https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/issue/feed J+PLUS UNESA 2021-09-20T02:38:58+00:00 Open Journal Systems <p>Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan <strong>J+PLUS</strong><strong>UNESA</strong> merupakan jurnal ilmiah Pendidikan Luar Sekolah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup perkembangan dan penelitian dalam bidang Pendidikan Luar Sekolah.</p><br /> https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42397 HUBUNGAN KUALIFIKASI AKADEMIK DENGAN KOMPETENSI TUTOR DI KURSUS MR.BOB ENGLISH CLUB KAMPUNG INGGRIS PARE KEDIRI 2021-07-29T02:49:35+00:00 Atika Rahmah atikarahmah16010034050@mhs.unesa.ac.id Wiwin Yulianingsih wiwinyulianingsih@unesa.ac.id <p>Pare di Kabupaten Kediri memiliki banyak lembaga kursus bahasa inggris dan dikenal<br>“Kampung Inggris”. Dalam lembaga kursus, peserta didik didampingi oleh tutor agar<br>menghasilkan peserta didik yang mampu menyerap setiap pembelajaran. Tujuan penelitian<br>ini untuk mengetahui besarnya koefisien korelasi kualifikasi akademik dengan kompetensi<br>tutor di kursus Mr.Bob. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan<br>analisis data product moment. Penelitian ini menggunakan teknik populasi jenuh sebanyak<br>42 tutor. Hasil uji normalitas kedua varibel diketahui nilai signifikansi 0,200&gt;0,05 maka<br>berdistribusi normal. Hasil uji linieritas diketahui nilai signifikan deviation from linearity<br>sebesar 0,575&gt;0,05 maka terdapat hubungan yang linier antara kualifikasi akademik dengan<br>kompetensi tutor. Koefisien korelasi dari perhitungan data korelasi product moment sebesar<br>0,736 artinya dua variabel tersebut mempunyai hubungan yang kuat, dengan nilai signifikasi<br>p 0,000&lt;0,05. Artinya, ada korelasi positif signifikan kualifikasi akademik dengan<br>kompetensi tutor.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42399 PENYELENGGARAAN KETERAMPILAN KURSUS MENJAHIT BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN WARGA BELAJAR DI LKP MODES MURIA SIDOARJO 2021-07-29T02:56:31+00:00 Selly Aprilia sellyaprilia16010034005@mhs.unesa.ac.id Yatim Riyanto yatimriyanto@unesa.ac.id <p>Program kursus menjahit adalah salah satu program PLS yang diselenggarakan<br>untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menciptakan sumber daya<br>manusia (SDM) yang berkompeten. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui<br>pelaksanaan program yang dilaksanakan oleh LKP Modes Muria dalam<br>menyelenggarakan keterampilan kursus menjahit berbasis kewirausahaan dalam<br>meningkatkan pendapatan warga belajar di LKP tersebut. Metode penelitian ini<br>adalah deskriptif analitis. Teknik penelitian yang digunakan yaitu studi literatur atau<br>riset kepustakaan yang dianalisis secara induktif. Hasil dari penelitian menunjukkan<br>bahwa adanya penyelenggaraan kursus dan pelatihan di LKP Modes Muria Sidoarjo<br>adalah salah satu program yang sangat diminati masyarakat sekitar Sidoarjo dari<br>berbagai kalangan, terutama kalangan ibu-ibu, dan 3 dari 25 warga belajar sudah<br>membuka jasa menjahit bahkan sampai dikirim keluar pulau (Sulawesi). Dari hasil<br>kursus menjahit tersebut diharapkan para warga belajar mampu bersaing di dunia<br>kerja dan mampu meningkatkan perekonomian di lingkungan keluarga.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42401 MODEL PEMBERDAYAAN PEMUDA DALAM KOMUNITAS KUDA LUMPING DI SANGGAR PERMADI MELATI MOJO KEDIRI 2021-07-29T03:03:34+00:00 M. Rizal Nur Afif m.afif16010034072@mhs.unesa.ac.id Widya Nusantara widyanusantara@unesa.ac.id <p>Model pemberdayaan pemuda merupakan upaya yang dilakukan untuk<br>membangkitkan potensi pemuda agar memiliki berperan serta dalam pembangunan<br>(sebagai kader yang harus dikembangkan). Tujuan penelitian ini untuk<br>mendeskripsikan dan menganalisis model pemberdayaan pemuda dalam komunitas<br>kuda lumping di Sanggar Permadi Melati Mojo Kediri. Penelitian ini menggunakan<br>pendekatan kualitatif. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and<br>Huberman. Subjek penelitian adalah pengurus komunitas kuda lumping, para<br>pemuda komunitas kuda lumping, dan masyarakat sekitar Mojo Kediri. Hasil<br>penelitian menunjukan bahwa model pemberdayaan pemuda dalam komunitas kuda<br>lumping sebagai hiburan, media pendidikan, tempat komunikasi, solidaritas<br>pemuda, dan melestarikan kesenian sehingga mampu membentuk pemuda yang<br>aktif dan kreatif. Faktor pendukung meliputi: tersedianya sarana dan prasarana yang<br>memadahi, memiliki pengurus yang sangat kompeten dalam melatih para pemuda,<br>warga sekitar sanggar yang sangat berpengaruh. Faktor penghambat meliputi:<br>kurangnya minat pemuda untuk melestarikan kesenian kuda lumping dan kerusuhan<br>antar pemuda saat pementasan.