepatu juga memerlukan suatu perawatan. Guna membersihkan bermacam jenis sepatu hendaknya memakai cairan khusus yang mempunyai kadar keasaman yang rendah agar tak mudah rusak ataupun menyebabkan hancurnya bahan dari sepatu tersebut. Kemudian proses pembersihan juga hendaknya memakai sikat tertentu yang padat, kaku juga lembut. Di tiap sepatu hendaknya memiliki perlakuan yang berbeda untuk proses pembersihannya. Hal tersebut disebabkan karena bahan sepatu yang memiliki perbedaan yang menyebabkan perlunya sebuah metode tertentu guna melakukan proses pembersihan serta perawatan dari sepatu. Kepadatan dari jadwal persekolahan serta jam kerja menjadikan banyak orang tak memiliki waktu guna melakukan perawatan pada sepatunya. Sepatu yang kerap dimanfaatkan serta terdapat pada tempat lembab mengakibatkan banyaknya bakteri menumpuk yang kemudian menjadikan sepatu akhirnya bau. Terlebih lagi terdapat pemakaian kaos kaki yang tidak sering diganti ataupun tak mengenakan kaos kaki. Pada musim hujan juga menjadi masalah untuk pengendara sepeda motor yang menggunakan sepatu, belum jika terjebak banjir. Tak mempunya waktu yang cukup serta minimnya cahaya matahari guna proses pengeringan sepatu yang basah mengakibatkan sepatu menjadi lembab, memiliki bau tak sedap serta mudah mengalami kerusakan.</p> <p>Banyak usaha pada bidang jasa yang satu di antaranya ialah usaha laundry nyatanya amat memberikan bantuan kepada orang-orang yang memerlukan jasa tersebut. Berbeda dengan laundry pakaian, saat ini juga sudha banyak terdapat laundry sepatu. Laundry sepatu memberikan penawaran akan jasa untuk melakukan pencucian sepatu, memberi warna ulang sepatu yang telah pudar serta memperbaiki sepatu yang rusak. Seiring perkembangan jasa layanan laundry sepatu saat ini tentulah amat memberikan kemudahan pada konsumen guna membersihkan sepatunya. Surabaya yang merupakan kota yang besar, ialah lahan untuk tumbuhnya bisnis layanan jasa laundry sepatu. Di mana saat ini telah tersedia dimanapun laundry sepatu pada kota Surabaya. Konsumen merasakan amat terbantu dengan banyaknya alternatif opsi tempat laundry sepatu. Akan tetapi pada sisi lainnya tentulah dapat menciptakan ancaman antara pemilik usaha sebab harus menghadapi kompetisi untuk memperoleh pelanggan. Pada masa seperti saat ini tentulah konsumen juga lebih selektif untuk menentukan pilihan akan layanan jasa yang akan dipakai. Konsumen akan menentukan pilihan ke pelayanan jasa yang telah terbukti mampu bekerja dengan hasil yang memberikan kepuasan kepada konsumennya.</p> <p>Kata Kunci : <em>Payment Gateway</em>, Pelayanan Jasa Laundry Sepatu <em>&nbsp;</em></p> Uma Irul Rhomdhoni, Aditya Prapanca ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42143 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN APLIKASI E-LEARNING SMAN 1 PANGGUL (STUDI KASUS : SMAN 1 PANGGUL) https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42531 <p>Saat ini kebanyakan sekolah yang ada di Indonesia menerapkan sistem pembelajaran konvesional.Sistem pembelajaran konvesional adalah metode pembelajaran secara tatap muka yang masih efektif dalam kegiatan belajar mengajar. Tetapi metode ini memiliki beberapa kelemahan yaitu waktu yang terbatas, kurangnya diskusi dan evaluasi karena banyak waktu digunakan hanya untuk penyampaian materi. Belum lagi sekarang terjadi musibah pandemi Covid-19 yang mengakibatkan ditutupnya semua sarana yang ada dilapangan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi <em>E-Learning</em> pada SMAN 1 Panggul yang berguna bagi pihak sekolah dan sebagai alternatif pembelajaran tatap muka. Untuk pembangunan aplikasi akan menggunakan metode pengembangan software prototype yang memiliki tiga tahapan yaitu diskusi bersama klien, merancang dan membangun sistem aplikasi, trial and error (ujicoba). Untuk pengumpulan data akan dilakukan observasi pada lingkungan dan system yang sudah dimiliki oleh pihak sekolah sebelumnya, wawancara bersama pihak sekolah tentang bagaimana sistem yang diinginkan, dan penelitian kepustakaan terhadap sistem aplikasi yang sudah ada. Hasilnya diperoleh aplikasi <em>E-Learning</em> akan memiliki 3 peran yaitu admin, pengajar dan siswa. Admin bertugas untuk mengurus data semester, kelas, mata pelajaran, guru dan siswa. Guru akan bertugas untuk penyampaian materi dan pemberian tugas kepada siswa. Siswa bertugas mempelajari materi&nbsp; dan menyelesaikan tugas yang sudah diberikan oleh guru.