https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/feed Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan 2022-11-29T15:11:58+00:00 Open Journal Systems Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi - Fakultas Ilmu Keolahragaan UNESA, Jurnal ini mempublikasikan artikel-artikel dari mahasiswa yang berisi hasil penelitian dibidang pendidikan jasmani dan olahraga<br /> https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/49256 SURVEI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JASMANI ADAPTIF DI SLB SE-KOTA MOJOKERTO 2022-09-05T00:42:54+00:00 Mifta Hefi Permatasari mifta.18071@mhs.unesa.ac.id Suroto Suroto suroto@unesa.ac.id <p>Abstrak</p> <p>Di Indonesia pendidikan dibagi menjadi dua yaitu pendidikan umum serta pendidikan untuk anak yang memiliki kebutuhan khusus. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran jasmani adaptif di sekolah luar biasa (SLB) se-Kota Mojokerto. Jenis metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif serta metode survei. Responden yang diambil adalah guru-guru di SLB se-Kota Mojokerto. Teknik pengumpulan data berupa angket pilihan ganda yang di isi oleh guru terkait. Populasi pada penelitian ini berjumlah 4 sekolah SLB se-Kota Mojokerto yaitu SLB B Pertiwi, SLB <em>Thumb Kids School </em>Kota Mojokerto, SLB Aisyiyah 08, SLB ACD Pertiwi. <em>Total sampling </em>merupakan jenis teknik pengambilan data. Teknik analisis data menggunakan deskriptif statistik yang diolah dengan Microsoft Excel. Pada hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tujuan pembelajaran kategori “kurang” sebesar 80% (8 guru), materi pembelajaran kategori “sangat kurang” sebesar 100% (10 guru), faktor kurikulum kategori “sangat kurang” sebesar 100% (10 guru), siswa kategori “baik” sebesar 90% (9 guru), metode kategori “sangat kurang” sebesar 100% (10 guru), kompetensi guru kategori “sangat kurang” sebesar 90% (9 guru), sarana dan prasarana pembelajaran dengan hasil nilai berada pada kategori “kurang” dengan persentase sebesar 50% (5 guru), evaluasi kategori “sangat baik” sebesar 50% (5 guru). Berdasarkan data menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SLB se-Kota Mojokerto berada pada kategori “kurang” sebesar 60% (6 guru). Sehingga hal tersebut harus lebih ditingkatkan lagi dengan menambah kreatifitas dan inovasi setiap guru agar semua faktor dapat tercapai. Serta ditambahkan modifikasi pembelajaran yang dapat mempermudah ABK dalam menerima materi pembelajaran serta meningkatkan prestasi yang diminati.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>pembelajaran; adaptif; SLB</p> <p><strong>Abstract</strong></p> <p>In Indonesia, education is divide into two, namely general education and education for children with special needs. This study aims to determine the implementation of adaptive physical learning in special schools (SLB) in Mojokerto City. The type of method used is descriptive quantitative and survey method. Respondents taken were teachers in special schools throughout Mojokerto City. The data collection technique was in the form of a multiple choices questionnaire which was filled out by the related teacher. The population in this study amounted to 4 SLB schools throughout Mojokerto, namely SLB B Pertiwi, SLB Thumb Kids School Mojokerto City, SLB Aisyiyah 08, SLB ACD Pertiwi. Total sampling is a type of data collection technique. The data analysis technique used descriptive statistic which were processed with Microsoft Excel. Based on the results and discussion, it can be concluded that the learning objectives in the "less" category are 80% (8 teachers), the learning materials are in the "very poor" category of 100% (10 teachers), the curriculum factor in the "very poor" category is 100% (10 teachers). , students in the "good" category by 90% (9 teachers), the method in the "very poor" category at 100% (10 teachers), teacher competence in the "very poor" category by 90% (9 teachers), learning facilities and infrastructure with scores are in the "less" category with a percentage of 50% (5 teachers), the evaluation of the "very good" category is 50% (5 teachers). Based on the data shows that the implementation of adaptive physical education learning in special schools throughout Mojokerto City is in the "less" category of 60% (6 teachers). So it must be further improved by adding creativity and innovation of each teacher so that all factors can be achieved. As well as added learning modifications that can make it easier for children with special needs to receive learning materials and improve achievement of interest.