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42403 HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C DI SKB GUDO JOMBANG 2021-07-29T03:14:07+00:00 Adam Putra Fatchurrahman Adamfatchurrahman16010034070@mhs.unesa.ac.id Rivo Nugroho rivonugroho@unesa.ac.id <p>Media pembelajaran berbasis e-learning merupakan sebuah terobosan penting bagi<br>sistem pembelajaran konvensional yang saat ini jauh dinilai cenderung<br>membosankankan. SKB Gudo Jombang merupakan lembaga pertama yang<br>menerapkan sistem pembelajaran e-learning di pendidikan non formal khususnya di<br>Jawa Timur. Pemilihan materi yang terkesan jauh lebih baru yang menyebabkan<br>para peserta didik jauh lebih aktif jauh berbeda dengan pembelajaran konvensional<br>pada saat ini. Motivasi belajar warga belajar paket C cenderung berubah-ubah<br>bahkan jauh menurun dengan adanya sistem pembelajaran konvensional yang<br>cenderung membosankan. Tujuan dari diadakannya penelitian ini ialah untuk<br>melakukan penelitian terhadap adanya hubungan media pembelajaran e-learning<br>dengan motivasi belajar warga belajar di SKB Gudo Jombang dengan menggunakan<br>metode analisis data statistik korelasi Rank Spearman. Koefisien korelasi iyang<br>didapat dari perhitungan terhadap data penelitian ini adalah sebanyak 0,7409. Maka<br>dapat disimpulkan jumlah koefisien korelasi yang ditemukan tersebut termasuk<br>dalam kategori yang kuat, dan juga arah korelasi yang ditemukan adalah positif.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42405 PERAN PENGASUH DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI PANTI ASUHAN BONEK SIDOARJO 2021-07-29T03:18:18+00:00 Rizki Ari Nur Cahyo rizkicahyo1@mhs.unesa.ac.id Maria Veronika Roesminingsih roesminingsih@unesa.ac.id <p>Pengasuh adalah orang yang mempunyai kewajiban memberikan perlindungan,<br>kasih sayang, serta mengajarkan kepada anak-anak asuh untuk berinteraksi sosial<br>agar nanti menjadi bekal untuk dirinya sendiri dan juga diharapkan mampu<br>mengontrol perkembangan emosionalnya agar kelak menjadi anak yang memiliki<br>empati, simpati, dan juga tentunya kepribadian yang baik. Salah satu lembaga non<br>formal yang memberikan itu adalah panti asuhan bonek. Tujuan penelitian ini untuk<br>mendeskripsikan dan menganilis peran pengasuh dan perkembangan sosial<br>emosional anak di panti asuhan bonek. Penelitian ini menggunakan metode<br>penelitian kualitatif, informan penelitian ini ada pengasuh dan 3 orang anak panti<br>asuhan. Data yang dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, dan<br>dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display<br>data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan betapa pentingnya peran<br>pengasuh dalam perkembangan social emosional anak di panti asuhan Bonek<br>Sidoarjo.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42406 IMPLEMENTASI PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM PELATIHAN PRAMUWISATA UNTUK MENGEMBANGKAN DESA WISATA DI KAMPUNG LAWAS MASPATI SURABAYA 2021-07-29T03:21:50+00:00 Derianti Fairus Mustain deriantomustain@mhs.unesa.ac.id Suhanadji - suhanadji@unesa.ac.id <p>Terdapat banyak kegiatan pelatihan yang belum menerapkan sebuah pendekatan<br>dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan penerapan<br>pendekatan andragogi pada proses pelatihan pramuwisata, hubungan tutor dengan<br>peserta pelatihan pramuwisata, faktor pendukung dan penghambat penerapan<br>andragogi dalam pelatihan pramuwisata, serta dampaknya terhadap perkembangan<br>desa wisata Kampung Lawas Maspati Surabaya. Penelitian ini menggunakan<br>pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu penyelenggara pelatihan,<br>tutor dan peserta pelatihan pramuwisata. Data dikumpulkan dengan metode<br>wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tahap<br>reduksi data, display data, verifikasi dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan<br>bahwa pelatihan pramuwisata dengan pendekatan andragogi sudah cukup baik.<br>Faktor pendukung pelatihan pramuwisata berupa ruang belajar yang nyaman, tutor<br>yang profesiona, proses pembelajaran 40% materi dan 60% praktik, serta penyesuaian<br>jadwal kegiatan. Sedangkan faktor penghambat yaitu kesibukan peserta didik<br>terhadap aktivitas kerja, lokasi pelatihan di pemukiman padat penduduk, serta<br>dampak dari pelatihan pramuwisata sebagai pengembangan desa wisata Kampung<br>Lawas Maspati Surabaya.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42407 PELAKSANAAN PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KHITOBAH SANTRI PESANTREN IMAM BUCHORI SIDOARJO 2021-07-29T04:25:15+00:00 Gatot Bayu Wibowo gatotwibowo@mhs.unesa.ac.id Heryanto Susilo heryantosusilo@unesa.ac.id <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran inqury yang<br>digunakan oleh Pesantren Imam Buchori Sidoarjo dalam meningkatkan minat<br>belajar khitobah santri. penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif<br>dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya : wawancara mendalam,<br>observasi partisipatif, dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik<br>pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, verifikasi data serta<br>kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti bahwa Pesantren Imam<br>Buchori Sidoarjo adalah pesantren yang unik dalam mendidik santrinya, terutama<br>dalam meningkatkan minat belajar santri pada pembelajaran khitobah, yang mana<br>santri diberi tugas untuk menganalisis dan mencari jawaban dari suatu<br>permasalahan yang ada di masyarakat terkait agama islam, mereka mencari jawaban<br>melalui buku dan literatur yang sudah di tentukan oleh pesantren dan selanjutnya<br>mereka diminta untuk mempresentasikan hasil dari analisi tersebut didepan musyrif<br>(pendamping) maupun asatid (guru).