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <em>Aplikasi, E-Learning, SMAN 1 Panggul, Prototype</em></p> Sakti Abadi, I Kadek Dwi Nuryana ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42531 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN BERBASIS WEBSITE DENGAN MULTI SERVER LOAD BALANCING (STUDI KASUS AZIFA COLLECTION) https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42533 <p>Azifa Collection adalah salah satu toko yang menjual busana muslim di Surabaya. Azifa Collection telah berdiri selama 21 tahun. Pada proses penjualan dan pemasaran produk hanya dilakukan secara manual (konvensional), dimana pelanggan harus datang langsung ke lokasi toko untuk melakukan pembelian produk. Seharusnya, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, pelanggan bisa melakukan pembelian produk secara <em>online</em> melalui aplikasi berbasis <em>website</em>. Oleh karena itu, dibutuhkan aplikasi penjualan berbasis <em>website </em>bagi toko Azifa Collection yang memiliki performa optimal, agar dapat diakses oleh 5.000 atau lebih pelanggan pada saat bersamaan tanpa mengalami <em>server</em> <em>overload</em>. Penerapan multi <em>server Load Balancing </em>merupakan salah satu solusi yang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. HAPROXY merupakan <em>software</em> yang menyediakan <em>Load Balancing.</em> Dengan menggunakan algoritma <em>Round Robin </em>dari HAPROXY, maka <em>server</em> akan bekerja dengan cara membagi beban <em>request</em> kepada semua <em>server</em> yang ada dengan jumlah yang sama pada waktu yang sama. Rancangan uji coba aplikasi penjualan berbasis <em>website</em> menggunakan <em>Black Box Testing </em>menghasilkan persentase sebesar 100% sesuai, yang berarti fitur pada aplikasi telah memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi ketika dijalankan. Selain itu, <em>Load Balancing</em> dapat bekerja dengan baik ketika berhasil membagi beban <em>request</em> secara merata pada setiap <em>Web Server</em> menggunakan algoritma <em>Round Robin</em> dari HAPROXY. Sehingga <em>server</em> dapat melayani sebanyak 5.000 sampai 35.000 <em>request</em> tanpa mengalami <em>overload</em> maupun <em>error request.</em></p> <p><strong>Kata kunci</strong> : Aplikasi Penjualan, <em>Load Balancing, Round Robin</em></p> Hawwina Aunil Azifa, Andi Iwan Nurhidayat ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42533 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING PERINGATAN DINI BENCANA BANJIR BERBASIS IOT MENGGUNAKAN PROTOKOL MQTT DENGAN NOTIFIKASI BOT TELEGRAM https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42612 <p>Lamongan merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang sering terjadi banjir setiap tahun. Lamongan dilalui oleh Sungai Bengawan Solo sehingga rawan terjadi banjir. Faktor lain yang menjadi penyebab rawan banjir adalah kemiringan lereng, curah hujan, jenis tanah, ketinggian tempat, serta penggunaan lahan yang kurang sesuai. Penulis menggunakan metode <em>R&amp;D</em> <em>(Research </em>dan<em> Development)</em> untuk merancang sistem, teknologi <em>framework CodeIgniter</em> sebagai media <em>website</em>, alat <em>IoT</em> (<em>Internet of Thing</em>) menggunakan <em>microcontroller</em> <em>NodeMCU dan WeMos </em>serta bahasa pemrograman <em>C++</em> untuk menghubungkan antara alat dengan <em>website</em>, disertakan teknologi <em>bot Telegram</em> sebagai media informasi kepada masyarakat sekitar. Maka dari itu muncul ide untuk membuat alat teknologi terapan secara prototipe yaitu alat yang berfungsi sebagai peringatan dini bahaya banjir serta <em>monitoring</em> ketinggian air melalui halaman <em>website</em> secara <em>real-time</em> menggunakan protokol <em>MQTT (Message Queuing Telemetry Transport)</em>, peringatan dini bahaya banjir akan mengirim pesan otomatis melalui <em>bot Telegram</em> serta pompa air akan otomatis menyala untuk mengalirkan air ke tempat yang sudah disediakan seperti waduk atau sungai besar.