Jurnal Pendidikan Khusus https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus <p>Jurnal Pendidikan Khusus beroperasi sejak tahun 2012 yang mewadahi artikel karya skripsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Sesuai dengan perkembangan Jurnal Online dan kebutuhan publikasi ilmiah, Jurnal ini menerima artikel&nbsp;civitas akademika seluruh perguruan tinggi.</p> <h3>Scope Jurnal</h3> <p>Jurnal ini menampung berbagai issue terkait Pendidikan Khusus, antara lain:</p> <ol> <li class="show">Hambatan Penglihatan</li> <li class="show">Hambatan Pendengaran</li> <li class="show">Hambatan Intelektual</li> <li class="show">Hambatan Fisik</li> <li class="show">Spektrum Autis</li> <li class="show">Kesulitan Belajar</li> <li class="show">Disabilitas Majemuk</li> <li class="show">Kebijakan Pendidikan Khusus</li> </ol> en-US sriandajani@unesa.ac.id (Sri Joeda Andajani, M.Kes.) muhammadashar@unesa.ac.id (Muhammad Nurul Ashar, M.Ed.) Mon, 04 Apr 2022 12:13:14 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PEMANFAATAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK KONSENTRASI BELAJAR ANAK DENGAN SPEKTRUM AUTIS https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/45708 <div class="page" title="Page 2"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Rendahnyakonsentrasibelajaranakautisdikarenakankurangnyamediapembelajaranyanginovatif. Untukitu diperlukan suatu media pembelajaran yang menarik dan disesuaikan dengan karakteristik serta kebutuhan belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pemanfaatan media scrapbook untuk konsentrasi belajar anak dengan spektrum autis. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan metode penelitian literature review, untuk menggali sumber-sumber artikel atau jurnal, prosiding yang terindeks nasional dan internasional serta buku yang relevan. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi identifikasi masalah, pencarian data, pemilihan data, analisis data serta penyusunan artikel. Sumber pencarian data dalam penelitian ini menggunakan platform digital dari, SINTA, GARUDA, Google Scholar, Crossref, dan Perpustakaan Nasional RI. Teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif untuk mengkaji temuan dari setiap artikel atau jurnal. Hasil temuan penelitian dalam pemanfaatan media scrapbook untuk konsentrasi belajar anak dengan spektrum autis melalui prosedur sebagai berikut: (1) Menciptakan lingkungan yang kondusif dan menyenangkan; (2) Menyampaikan tujuan pembelajaran; (3) Memperkenalkan pada siswa terkait mediascrapbook; (4) Menjelaskan tentang materi yang akan dipelajari; (5) Memberikan beberapa pertanyaan sederhana sesuai dengan materi; (6) Berikan reward; (7) Meminta siswa untuk memegang sebuah gambar dan menyebutkan nama gambar tersebut; (8) Berikan pengulangan; (9) Penilaian autentik. Berdasarkan pemanfaatan mediascrapbook untuk konsentrasi belajar anak dengan spektrum autis ini dipergunakan untuk pembelajaran IPA tentang vertebrata, sel tumbuhan dan fluida statis, Matematika tentang bangun datar, Tematik tentang makanan sehat dan rumah adat Indonesia, IPS tentang kemerdekaan Indonesia dan tenaga endogen.</p> </div> </div> </div> Amanda Treza Agatha, Pamuji Pamuji ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/45708 Fri, 01 Apr 2022 00:00:00 +0000 MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BINA DIRI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/45838 <div class="page" title="Page 2"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Pembelajaran keterampilan bina diri dibutuhkan bagi tunagrahita. Hambatan intelektual di bawah rata-rata yang dimiliki tunagrahita mengakibatkan permasalahan pada aspek kemandirian anak, sehingga perlu diterapkan pembelajaran bina diri dengan menggunakan media audio vusial sesuai dengan kondisi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media audio visual dalam pembelajaran bina diri tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mereview dan menganalisis artikel yang mengkaji topik berkaitan serta mengadakan studi penelaahan buku. Adapun hasil analisis menunjukkan media audio visual yang dikemas dalam video animasi bina diri dapat membelajarkan tunagrahita ringan. Kesimpulan dari analisis tersebut menunjukkan bahwa media audio visual dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran bina diri tunagrahita ringan.