</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42412 PETERNAKAN DAN PENGOLAHAN TELUR BEBEK DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA MELALUI KELOMPOK TANI DI DESA KEBONSARI KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO 2021-07-29T04:27:21+00:00 Satria Yuda Adi Pradana satriapradana@mhs.unesa.ac.id Widya Nusantara widyanusantara@unesa.ac.id <p>Pembangunan Peternakan merupakan suau kegiatan beternak yang dilakukan oleh<br>masyarakat untuk menciptakan hasil ternak yang berdaya saing lokal hingga global.<br>Pemberdayaan masyarakat mampu mengembangkan potensi, mendayagunakan<br>peternak dan pengusaha dari olahan berbahan dasar bebek serta peningkatan<br>pendapatan keluarga melalui kelompok tani. Adanya peningkatan penghasilan yang<br>semula 3 juta rupiah (dibawah upah minimum) namun pada saat ini rata-rata<br>pendapatan sudah 8 juta rupiah (upah minimum 2020 4.3 juta rupiah). Penelitian ini<br>menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik<br>pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif dan<br>dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, kondensasi data,<br>penyajian data, verifikasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa<br>pemberdayaan masyarakat sudah berjalan namun belum berjalan secara maksimal.<br>Oleh karena itu, perlu meningkatkan potensi pengolahan hasil ternak bebek melalui<br>pemberdayaan masyarakat dengan melihat potensi sumber daya yang ada dan<br>meningkatkan popularitas kampung bebek kebonsari sebagai sentra UKM<br>pengolahan telur asin dari kabupaten Sidoarjo.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42436 EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING PADA PROGRAM KEJAR PAKET C PKBM BUDI UTAMA SURABAYA 2021-07-29T07:41:37+00:00 Nisvu Rohmatillah Imamah Imamah.nisvu@gmail.com Soedjarwo - soedjarwo@unesa.ac.id <p>Pembelajaran daring adalah proses belajar yang membutuhkan bantuan teknologi<br>dalam menyukseskan pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran. Efektivitas<br>manajemen pembelajaran daring menjadi salah satu faktor yang dapat mendukung<br>tercapainya pembelajaran. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi<br>menjadi kunci pokok dalam keberhasilan suatu proses pembelajaran. Penelitian<br>dilakukan guna menentukan ada tidaknya hubungan antara efektivitas manjemen<br>pembelajaran daring pada program kejar paket C Budi Utama Surabaya. Peneliti<br>menggunakan kuantitatif yang analisisnya menggunakan statsitik dengan teknik<br>analisis data korelasi product moment. Subjek penelitian ini berjumlah 30 peserta<br>diidk kejar paket C jurusan IPS PKBM Budi Utama Surabaya yang digunakan untuk<br>mengumpulkan data dilakukan dengan isntrumen penelitian berupa angket dan<br>pengukuran skala likert. Hasil dari analisis efektivitas manajemen pembelajaran<br>daring dengan program kejar paket C adalah 0,672 dengan nilai signifikansi sebesar<br>0,00 (p&lt;0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan<br>anatara efektivitas manajemen pembelajaran daring pada proses pembelajaran daring<br>yang dilaksanakan.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42413 PERAN ORANGTUA DALAM PELAKSANAAN LEARN FROM HOME PADA ANAK USIA DINI DI TK A CENDEKIA UPT SKB CERME-GRESIK 2021-07-29T05:45:14+00:00 Rienda Yonika Adisty Rienda.17010034042@mhs.unesa.ac.id Soedjarwo - soedjarwo@unesa.ac.id <p>Pandemi Covid-19 menyebabkan berlakunya kebijakan learn from home. Di dalam<br>situasi ini menuntut keterlibatan orang tua secara maksimal dalam bekerjasama<br>menerapkan kebijakan pemerintah dan mengembalikan hakikat pendidikan anak<br>dalam keluarga dengan optimalisasi fungsi parenting. Penelitian ini bertujuan untuk<br>mengetahui peran orangtua dalam pelaksanaan learn from home pada anak usia dini<br>di TK A Cendekia. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.<br>Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peran orang tua secara umum dalam<br>pelaksanaan learn from home adalah sebagai pendidik, penjaga, pembimbing,<br>pengawas dan pengembang. Secara lebih khusus untuk memastikan anak dalam<br>menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat, serta menaati protokol kesehatan.<br>Latar belakang pendidikan dan pengetahuan yang berbeda tetap menunjukkan<br>bahwa semua orangtua memiliki tujuan yang sama untuk membimbing anak<br>memiliki karakter dan moral yang baik. Orangtua juga menyeimbangkan antara<br>pekerjaan rumah tangga, pekerjaan inti, dan mengurus anak. Di sisi lain, orangtua<br>mengikuti perkembangan teknologi modern untuk menunjang kegiatan<br>pembelajaran daring.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42418 PENGARUH KOMUNIKASI TUTOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B 2021-07-29T05:55:44+00:00 Nur Afiatur Rochmah nur.17010034049@mhs.unesa.ac.id Rivo Nugroho rivonugroho@unesa.ac.id <p>Pembelajaran daring berdampak pada penurunan konsentrasi beberapa warga<br>belajar Paket B di UPTD SPNF SKB Sidoarjo dalam mengikuti pembelajaran<br>sehingga mengalami penurunan prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk<br>mendeskripsikan pengaruh komunikasi tutor terhadap motivasi belajar warga belajar<br>pendidikan kesetaraan Paket B UPTD SPNF SKB Sidoarjo. Metode yang<br>digunakan adalah deskriptif kuantitaif, sampel berjumlah 24 warga belajar.<br>Pengumpulan data menggunakan angket berskala likert. Teknik analisis data<br>menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan uji t. Hasil penelitian<br>menunjukkan Y = 14.103 + 1.079 X. