Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi - Fakultas Ilmu Keolahragaan UNESA, Jurnal ini mempublikasikan artikel-artikel dari mahasiswa yang berisi hasil penelitian dibidang pendidikan jasmani dan olahraga<br /> en-US junaidi.budi78@gmail.com Mon, 09 May 2022 22:29:01 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN 2 SUMENEP PADA SISTEM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/46048 <p>Abstrak</p> <p>Covid-19 melanda Indonesia sejak tahun 2019 sehingga diberlakukanlah pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Sistem pendidikan di Indonesia mengalami tantanga besar karena virus ini, yang membuat sistem pembelajaran sebelumnya dilaksanakan secara langsung kini harus dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problem yang menjadi.kendala, faktor-faktornya.serta dampak yang ditimbulkan, apakah ada perbedaan motivasi belajar siswa perempuan dan laki-laki di SMAN 2 Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Analisis <em>Mann Whitney U</em>. Analisis ini merupakan teknik statistik non parametrik yang tujuannya untuk menguji ada tidaknya perbedaan dari variabel penelitian yaitu motivasi pembelajaran daring siswa laki-laki dan perempuan. pengambilan sampel menggunakan teknik <em>cluster random sampling</em> yang diambil perwakilan dari kelas XI IPS 4, XI IPA 4 dan XI Bahasa 1 dengan jumlah responden 67 siswa dengan menyebarkan kuesioner motivasi belajar melalui <em>google form</em> dengan indikator pencapaian kompetensi dasar yang meliputi kognitif, afektif dan psikomotorik, sehingga mampu tolak ukur untuk mengetahui ketercapaian motivasi belajar. Adapun hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi dari <em>Mann whiteney U</em> sebesar 0,00, artinya motivasi belajar pada siswa yang mengikuti pembelajaran secara daring dengan kondisi pandemic virus <em>covid-19</em> ini rendah, karena nilai signifikansinya sebesar 0,005&lt;0,05 (Tolak H0). Kesimpulannya, ada pengaruh pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar siswa. Sedangkan, perbedaan motivasi belajar siswa laki-laki dan perempuan yang terlihat dari nilai <em>mean</em> ranknya sebesar 27,38 nilai <em>mean </em>rank laki-laki dan 40,82 nilai <em>mean</em> rank perempuan, sehingga dapat dikatakan motivasi belajar perempuan lebih tinggi dari pada laki-laki.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>daring; motivasi belajar; PJOK</p> <p><strong>Abstract</strong></p> <p>Covid-19 has hit Indonesia since 2019 so large-scale social restrictions (PSBB) have been imposed. The education system in Indonesia is experiencing challenges caused by this virus, which has made the previous learning system implemented in person now have to be implemented online. This study aims to find the problems that become obstacles, the factors and the impact, and whether there are differences in the learning motivation of female and male students at SMAN 2 Sumenep. This study uses quantitative methods with Mann-Whitney U analysis. This analysis is a non-parametric statistical technique whose purpose is to test whether there are differences in the research variables, namely the online learning motivation of male and female students. sampling using cluster random sampling technique taken by representatives from class XI IPS 4, XI IPA 4, and XI Language 1 with a total of 67 students as respondents by distributing learning motivation questionnaires through google form with indicators of achievement of essential competencies which include attitudes, knowledge, and skills, so that it can be used as a benchmark to determine the achievement of learning motivation. The study results showed that the significance value of Mann Whitney U was 0.00, meaning that the learning motivation of students participating in online learning during the Covid-19 pandemic was low because the significance value was 0.005 &lt;0.05 (Reject H0). In conclusion, there is an effect of the covid-19 pandemic on students' learning motivation. Meanwhile, the difference in the learning motivation of male and female students as seen from the mean rank value is 27.38, the mean rank is male and 40.82 is female, so it can be said that female learning motivation is higher than male.</p> <p><strong>Keywords:</strong> daring; &nbsp;learning motivation; physical education sport and health</p> Abdurrahman Halik, Anung Priambodo ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/46048 Mon, 09 May 2022 22:52:06 +0000 SURVEY KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS 7 SMPN 1 SOKO https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/46049 <p>Abstrak</p> <p>Kebugaran jasmani termasuk faktor yang penting dimiliki oleh setiap individu. Kebugaran jasmani merupakan kondisi dimana individu mampu melakukan aktivitas fisik atau aktivitas rutin tanpa mengalami kelelahan secara berlebih di dalam tubuh kita dan masih mampu untuk melakukan aktivitas lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kebugaran jasmani siswa/i SMPN 1 Soko-Tuban. Studi ini berjenis penelitian pendekatan deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode <em>cluster random</em> sampling. Deskriptif data diperoleh dari hasil Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI). Instrumen pada penelitian ini menggunakan instrumen TKJI usia 13 - 15 Tahun yang mencakup beberapa tahapan <em>test</em> yaitu lari 1000 meter (Laki - Laki) 800 meter (Perempuan), sprint 50 meter, <em>vertical jump</em>, <em>pull up</em>, dan <em>sit up</em>. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Soko-Tuban pada tanggal 4 Januari sampai 4 Februari 2022. Populasinya berjumlah 288 siswa, Adapun sampelnya sejumlah 91 siswa, yang terdiri dari 3 kelas yakni kelas 7C, 7F, 7H dimana terdiri dari 49 laki-laki dan 42 perempuan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif statistik dengan bantuan program SPSS (<em>Statistical Package for the Social Sciences</em>). Hasil menunjukkan; 1) Tingkat kebugaran jasmani laki-laki dominan dalam kategori kurang ada 36 siswa, kategori kurang sekali ada 6 siswa, dan kategori sedang ada 7 siswa. 2) Tingkat kebugaran jasmani perempuan dominan dalam kategori kurang sekali terdapat 30 siswi dan kategori kurang terdapat 12 siswi. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu kebugaran jasmani siswa laki-laki maupun perempuan di SMPN 1 Soko-Tuban dominan dalam kategori kurang.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>kebugaran jasmani; siswa; TKJI</p> <p><strong>Abstract</strong></p> <p>Physical fitness is an essential factor for every individual. Physical fitness is a condition where individuals can carry out physical activities or daily activities without experiencing excessive fatigue in their bodies and can still carry out other activities. This study aimed to describe students' level of physical fitness at SMPN 1 Soko-Tuban. This research uses a quantitative descriptive approach with a cluster random sampling method. This study used the TKJI instrument aged 13 - 15 years, consisting of several test stages: the 1000-meter run (Male), 800 meters (Female), 50-meter sprint, vertical jump, pull up, and sit up. This research was conducted at SMPN 1 Soko-Tuban from January 4 to February 4, 2022. The population was 288 students, and the sample in this study was 91 students, consisting of 3 classes, namely grades 7C, 7F, and 7H, which consisted of 49 boys. And 42 women. The data were analyzed using descriptive statistical analysis techniques with the help of the SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) program. The results of this study are; 1) The dominant male physical fitness level is in the poor category, with as many as 36 students, while the inferior category is 6 students, and the moderate category is 7 students. 2) Women's level of physical fitness is dominant in the inferior category, namely as many as 30 students and in the less category, as many as 12 students. This study concludes that the physical fitness of male and female students at SMPN 1 Soko-Tuban is dominant in the poor category</p> <p><strong>Keywords:</strong> physical fitness; students; TKJI</p> <p>&nbsp;</p> Nurmia Afifah, Dony Andrijanto ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/46049 Tue, 10 May 2022 00:14:18 +0000 PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI DRIBBLING SEPAK BOLA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/46053 <p>Abstrak</p> <p>Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran <em>audio visual</em> terhadap peningkatan hasil belajar materi <em>dribbling</em> pada sepak bola di SMAN 20 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah <em>randomized control group pre-test</em><em> - </em><em>post-test</em>.&nbsp; Teknik pengambilan sampel adalah teknik <em>cluster random sampling</em>, yaitu terpilih peserta didik kelas X IPA 2. Instrumen penelitian yang dipakai yaitu tes penilaian keterampilan <em>dribbling</em> sepak bola dan tes penilaian pengetahuan <em>dribbling</em> sepak bola. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelas eksperimen (pembelajaran dengan diberikan media audio visual) dan kelas kontrol (pembelajaran tanpa diberikan media audio visual). Pemberian <em>pre-test</em> dilakukan pada pertemuan pertama, pemberian treatment dilakukan pada pertemuan kedua, lalu <em>post-test</em> dilaksanakan pada pertemuan ketiga, Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan uji <em>Wilcoxon</em>. Hasil analisa datamenunjukkan nilai pengetahuan dan keterampilan bagi kelompok eksperimen dengan menunjukkan nilai sig 0,00 &lt; 0,05 dan membuktikkan jika terdapat pengaruh yang signifikan, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat efektivitas dan pengaruh metode pembelajaran&nbsp; dengan menggunakan media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar materi <em>dribbling</em> pada permainan sepak bola. Dari hasil perhitungan terdapat peningkatan sebanyak 27% nilai pengetahan dan nilai keterampilan, sedangkan kelompok kontrol hanya memiliki presentase peningkatan sebanyak 18% nilai pengetahuan dan 6% nilai keterampilan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol, sehingga pembelajaran media <em>audio visual</em> berpengaruh pada peningkatan hasil belajar materi <em>dribbling</em> permainan sepak bola.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>audio visual; dribbling; </em>sepak bola</p> <p>Abstract</p> <p>The purpose of this study was to determine the effect of using audio-visual learning media on improving learning outcomes for dribbling material in soccer at SMAN 20 Surabaya. The type of research used is a quasi-experimental type with a quantitative approach. The research design used was a randomized control group pre-test - post-test. The sampling technique was a cluster random sampling technique, in which students of class X IPA 2. were selected. The research instrument used was a soccer dribbling skill assessment test and a soccer dribbling knowledge assessment test. This study was divided into two groups, namely the experimental class (learning by being given audio-visual media) and the control class (learning without being given audio-visual media). The pre-test was given at the first meeting, the treatment was given at the second meeting, then the post-test was carried out at the third meeting. The data analysis technique used in this study was the Wilcoxon test. The results of data analysis show the value of knowledge and skills for the experimental group by showing the value of sig 0.00 &lt;0.05 and proving that if there is a significant effect, it can be stated that there is an effectiveness and influence of learning methods using audio-visual media on improving learning outcomes. dribbling in soccer. From the calculation results, there is an increase of 27% in the value of knowledge and skill values, while the control group only has a percentage increase of 18% in the value of knowledge and 6% of the value of skills. Based on the results of data analysis, it can be concluded that there is a significant effect on the experimental group compared to the control group, so that audio-visual media learning has an effect on improving the learning outcomes of soccer game dribbling material.</p> <p><strong>Keywords:</strong> audio visual; dribbling; soccer</p> Nafi Aqil Fikri, Sudarso Sudarso ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/46053 Tue, 10 May 2022 04:24:54 +0000