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Alat Peringatan Dini, <em>Monitoring</em>, Protokol<em> MQTT</em>, <em>IoT</em>.</p> M Abi Yazid Al Bustomi, Asmunin Asmunin ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42612 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN APLIKASI ANTRIAN SECARA REALTIME DI KLINIK KECANTIKAN BERBASIS WEBSITE MENGGINAKAN FRAMEWORK LARAVEL https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42645 <p>Mengantri mungkin kurang menyenangkan bagi beberapa orang, terutama jika mengantri di klinik kecantikan dan antrian yang sedang berjalan kadang tidak sesuai atau tidak beraturan. Selama ini sistem antrian untuk mendaftar di klinik kecantikan ini menggunakan sistem telepon atau mendaftar di tempat. Sebab itu untuk memperbaiki kinerja karyawan dan sekaligus mengatasi antrian yang tidak teratur, untuk itu maka diperlukan suatu terobosan terbaru yaitu dengan memperbaiki dan meningkatkan kepuasan bagi para pasien di klinik kecantikan. Sistem antrian yang sedang berjalan mungkin kurang efisien dalam segi waktu sehingga diusulkan untuk membuat antrian berbasis web secara online agar mampu memberikan pelayanan secara maksimal. Untuk itu pengambilan antrian ini bisa dilakukan secara online dan calon pasien di klinik kecantikan bisa melihat informasi antrian yang sedang berlangsung. Hasil dari aplikasi yang akan dibuat adalah memberikan hasil sebuah informasi kepada calon pasien klinik kecantikan mengenai sistem antrian online dan secara realtime dan pendaftaran nya dapat dilakukan di rumah. Dan selain itu, <em>Website</em> ini dapat memudahkan calon pasien dengan tidak harus datang ke klinik kecantikan tersebut dalam melakukan <em>treatment</em> atau konsultasi ke dokter.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Teknologi, Antrian, Pendaftaran, Sistem Antrian Online, Web, Realtime</p> Pradhika Wahyu Perdana, Asmunin Asmunin ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42645 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN TENDA DAN ALAT PESTA PADA MEDAENG JAYA BERBASIS WEB (STUDI KASUS: MEDAENG JAYA) https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42683 <p>Pesatnya perkembangan teknologi membuat kebutuhan akan informasi semakin banyak. Perkembangan teknologi membawa dampak besar bagi kehidupan manusia, misalnya di dunia bisnis yang menerapkan sistem informasi untuk mendukung proses bisnis pada perusahaan. Medaeng Jaya merupakan suatu bentuk usaha yang bergerak dalam bidang jasa penyewaan tenda dan alat pesta yang menyewakan tenda untuk acara – acara pernikahan, perpisahan sekolah, ulang tahun dan acara lainnya. Permasalahan yang terjadi di Medaeng Jaya adalah dalam melakukan pelayanan, pemesanan, dan pemasaran yang masih menggunakan sistem manual, mengharuskan pelanggan datang ke lokasi persewaan untuk melakukan pemesanan yang menyebabkan sistem layanan menjadi kurang efisien dan efektif. Berdasarkan masalah tersebut penilitian ini bertujuan untuk menemukan solusi dengan dibangunnya Aplikasi Penyewaan Tenda dan Alat Pesta berbasis <em>website</em> serta menggunakan teknologi <em>Laravel, Midtrans, </em>dan <em>Mailtrap. </em>Aplikasi Penyewaan Tenda dan Alat Pesta berbasis <em>website</em> dibangun dengan menerapkan metode <em>Waterfall. </em>Metode <em>Waterfall </em>terbagi menjadi beberapa tahapan mulai dari analisa kebutuhan, desain, pembuatan program, pengujian dan pemeliharaan. <em>Website </em>tersebut diharapkan dapat mempermudah pelanggan untuk melakukan pemesanan, pelanggan hanya perlu melakukan pemesanan tenda melalui <em>website</em> dimana saja dan kapan saja tanpa harus mendatangi lokasi, dan juga berguna bagi pihak persewaan untuk berkembang dan bersaing.