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai<br>Fhitung &gt; Ftabel yaitu 9,6 &gt; 4,0. Artinya komunikasi tutor yang efektif<br>berpengaruh terhadap motivasi belajar warga belajar pendidikan kesetaraan paket<br>B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar warga<br>belajar Paket B dipengaruhi oleh komunikasi tutor yang efektif, sehingga semakin<br>efektif komunikasi tutor dengan peserta didik, maka semakin tinggi motivasi belajar<br>warga belajar Paket B UPTD SPNF SKB Sidoarjo.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42423 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PESERTA DIDIK PAKET B PKBM HOMESCHOOLING PENA SURABAYA 2021-07-29T06:32:18+00:00 Bayu Aji Handoko bayupuji58@gmail.com Heru Siswanto herusiswanto@unesa.ac.id <p>Selama masa pandemi Covid-19, pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap<br>muka berganti secara daring baik pada lembaga pendidikan formal dan nonformal.<br>Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan efektivitas pembelajaran daring pada<br>pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kelas kreatif dan kelas memasak. Penelitian ini<br>merupakan jenis penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif.<br>Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini<br>terdiri dari pendidik/tutor kesetetaraan kejar paket B selaku penyelenggara kegiatan<br>ekstrakurikuler kelas kreatif dan juga kelas memasak, kemudian ada peserta didik<br>kesetaraan kejar paket B selaku peserta. Teknik pengumpulan data dilakukan<br>dengan wawaancara, observasi dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini<br>menunjukan: (1) pembelajaran daring; (2) pelaksanaan pembelajaran daring pada<br>ekstrakurikuler kelas kreatif dan kelas memasak; (3) faktor pendukung dan faktor<br>penghambatan pembelajaran daring pada ekstrakurikuler kelas kreatif dan kelas<br>memasak; (4) manfaat ekstrakurikuler kelas kreatif dan kelas memasak; dan (5)<br>efektivitas pembelajaran daring pada ekstrakurikuler kelas kreatif dan kelas<br>memasak.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42425 MODEL PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI MASA PANDEMI COVID-19 DI PKBM BUDI UTAMA SURABAYA 2021-07-29T06:42:18+00:00 Ayu Nur Azizah Permadi ayu.17010034012@mhs.unesa.ac.id Soedjarwo - soedjarwo@unesa.ac.id <p>Penelitian ini mendeskripsikan tentang proses pembelajaran di masa pandemi covid 19 pada<br>Kesetaraan Paket C di Pkbm Budi Utama Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian field<br>research atau penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Subjek dari penelitian ini terdiri<br>dari pengelola, pendidik/tutor dan peserta didik Kesetaraan Kejar Paket C. Teknik<br>pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara secara<br>Daring guna mencegah penyebaran virus covid 19, observasi partisipatif, dan dokumentasi.<br>Hasil dari penelitian tentang model pembelajaran transformatif pada Pendidikan Kesetaraan<br>Paket C di masa pandemi Covid-19 di PKBM Budi Utama Surabaya, maka dapat<br>disimpulkan bahwa perubahan dari model pembelajaran konvensional ke model<br>pembelajaran daring yang di lakukan. Terdapat beberapa kendala selama proses<br>pembelajaran daring yang dilakukan di Pendidikan Kesetaraan Paket C, salah satunya<br>kurang efektif penyampaian materi karena pendidik tidak dapat mengetahui peserta didik<br>dapat memahami materi atau sebalikya, pengumpulan tugas yang kurang tepat waktu karena<br>jam kerja peserta didik yang berbeda-beda ikut berpengaruh dalam proses pembelajaran.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42426 KEPUASAN ORANG TUA PADA PROGRAM PARENTING DALAM JARINGAN DI PAUD KHADIJAH WONOREJO 2021-07-29T06:45:19+00:00 DEWI NOVITA SARI dewi.17010034044@mhs.unesa.ac.id Rivo Nugroho rivonugroho@unesa.ac.id <p>Salah satu jenjang pendidikan yang terdampak pada masa pandemi covid-19 adalah<br>pendidikan anak usia dini (PAUD), yang harus dilaksanakan secara dalam jaringan<br>(daring). Dalam pembelajaran siswa PAUD tidak dapat melaksanakannya secara mandiri,<br>mereka membutuhkan keterlibatan orang tua sebagai pendamping. Sehingga, dibutuhkan<br>kerjasama yang baik antara lembaga PAUD dengan orang tua, untuk itu dibutuhkan<br>program parenting daring. Pada program parenting daring kualitas layanan harus baik agar<br>memberikan kepuasan yang maksimal untuk orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk<br>mengetahui kepuasan orang tua pada program parenting daring. Penelitian ini merupakan<br>penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei deskriptif dengan teknik analisis<br>Wilcoxon Signed Rank Test. Responden penelitian ini adalah orang tua siswa PAUD<br>Khadijah Wonorejo berjumlah 14 orang tua. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan<br>orang tua PAUD Khadijah Wonorejo pada program parenting daring dimensi assurance<br>(jaminan), emphaty (empati), dan responsivenes (ketanggapan) adalah puas karena semua<br>indikator memiliki taraf signifikasi &gt; 0,05 sehingga 𝐻0 diterima. Pada dimensi tangiable<br>(bukti fisik) orang tua tidak puas dibuktikan dengan dari 8 indikator, 6 indikator memiliki<br>taraf signifikasi &lt; 0,05 sehingga 𝐻1 diterima. Pada dimensi reability (keandalan) puas<br>karena semua indikator memiliki taraf signifikasi &gt; 0,05 sehingga pada dimensi ini orang<br>tua puas dan terdapat satu indikator yang sangat puas.