</p> </div> </div> </div> Lenny Arta Febriana, Wiwik Widajati ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/45838 Mon, 04 Apr 2022 00:00:00 +0000 MEDIA VIDEO CERITA FABEL UNTUK KETERAMPILAN MENULIS ANAK SPEKTRUM AUTIS https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/45839 <div class="page" title="Page 2"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta bahwa anak spektrum autis kesulitan untuk menulis. Sehingga diperlukan media agar dapat meningkatkan keterampilan menulis anak spektrum autis. Salah satunya adalah media audiovisual berupa video cerita fabel. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan media video cerita fabel dalam pembelajaran menulis cerita bagi anak spektrum autis. Penelitian ini menggunakan metode literature review yang menganalisis beberapa artikel pada jurnal nasional dan internasional serta temuan sebelumnya yang berkaitan dengan judul penelitian. Pencarian data dilakukan dengan mengakses platform digital terindeks yakni SINTA, Garuda, Science Direct, Crossref Metadata, maupun Google Scholar. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara keterampilan menulis cerita anak spektrum autis yang diajarkan menggunakan media video fabel dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penggunaan media video cerita fabel dapat menstimulasi belajar menulis, tidak hanya belajar menulis setiap huruf tetapi juga urutan yang benar untuk menghasilkan sebuah kata dan kalimat dalam menulis cerita. Anak spektrum autis yang tidak dapat secara mandiri menulis cerita, dapat menulis dengan lancar, terbaca dan ada peningkatan pada sejumlah dimensi penulisan seperti urutan, ukuran dan perataan huruf dalam menulis cerita.</p> </div> </div> </div> ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/45839 Mon, 04 Apr 2022 00:00:00 +0000 KEGIATAN EKSTRAKURIKULER WAJIB KEPRAMUKAAN UNTUK KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/45840 <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Manfaat mandiri adalah siswa mampu mengambil keputusan dan memiliki inisiatif untuk menyelesaikan masalah sehingga akan bertanggung jawab terhadap yang dilakukan. Selain itu siswa juga lebih memiliki keinginan untuk maju demi kebaikan dirinya sendiri. Hambatan kemampuan siswa tunagrahita salah satunya kurang dalam kemandirian. Program yang diberikan untuk meningkatkan kemandirian siswa tunagrahita dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler wajib kepramukaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis kegiatan ekstrakurikuler wajib kepramukaan untuk kemandirian siswa tunagrahita. Sumber data yang dikumpulkan dari jurnal nasional, internasional dan buku. Teknik analisis data yang digunakan dengan pengecekan serta membaca ulang buku serta jurnal nasional dan internasional atau disebut dengan literature review . Hasil penelitian ini ditemukan aspek kegiatan yang tepat dalam pendidikan kepramukaan untuk kemandirian siswa tunagrahita. Terdapat 5 kegiatan di dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang berhubungan dengan kemandirian siswa diantaranya tali temali, baris berbaris, upacara, penjelajahan, perkemahan. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan kegiatan pramuka memiiliki tujuan mengenai kemandirian yang dapat diterapkan untuk siswa tunagrahita.</p> </div> </div> </div> Devita Ayu Mardiyanti ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/45840 Mon, 04 Apr 2022 00:00:00 +0000 PERAN IBU DALAM MELATIH KEMANDIRIAN BINA DIRI HYGIENE MENSTRUASI PADA ANAK DENGAN SPEKTRUM AUTIS https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/45965 <div class="page" title="Page 2"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Anak dengan spektrum autis memiliki kemampuan komunikasi dan pola perilaku yang rendah yang menimbulkan permasalahan dalam kemandirian termasuk keterampilan merawat diri ketika menstruasi sehingga perlu adanya peran ibu dalam melatih kemandiriannya. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan peran ibu dalam melatih kemandirian anak dengan spektrum autis ketika menghadapi menstruasi. Metode yang digunakan yakni studi kepustakaan (literature review) dengan sumber data 10 jurnal dan artikel ilmiah baik nasional maupum internasional yang relevan. Data dianalisis secara deskriptif untuk menemukan linieritas pesan pada masing-masing artikel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 7 artikel menyatakan pentingnya peran ibu dalam melatih kemandirian keterampilan merawat diri ketika menstruasi dengan menyesuaikan dan memperhatikan kondisi serta suasana hati anak dengan spektrum autis.