</p> <p><strong>Keywords:</strong> learning; adaptive; SLB</p> 2022-09-05T00:42:54+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/49613 HUBUNGAN MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI 2022-11-10T00:33:19+00:00 Diah Setyowati diahsetyowati35@gmail.com Dwi Cahyo Kartiko dwicahyo@unesa.ac.id <p>Minat siswa dalam belajar merupakan sebagian kecil dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani siswa pada materi pelajaran yang diajarkan. Minat belajar siswa di SMA Al-Azhar Menganti dapat dikatakan menurun akibat adanya dampak dari pandemi Covid-19 yang mengharuskan siswa belajar daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan kontribusi minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK terhadap tingkat kebugaran jasmani. Jenis penelitian ini adalah non eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa di SMA Al-Azhar Menganti Gresik yang berjumlah 616 siswa. Pemilihan sampel mengunakan teknik <em>accidental sampling</em> dimana sampel tersebut cocok digunakan sebagai subjek untuk mengambil data yakni siswa yang menggunakan pakaian seragam olahraga dengan jumlah 55 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes MFT untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani dan angket minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK dari peneliti sebelumnya berjumlah 28 item pernyataan dengan beberapa indikator yang meliputi perhatian, perasaan senang, aktivitas, peranan guru, dan fasilitas. Teknik analisis data menggunakan uji non parametrik <em>spearman rho</em> dengan signifikansi sebesar 0,045 &lt; 0,05 dan tingkat koefisien korelasi sebesar 0,272. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK terhadap tingkat kebugaran jasmani, dan besarnya kontribusi minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK terhadap tingkat kebugaran jasmani di SMA Al-Azhar Menganti Gresik sebesar 7,3984%.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Minat Siswa, Kebugaran Jasmani, Pembelajaran PJOK.</p> 2022-11-10T00:33:19+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/50050 HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI UKM KARATE UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19 2022-11-17T04:01:25+00:00 Aditya Marthadinata Sarosa adityasarosa16060464105@mhs.unesa.ac.id Faridha Nurhayati faridhanurhayati@unesa.ac.id <p>Abtrak</p> <p>Pandemi covid-19 sehingga mengakibatkan semua tempat pendidikan termasuk kegiatan UKM diliburkan dan Proses Pembelajaran Dilakukan dirumah. UKM sendiri merupakan kegiatan non akademik yang didalamnya terdapat bidang&nbsp; olahraga, seni dan sebagainya UKM memiliki berbagai macam bidang olahraga, salah satunya adalah olahraga karate, Karate merupakan olahraga dengan intensitas tinggi. Atlet karate harus melakukan beberapa aksi intensitas tinggi selama pertandingan. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan tingkat kebugaran jasmani UKM karate Universitas Negeri Surabaya. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pemilihan cluster random sampling. Subyek penelitian berjumlah 30 mahasiswa yang berdomisili di Kota Surabaya. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan MFT untuk kebugaran jasmani dan kuisioner IPAQ untuk mengukur aktivitas fisik. Hasil uji prasyarat normalitas 0,200 &gt; 0,05 artinya data memiliki distrubusi normalitas, Uji hipotesis dengan korelasi pearson menunjukkan bahwa hasil signifikansi yang diperoleh sebesar sig. 0,001 &lt; 0,05 berdasarkan kaidah hasil tersebut berarti menunjukkan bahwa hubungan antar variabel signifikan antara aktuvitas dengan kebugaran jasmani. Aktifitas fisik memiliki pengaruh sebesar 31,7% terhadap tingkat kebugaran jasmani sisanya 68,3% dipengaruh oleh variabel lain. Jadi kesimpulan mahasiswa paling banyak berada pada kategori baik dengan intensitas aktivitas fisik yang sedang. Maka dapat dikatakan bahwa mahasiswa UKM karate Universitas Negeri Surabaya tetap melakukan aktivitas fisik guna menjaga kebugaran jasmani saat pandemi.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>kebugaran jasmani; aktivitas fisik; karate</p> <p>Abstact</p> <p>The COVID-19 pandemic has resulted in all educational places, including UKM activities being closed and the learning process being carried out at home. UKM itself is a non-academic activity in which there are sports, arts and so on. UKM has various sports fields, one of which is karate. Karate is a high-intensity sport. Karate athletes must perform several high-intensity actions during the match. The purpose of the study was to determine the relationship between physical activity and the level of physical fitness of the Karate UKM at the State University of Surabaya. This research is quantitative research with cluster random sampling techniques. The research subjects were 30 students who lived in the city of Surabaya. The instruments in this study used the MFT for physical fitness and the IPAQ questionnaire to measure physical activity. The results of the normality prerequisite test of 0.200&gt; 0.05 means that the data has a normality distribution. The hypothesis test with Pearson correlation shows that the significant results obtained are sig. 0.001 &lt; 0.05 based on the rules of the results. It means that the relationship between variables is significant between activity and physical fitness. Physical activity has an effect of 31.7% on the level of physical fitness; the remaining 68.3% is influenced by other variables. So the conclusion is that most students are in the good category with moderate intensity of physical activity. So it can be said that students of UKM karate, State University of Surabaya continue to do physical activity to maintain physical fitness during the pandemic.