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42427 KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA ANAK USIA DINI DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PRAMBANGAN 2021-07-29T07:03:51+00:00 PUTRI EPRILITA ARGATA putri.17010034028@mhs.unesa.ac.id Suhanadji - suhanadji@unesa.ac.id <p>Pandemi COVID-19 memberikan dampak pada seluruh tatanan kehidupan<br>manusia tidak terkecuali sektor pendidikan. Pemerintah Indonesia mengeluarkan<br>program School From Home. Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh terutama<br>pada anak usia dini sangat diperlukan keterlibatan orang tua di dalamnya guna<br>mendampingi agar proses pembelajaran tetap berlangsung sebagaimana mestinya.<br>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlibatan orang tua dalam<br>pendampingan pembalajaran jarak jauh pada anak usia dini. Penelitian ini<br>merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan<br>dengan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa<br>keterlibatan orang tua dalam pendampingan pembelajaran jarak jauh pada anak usia<br>dini di TK Dharma Wanita Persatuan Prambangan termasuk sangat baik dengan<br>persentase 89,38%. Hal ini sesuai dengan banyaknya orang tua yang menjawab<br>selalu sebesar 58,65%, yang menjawab sering sebesar 19,96%. Bentuk keterlibatan<br>orang tua meliputi kegiatan pendidikan orang tua (parenting), komunikasi dengan<br>guru dan anak, kegiatan sukarelawan (voluntering) di sekolah, pembelajaran di<br>rumah, kegiatan kerjasama serta pengambilan keputusan</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42429 HUBUNGAN ANTARA PROGRAM PARENTING DAN POLA ASUH ANAK USIA DINI DI UPTD SKB MAGETAN 2021-07-29T07:19:56+00:00 Ah. Rofiu Syakir ahmadrofiu29@gmail.com Maria Veronika Roesminingsih roesminingsih@unesa.ac.id <p>Orang tua sebagai pelaku parenting education sudah menjadi kewajaran bila memiliki<br>kemampuan dalam mendidik, mengasuh, merawat, dan memberikan kasih sayang. Anak yang<br>memiliki tumbuh kembang sesuai dengan usia dan masa perkembangan maka akan menjadikan<br>anak memiliki kemampuan dan kualitas untuk menjadi manusia masa depan. Pola pengasuhan<br>orang tua yang baik dan sesuai dengan masa perkembangan anak merupakan langkah nyata<br>orang tua dalam mempersiapkan anak menuju kedewasaan. Selain itu anak akan menjadi<br>individu yang memiliki kepribadiaan secara sosial di masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk<br>mengetahui hubungan parenting education dan pola asuh anak usia dini di UPTD SKB<br>Magetan. Penelitian ini menggunakan metode dan pendekatan penelitian kuantitatif dengan<br>jenis penelitian korelasional. Responden pada penelitian ini berjumlah 30 orang (wali murid).<br>Sedangkan teknik pengumpulan data selama penelelitian dengan menggunakan kuesioner dan<br>dokumentasi. Pada analisis data menggunakan rumus kolerasi product moment. Hasil<br>penelitian ini menunjukkan r hitung lebih besar dari r tabel (0,686&gt;0,361). Sehingga hubungan<br>kedua variabel termasuk dalam kategori kuat (interval 0,60-0,779), hasil uji signifikan t lebih<br>besar t tabel (6,855&gt;2,048) sehingga dapat di simpulkan terdapat hubungan yang positif dan<br>signifikan antara program parenting education dan pola asuh anak usia dini.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42430 HUBUNGAN PERAN KOMUNITAS LITERASI SOKOLA PELANGI DAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DIMASA PANDEMI COVID 19 2021-07-29T07:22:19+00:00 Siti Lailatul Muslikah sitilailatulmuslikah@gmail.com Wiwin Yulianingsih wiwinyulianingsih@unesa.ac.id <p>Komunitas literasi Sokola Pelangi didirikan sebagai wujud kepedulian untuk membangun<br>kesadaran motivasi belajar. Sokola Pelangi hadir untuk memberikan pelayanan literasi untuk<br>anak-anak (belajar, membaca, menulis, menggambar, membuat karya, dan lain-lain). Sokola<br>Pelangi mengedepankan motivating by enticement sebagai cara pemberian motivasi kepada<br>peserta didik. Motivating by enticement merupakan cara pemberian motivasi dengan ajakan<br>atau bujukan untuk melakukan tingkah laku tertentu dengan memberikan harapan tertentu<br>pula. Kesadaran tentang motivasi belajar ini dibangun karena minimnya minat belajar anakanak<br>didaerah tersebut, terlebih pada minimnya mindset untuk meraih cita-cita yang tinggi.<br>Apalagi jika dihadapkan dengan situasi pandemi seperti saat ini. Tujuan penelitian ini ialah<br>untuk mendeskripsikan apakah ada hubungan secara signifikan antara peran komunitas<br>literasi Sokola Pelangi dan motivasi belajar anak dimasa pandemi covid 19. Penelitian ini<br>menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini<br>berjumlah 74 orang yang terdiri dari keseluruhan orangtua dari peserta didik komunitas literasi<br>Sokola Pelangi mulai dari usia 4 tahun hingga 13 tahun. Dari 74 populasi tersebut dilakukan<br>penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan probality sampling yang<br>menghasilkan sample sebanyak 61 orangtua. Peneliti menggunakan metode pengumpulan<br>data berbentuk angket atau kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Uji analisis yang<br>digunakan dalam penelitian ini ialah Korelasi Product Moment, untuk mengetahui