</p> <div class="page" title="Page 2"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Kata Kunci: hygiene menstruasi, kemandirian, peran ibu, autis</p> </div> </div> </div> </div> </div> </div> ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/45965 Mon, 04 Apr 2022 00:00:00 +0000 PEMBELAJARAN ONLINE SELF CARE TUNAGRAHITA DI TAIWAN DAN INDONESIA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/45990 <div class="page" title="Page 2"> <div class="section"> <div class="section"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Pembelajaran self care penting bagi tunagrahita terpaut memiliki keterbatasan intelektual yang dapat mempengaruhi segala aspek. Self care merupakan kebutuhan semua individu normal maupun individu yang memiliki keterbatasan, termasuk tunagrahita. Perawatan diri dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup serta mencegah ketergantungan perawatan diri. Tujuan pada penelitian ini adalah menganalisis pembelajaran online self care tunagrahita di Taiwan dan Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur review dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data studi literature yang terdiri dari 16 jurnal international dan nasional yang relevan. Pembahasan dalam pengkajian yang dilakukan pada penelitian ini</p> </div> </div> </div> <div class="section"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>mendeskripsikan proses pembelajaran online self care tunagrahita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Taiwan dan Indonesia memiliki cara tertentu dalam memberikan pembelajaran online self care untuk tunagrahita. Adapun cara pelaksanaan pembelajaran online self care tunagrahita berdasarkan kesimpulan bahwa, kedua negara melalui pemberian media pembelajaran video animasi, game, video 3D, tutorial, multimedia interaktif berbentuk audio visual dan dukungan dari lingkungan terdekat, media yang disesuaikan dengan kebutuhan anak, pelaksanaan pembelajaran dengan metode yang tepat serta pemberian reward dan motivasi.</p> <p>Kata kunci : pembelajaran online, self care, tunagrahita</p> </div> </div> </div> </div> </div> ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/45990 Mon, 04 Apr 2022 00:00:00 +0000 ANALISA ADAPTASI PERILAKU ANAK DENGAN SPEKTRUM AUTIS PADA MASA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI JAWA TIMUR: SURVEI PADA ORANG TUA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/46133 <div class="page" title="Page 2"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adaptasi perilaku anak dengan spektrum autis dari yang semula Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) menurut persepsi orang tua di Jawa Timur. Metode penelitian ini adalah survei dengan desain cross sectional. Teknik pengumpulan data melalui pengisian kuesioner yang disebarkan melalui Google Form. Proses uji validitas dan uji reliabilitas instrumen menggunakan SPSS 24.0. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 57 orang tua anak dengan spektrum autis yang tersebar dari Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Lamongan, Malang, Bondowoso, Jember, Banyuwangi, Tuban dan Kediri. Data dianalisis secara deskriptif univariat menggunakan SPSS 24.0. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) anak spektrum autis menunjukkan perilaku- sulit yang beragam, sebagian besar disebabkan karena anak harus mengikuti jadwal sekolah (70,20%), (2) sebagian besar anak spektrum autis (89,5%) mampu beradaptasi ditunjukkan dengan berkurangnya perilaku- sulit, (3) sebagaian besar penurunan perilaku-sulit dalam jangka waktu kurang dari satu bulan (54,4%) dan lebih dari 3 bulan (54,4%), dan (4) peran orang tua dalam membantu anak beradaptasi dengan cara yang bervariasi, namun paling banyak dengan membantu mempersiapkan alat sekolah (96,5%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa anak spektrum autis mampu beradaptasi dalam transisi masa PJJ ke PTMT dengan dukungan dari orang tua.</p> <p>Kata Kunci: Spektrum Autis, Adaptasi perilaku, Pembelajaran tatap muka.</p> </div> </div> </div> Ristania Harwin Verdian, Febrita Ardianingsih ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/46133 Mon, 04 Apr 2022 00:00:00 +0000