</p> <p><strong>Keywords: </strong>physical fitness; physical activity; karate</p> <p>&nbsp;</p> 2022-11-17T04:01:25+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/49616 Pola Belajar dan Berlatih siswa SMA Negeri Olahraga Jawa Timur 2022-11-29T15:11:58+00:00 Wildan Nur Ikhsan wildan.18159@mhs.unesa.ac.id Ali Maksum alimaksum@unesa.ac.id <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Keseimbangan antara kegiatan belajar dan berlatih tentu sangat penting bagi siswa sekolah khusus olahraga (SKO). Pendidikan yang menekankan pada pembekalan masa depan dan berlatih untuk meraih prestasi yang tinggi dalam bidang olahraga perlu untuk dikelola dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pola belajar dan berlatih siswa sekolah khusus olahraga. Subjek dari penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri Olahraga Jawa Timur sejumlah 54 siswa. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan uji T. Indikator yang digunakan di dalam penelitian ini yakni terkait tentang kebiasaan belajar dan berlatih siswa. Indikator dari kebiasaan belajar diantaranya frekuensi belajar, intensitas belajar, durasi belajar, dan kendala di dalam belajar, sedangkan indikator dari kebiasaan berlatih yaitu frekuensi berlatih, intensitas berlatih, durasi berlatih, dan kendala di dalam berlatih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat proporsi aktivitas para siswa lebih didominasi oleh kegiatan berlatih daripada kegiatan belajar, dengan nilai t sebesar 9,89, pada p&lt;.001. Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan akademik kurang mendapatkan perhatian yang memadai oleh para siswa. Kegiatan diskusi yang mengasah kemampuan berpikir jarang dilakukan. Hambatan utama siswa di dalam proses belajar adalah karena faktor kelelahan dan lingkungan yang kurang mendukung. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pengawasan yang bersifat personal oleh pihak keluarga khususnya orang tua dengan memanfaatkan teknologi serta siswa perlu mendapatkan pendampingan khusus dalam bidang akademik untuk menunjang pemahaman terhadap materi belajar agar siswa dapat tumbuh dan berprestasi secara optimal baik dalam bidang akademik maupun non akademik.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>pola belajar dan berlatih; sekolah olahraga; penggunaan waktu</p> <p><strong>Abstract</strong></p> <p>The balance between learning and practising activities is undoubtedly for students of special sports schools (SKO). Education that emphasizes the provision of the future and training to achieve high achievements sport must be managed properly and correctly. This study aims to illustrate how the pattern of learning and practising students of sports-specific schools. The subjects of this study were students at the East Java Sports State High School, a total of 54 students. The data were collected using questionnaires and analyzed using descriptive statistics and T-tests. Indicators of study habits include learning frequency, learning intensity, learning duration, and obstacles in learning, while indicators of practice habits are the frequency of training, the intensity of training, the duration of practice, and obstacles in practising. The results showed that the proportion of student activity was dominated by practice activities instead learning activities, with a t value of 9.89, at p&lt; 001. This research shows that academic activities do not receive adequate attention tudents. Discussion activities that hone thinking skills are rarely carried out. The main obstacles for students in the learning process are fatigue factors and a less supportive environment. This research recommends the need for personal supervision by the family, especially parents, by utilizing technology, and students need to get special assistance in the academic field to support their understanding of learning materials so that students can grow and excel optimally both in academic and non-academic fields</p> <p><em><strong>Keywords:</strong> </em>&nbsp;patterns of study and practising; sports schools; use of time</p> 2022-11-29T15:11:58+00:00 ##submission.copyrightStatement##