apakah<br>ada hubungan secara signifikan antara peran komunitas literasi sokola pelangi dan motivasi<br>belajar anak dimasa pandemi covid 19. Dari hasil analisis data penelitian menyatakan bahwa<br>peran komunitas literasi Sokola Pelangi memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi<br>belajar anak yang ditunjukkan dari nilai pearson correlation SPSS 26 sebesar 0,415</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42437 PELAKSANAAN PELATIHAN MITIGASI BENCANA DALAM MEPERSIAPKAN DIRI MENUJU TINGKAT PANDEGA DI UKM PRAMUKA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2021-07-29T07:45:05+00:00 Devi Oktaviana devi.17010034056@mhs.unesa.ac.id I Ketut Atmaja Johny Artha ketutatmaja@unesa.ac.id <p>Pramuka Universitas Negeri Surabaya ada pelatihan mitigasi bencana sebagai ladang untuk<br>mendapatkan ilmu tambahan. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pelaksanaan pelatihan<br>mitigasi bencana termasuk cara penanganan bencana di Pramuka Universitas Negeri<br>Surabaya, persiapan diri dalam menuju tingkat pandega, partisipasi anggota, faktor<br>penghambat dan pendukung serta tindak lanjut dari pelatihan mitigasi bencana sebagai upaya<br>meningkatkan kuantitas pandega Pramuka Universitas Negeri Surabaya. Dalam penelitian ini<br>menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak tujuh orang terdiri dari<br>satu penanggung jawab, satu pelatih, satu pemangku adat, satu ketua dewan racana, dan tiga<br>anggota yang mengikuti pelatihan mitigasi bencana. Teknik pengumpulan data yang<br>digunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian ini<br>menggunakan pedoman wawancara, peneliti dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan<br>di Pramuka Universitas Negeri Surabaya. Analisis data menggunakan kondensasi data,<br>display data, verifikasi dan simpulan. Sedangkan teknik yang digunakan untuk keabsahan data<br>kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas dan tranfetabilitas. Hasil Penelitian menunjukkan<br>bahwa pelaksanaan pelatihan mitigasi bencana termasuk cara penanganan bencana berjalan<br>dengan baik, sesuai tahapan yang ditetapkan yakni penentuan kebutuhan pelatihan, desain<br>program pelatihan, dan evaluasi program pelatihan. Tindak lanjut dari pelatihan mitigasi<br>bencana secara online yaitu peserta mampu membagikan informasi hasil pelatihan kepada<br>orang lain, masyarakat disekitarnya. Sedangkan tindak lanjut secara offline mereka mampu<br>terjun langsung jika terjadi bencana seperti saat ini dan beberapa sudah ikut terjun membantu<br>masyarakat terdampak bencana serta bergabung untuk berkolaborasi dengan relawan bencana<br>lain.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42431 HOMESCHOOLING SEBAGAI ALTERNATIF PENDIDIKAN UNTUK ANAK TK DAN SD PADA MASA PANDEMI COVID-19 2021-07-29T07:27:28+00:00 Yulia Eire Rima Melati yulia.17010034001@mhs.unesa.ac.id Suhanadji - suhanadji@unesa.ac.id <p>Pandemi covid-19 menyebar ke berbagai dunia memberikan dampak signifikan terhadap bidang pendidikan.<br>Kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah untuk mencegah penyebaran covid-19. Proses pembelajaran yang<br>dilakukan di rumah melibatkan orang tua sebagai pendidik. Covid-19 tidak memberikan dampak yang besar<br>terhadap praktisi homeschooling tunggal, majemuk, maupun komunitas karena terbiasa terlibat dalam proses<br>pembelajaran anak secara penuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan orang tua yang<br>menjalankan homeschooling secara mandiri terhadap pembelajaran anak selama pandemi covid-19. Penelitian<br>ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian sebanyak 50 orang tua yang<br>memilih menjalankan homeschooling secara mandiri tanpa menggunakan jasa lembaga homeschooling seperti<br>homeschooling Kak Seto, Primagama, Pena, dan lain-lain. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan<br>proporsional random sampling, serta analisis data dengan descriptive statics frequencies dan persentase. Uji<br>validitas menggunakan koefesien reprodusibilitas dan koefisien skalabilitas dan Uji reliabilitas menggunakan<br>Alfa Cronbach. Penelitian ini menujukkan hasil persentase rata-rata keterlibatan orang tua sebesar 71,7% yang<br>menunjukkan keterlibatan orang tua dalam homeschooling anaknya yaitu baik dan hasil persentase rata-rata<br>pada pembelajaran homeschooling sebesar 86,83% yang menunjukkan orang tua telah menerapkan sangat baik<br>dalam proses pembelajaran untuk anak homeschooling.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42432 KORELASI PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN TAMBAK OSOWILANGUN KECAMATAN BENOWO SURABAYA 2021-07-29T07:29:16+00:00 Ramadhan Revina Zara ramadhan.17010034033@mhs.unesa.ac.id Suhanadji - suhanadji@unesa.ac.id <p>Dalam meningkatkan kapasitas dan mendorong produktivitas masyarakat, strategi yang dipilih sebagai upaya<br>keberhasila ialah peningkatan kemampuan dasar masyarakat miskin untuk meningkatkan pendapatan melalui<br>langkah perbaikan, usaha, teknologi, perluasan serta informasi pasar. Rumusan masalah pelitian ini ialah,<br>adakah korelasi penerapan teknologi infomasi dengan pemberdayaan masyarakat di wilayah Tambak<br>Osowilangun. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar koefisien korelasi penerapan<br>teknologi informsi dengan pembeerdayaan masyarakat serta mengidentifikasi pemberdayaan masyarakat<br>dalam penerapan teknologi informasi sebagai alat pendukung dan alat bantu masyarakat dalam menjalankan<br>serta mengembangkan usaha dan jasa masyarakat wilayah Kecamatan Tambak Osowilangun. Penelitian ini<br>merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi product moment. Populasi penelitian adalah<br>masyarakat produktif dengan usia 15-64 tahun sebanyak 45 warga di wilayah Kecamatan Tambak<br>Osowilangun yang memiliki usaha dan jasa. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan adanya<br>hubungan antara penerapan teknologi infomasi dengan pemberdayaan masyarakat di wilayah Kelurahan<br>Tambak Osowilangaun Surabaya. bersumber pada nilai r hitung yang memperoleh angka sebesar 0,760 lebih<br>besar dari nilai r tabel 0,294. Dengan hal itu dapat dikatakan bahwa penerapan teknologi informasi dengan<br>pemberdayaan masyarakat mempunyai hubungan ataupun korelasi yang berkategori kuat.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42433 IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ANDRAGOGI TERHADAP PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN LEMBAGA KORP PELAJAR PUTRI (L-KPP) PASURUAN 2021-07-29T07:32:16+00:00 Irawati Azizah irawati.17010034064@mhs.unesa.ac.id widodo - widodo@unesa.ac.id <p>Artikel ini di tulis sebgaai laporan Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan<br>menganalisis implementasi prinsip -prinsip andragogi pada pelaksanaan pendidikan dan pelatihan Lembaga<br>Korp Pelajar Putri (L-KPP) Pasuruan. Pada kesempatan ini peneliti menggunakan metode penelitian<br>evaluasi (evaluation research) dengan model evaluasi responsive stake dan pendekatan deskriptif kualitatif<br>dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek yang<br>diambil ialah peserta diklat, pengelola, dan instruktur diklat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada<br>penerapan pendidikan andragogi sendiri dapat dikatakan perlu banyak berbaikan Pertama, tujuan atau<br>capaian yang mengacu pada kebutuhan bidang garap perlu untuk dielaborasikan dengan kebutuhan yang<br>ingin dipelajari dan dikuasai peserta diklat, karena sejatinya pendidikan merupakan process of becoming a<br>person. Maka program diklat harus memfasilitasi peserta agar dapat mengaktualisasi diri dan menyiapkan<br>peserta agar lebih cakap dan kreatif dalam menghadapi permasalahan saat terjun bermasyarakat. Hal ini<br>tidak tercapai disebabkan peran instruktur yang belum memahami penuh prinsip-prinsip pendidikan<br>andragogi, sehingga pada tahap persiapan rancangan diklat tidak terelaborasikan dengan baik berdasarkan<br>prinsip andragogi, yang berdampak pada kualitas diklat dan lulusan diklat yang masih belum optimal.<br>Kedua, Jumlah peserta yang terlalu banyak yakni 50 orang tidak sebanding dengan tenaga instruktur yang<br>dimiliki, hal ini berdampak pada peran instruktur sebagai pendamping tidak tercapai dengan baik dan<br>pendekatan yang sulit terbangun dengan kapasitas peserta yang tergolong banyak. Maka dirasa perlu untuk<br>melakukan seleksi terhadap peserta diklat atau pembatasan jumlah peserta agar tercapainya pembelajaran<br>yang kondusif.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42434 PERAN TUTOR DALAM MENGANALISIS KEBUTUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LBB PRIMANESA KECAMATAN JAMBANGAN KOTA SURABAYA 2021-07-29T07:34:37+00:00 Nurmalita Adzeng Pramessy nurmalita.17010034079@mhs.unesa.ac.id Wiwin Yulianingsih wiwinyulianingsih@unesa.ac.id <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang berdampak pada aspek pendidikan. Tidak<br>hanya pada pendidikan formal namun pendidikan non formal juga berpengaruh. Akibatnya pergerakan<br>lembaga bimbingan belajar menjadi terbatas dikarenakan terhimpit masa pandemi. Seluruh aspek pendidikan<br>terdampak mengharuskan pembelajaran secara daring. Hal ini menyebabkan lembaga bimbingan belajar<br>dituntut untuk menyesuaikan kebutuhan belajar peserta didik dengan kondisi yang berbeda dari sebelumnya<br>agar tetap dapat mendampingi belajar peserta didik selain di pendidikan formal. Tujuan dari penelitian ini<br>ialah untuk mengetahui dan memahami peran tutor LBB Primanesa dalam menganalisis kebutuhan belajar<br>peserta didik di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif. Teknik<br>pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara berupa mengajukan daftar pertanyaan pada tutor<br>melalui google form. Analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data<br>dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan yakni menjelaskan bahwa peran tutor LBB<br>Primanesa dalam menganalisis kebutuhan belajar peserta didik telah terlaksana dengan baik sehingga<br>kebutuhan belajar peserta didik dapat terpenuhi. Tutor melaksanakan perannya sebagai pengajar dengan<br>menunjang pembelajaran jarak jauh ketika proses pembelajaran tutor menyediakan alat atau media<br>pembelajaran untuk menunjang pembelajaran peserta didik di masa pandemi ini berupa modul online yang<br>dilengkapi dengan aplikasi zoom meeting beserta pen digital. Menjalankan perannya sebagai fasilitator<br>dengan memberikan bimbingan kepada peserta didik sehingga peserta didik tidak menjadi tertekan dan dapat<br>mencapai keberhasilannya dalam belajar. Sebagai motivator, tutor membangkitkan minat peserta didik<br>dengan cara ketika mengawali kegiatan belajar memberikan penguatan berupa motivasi untuk peserta didik<br>dan memberikan semangat kepada peserta didik, bahwa dengan pembelajaran daring selama pandemi bukan<br>menjadi halangan bagi mereka untuk terus belajar.