</p> <p>Kata Kunci : Sistem Informasi, Persewaan Tenda, <em>Website, Laravel</em></p> Mochammad Subhan Zuliananta, I Kadek Dwi Nuryana ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42683 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN APLIKASI PENYEWAAN JASA TOUR GUIDE “DOLANDOLEN” https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42783 <p>Pada saat ini perkembangan teknologi sudah semakin maju, dengan adanya <em>internet </em>informasi dan pengetahuan sangat mudah dicari. informasi yang ada di <em>internet</em> memberikan kemudahan dalam melakukan pencarian informasi, penelusuran dan penjelasan. Dalam melakukan perjalanan, wisatawan hanya mengandalkan media informasi seperti <em>website</em>, peta, dan juga brosur. Peta memudahkan wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata. Peta hanya memberikan informasi lokasi tempat wisata, brosur menyediakan informasi tentang objek wisata, media <em>website</em> pemandu wisata memberikan informasi yang cepat dan akurat. kurangnya informasi dan juga banyaknya <em>website</em> wisata membuat wisatawan bingung dalam memilih tempat wisata yang dituju. Aplikasi penyewaan jasa <em>tour guide </em>ini dibangun menggunakan metode <em>Extreme Programming </em>(XP)<em>. </em>Dalam penerapanya metode ini memiliki 4 tahapan yaitu <em>Planiing, Design, coding, </em>dan <em>Testing.</em> Dalam tahap ini penulis menggunakan f<em>ramework Codeigniter </em>sebagai media<em> website </em>nya. Penulis&nbsp; merencanakan sebuah <em>website</em> penyewaan jasa <em>tour guide</em> yang bertujuan untuk membantu memudahkan pengunjung wisata dalam melakukan perjalanan wisata, terutama wisatawan luar daerah. Untuk bahasa pemrograman yang digunakan adalah <em>PHP</em> dan untuk database menggunakan <em>MYSQL. </em>Pengujian aplikasi ini menggunakan metode <em>BlacBox </em>dimana metode ini dilakukan terhadap beberapa form masukkan apakah sudah berjalan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Hasil yang dicapai adalah terciptanya <em>website</em> penyewaan jasa <em>tour guide</em> “Dolandolen” yang mempermudah wisatawan agar mengetahui lebih detail tempat wisata, sekaligus menyewa jasa <em>tour guide</em> sesuai lokasi wisata yang dituju&nbsp; dan juga mempermudah&nbsp; <em>tour guide</em> untuk mengenalkan jasanya melalui <em>website</em> ini.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Pemandu, Wisata, Aplikasi, <em>Codeigniter</em></p> Damarfana Rakhima Wahab, Asmunin Asmunin ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42783 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LABORATORIUM KOMPUTER SEKOLAH BERBASIS WEBSITE DENGAN TEKNOLOGI QR CODE MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL (STUDI KASUS : LABORATORIUM KOMPUTER SMP NEGERI 4 PONOROGO) https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42933 <p>Laboratorium Komputer merupakan ruangan tertutup yang dirancang untuk melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan metode praktikum yang membuahkan hasil pengalaman belajar dimana siswa dapat berinteraksi dengan berbagai alat dalam komputer untuk mengamati masalah yang bisa diamati secara langsung dan dapat membuktikan sendiri sesuatu yang telah dan akan dipelajari. Laboratorium Komputer digunakan sebagai tempat &nbsp;untuk mengembangkan keterampilan dalam bidang teknologi informasi. Perkembangan teknologi yang pesat berdampak dalam berbagai aspek bidang, salah satu yang terdampak adalah dalam hal pengelolaan dan pelayanan laboratorium komputer sekolah. Dalam studi kasus SMP Negeri 4 Ponorogo, terdapat 4 laboratorium komputer yang dikelola oleh satu kepala laboratorium secara manual. Dalam upaya meningkatkan kinerja pengelolaan dan pelayanan laboratorium komputer, diperlukan sebuah sistem informasi manajemen laboratorium komputer berbasis <em>website</em>. Sistem informasi ini menggunakan <em>framework laravel</em> untuk memudahkan pembuatan sistem informasi. Sistem informasi ini menggunakan teknologi <em>QR Code</em> dalam pengelolaan data barang.</p> <p><strong>Kata kunci</strong> : Sistem informasi, laboratorium komputer, framework laravel, QR Code.</p> Bastian Arfianto, Asmunin Asmunin ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42933 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN WEBSITE PROMOSI UMKM, WISATA DAN SENI BUDAYA DI KECAMATAN JATIREJO MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42980 <p>Potensi pariwisata di Jatirejo sangatlah besar dengan segala keanekaragaman dan obyek yang memiliki berbagai seni kebudayaan. Namun terdapat permasalahan pada pariwisata di Jatirejo yaitu kurangnya promosi yang mengakibatkan pariwisata tersebut kurang di lihat banyak orang. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis terdorong untuk membangun aplikasi <em>website </em>promosi UMKM pariwisata yang bertujuan untuk mempromosikan tempat pariwisata yang ada menjadi lebih di kenal banyak orang. Aplikasi tersebut dibangun dengan menggunakan metode waterfall. Metode yang penerapannya secara berurutan dengan 5 langkah. Dimulai dengan tahap analisis <em>(analys)</em>, desain <em>(design)</em>, implementasi sistem <em>(coding)</em>, pengujian <em>(testing)</em>, pemeliharaan <em>(maintenance)</em>. Penulis membuat aplikasi berbasis <em>website </em>agar mudah terjangkau oleh masyarakat luas. Penulis juga menggunaka framework Laravel dalam pembuatannya supaya mudah dalam pengembangan aplikasi tersebut. Aplikasi ini telah berhasil diterapkan dan berguna untuk membantu mempercepat promosi yang ada. Yang dibuktikan dengan hasil kuisioner yang diisi oleh masyarakat Jatirejo yaitu 93,44% dengan kategori kelayakan “sangat baik”.</p> <p>Kata Kunci : Teknologi, pariwisata, UMKM</p> Abdul Rozy Mahfud, Asmunin Asmunin ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42980 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL (Studi Kasus: Pemerintahan Kabupaten Kutai Timur) https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42641 <p>Majunya teknologi saat ini yang sudah berkembang pesat mempengaruhi berbagai aspek, salah satunya adalah sistem informasi dan komunikasi. Sistem Informasi dan komunikasi sangat dibutuhkan oleh berbagai instansi salah satunya adalah organisasi pemerintahan. Dengan majunya teknologi diharapkan pula berkembangnya sistem informasi dan komunikasi mengikuti perkembangan tersebut dimana sistem informasi versi lama masih kurang mendukung mobilitas manusia dan organisasi pemerintahan yang semakin tinggi, sehingga sistem informasi perlu dikembangkan agar dapat diakses dengan mudah, sehingga dapat mempermudah kinerja pemerintahan salah satunya proses pengelolaan data pegawai instansi kenegaraan. Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) merupakan sistem informasi dimana tugasnya sebagai pengolah data yang meliputi pengumpul. prosedur, tenaga pengolah dan perangkat lunak penyimpanan meliputi pusat data dan bank data serta perangat komunikasi yang saling berkaitan, berketergantungan dan saling menentukan dalam rangka penyediaan informasi di bidang kepegawaian, yang dijelaskan dalam keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2000 tentang Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Departeneri Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah. SIMPEG pada Pemerintahan Daerah Kabupaten Kutai Timur yang masih menggunakan teknologi versi lama. Teknologi informasi terbaru pada saat ini berbasis web dengan menggunakan framework Laravel. Sistem yang berbasis web ini mempermudah dalam mengakses dan mengelola sebuah informasi secara online. Aplikasi SIMPEG ini menggunakan <em>Framework Laravel </em>dan <em>Postgree </em>sebagai <em>database</em> dengan menggunakan metode <em>SDLC Waterfall</em> sebagai metodenya. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan mampu mempermudah proses pengelolaan data pegawai instansi kenegaraan</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Sistem Informasi Manajemen, Web, Laravel, <em>Waterfall</em></p> Rita Sulis Widiyanti, Rahadian Bisma ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/42641 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000