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42801 PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TAMAN POSYANDU MELATI GUMENO 2021-09-01T11:29:39+00:00 Aisyatul Afiyah aisyatul.17010034078@mhs.unesa.ac.id Gunarti Dwi Lestari Gunartidwilestari@unesa.ac.id <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Pandemi Covid-19 menyebabkan kementerian pendidikan dan kebudayaan mengganti kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem online. Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh pembelajaran online selama pandemi Covid-19 terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia dini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan desain survey angket tertutup, di mana responden memilih jawaban yang sudah tersedia pada setiap pernyataan melalui <em>Google Form</em> di group <em>WhatsApp</em> orang tua Taman Posyandu Melati Gumeno. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan Inferensial dengan uji Regresi Linier Sederhana. Orang tua selaku pendamping anak selama pembelajaran online dan Anak Usia 2-3 tahun sebagai responden penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi orang tua dari pembelajaran online itu sangat kecil terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia dini. Yakni sebesar 38% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya pengaruh teman sebaya, usia yang menyulitkan yakni anak tidak bisa menuruti kata orang tua, anak lebih terpengaruh teman-temannya dan anggota keluarga lain. Jadi hasil menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini ditolak.</p> <p>&nbsp;</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42802 EFEKTIFITAS PERAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA 12-15 TAHUN DALAM BDR DI DESA RANDUAGUNG KECAMATAN GRESIK 2021-09-01T11:32:20+00:00 Charisma Meizena charismameizena@gmail.com Wiwin Yulianingsih wiwinyulianingsih@unesa.ac.id <table> <tbody> <tr> <td> <p>Di masa pandemi Covid 19 dibutuhkan peran orang tua untuk meningkatkan minat belajar anak ketika belajar dari rumah berlangsung. Minat adalah hal yang sangat penting dalam pendidikan. Dengan adanya minat, anak akan sangat mudah menerima hal baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas peran orang tua selama anak belajar dari rumah terhadap minat belajar anak selama melakukan belajar dari rumah . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Uji validitas menggunakan korelasi <em>product moment </em>sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan <em>Cronbach Alfa .</em> Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu orang tua yang memiliki anak umur 12-15 tahun di desa Randuagung Gresik sebanyak 30 orang. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dan analisis data menggunakan korelasi <em>Product Moment</em>. Teknik pengambilan data menggunakan metode angket skala likert. Hasil dari analisis efektifitas peran orang tua terhadap minat belajar anak dalam BDR (Belajar Dari Rumah) menunjukkan tingkat koefisien korelasi 0,781 dengan signifikansi sebesar 0,05(p&lt;0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara efektifitas peran orang tua dan minat belajar anak dalam BDR (Belajar Dari Rumah).</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42803 PENDAMPINGAN ORANG TUA REMAJA BROKEN HOME PADA PEMBELAJARAN DARING DI PKBM HOMESCHOOLING PENA, SURABAYA 2021-09-01T11:34:39+00:00 Prita Fitriany Ziaurrochma prita.17010034084@mhs.unesa.ac.id Rivo Nugroho rivonugroho@unesa.ac.id <p>Peran orang tua merupakan hal terpenting selama pembelajaran di rumah melalui daring dalam mendampingi anak sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19. Pendampingan orang tua dapat memberikan dampak terhadap kompetensi belajar anak, seperti mengalami peningkatan maupun penurunan prestasi selama pembelajaran daring. Dalam keadaan rumah tangga yang <em>broken home</em> seharusnya tidak menjadi hambatan tanggung jawab orang tua dalam peran pendampingan orang tua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menemukan adanya fenomena peran orang tua dalam mendampingi anak. Adanya keterkaitan rumah dan sekolah dalam lingkungan modern, seharusnya tidak ada batasan yang ditarik di antara keduanya, yakni meliputi orang tua memberikan pendidikan informal di rumah dan guru memberikan pendidikan yang lebih formal di sekolah. Orang tua dominan kurang intens terhadap anak saat kegiatan pembelajaran di rumah atau secara daring berlangsung. Karena adanya faktor orang tua yang memiliki kesibukan masing-masing, hingga kurang adanya perhatian serta motivasi untuk anak agar dapat meningkatkan kompetensi belajar dan rasa jenuh. Serta orang tua yang kurang paham akan karakteristik dan perkembangan anak dalam kebutuhan belajarnya. Sesaat anak sudah selesai melakukan kegiatan pembelajaran daring dengan sekolahnya, orang tua menanyakan keadaan belajar. Tetapi hal itu tidak menjadi patokan yang kuat untuk memperhatikan anak dalam pencapaian belajar, terkait memahami proses belajar anak. Dengan ini, anak berhak mendapatkan bimbingan serta pendampingan penuh dari keluarganya yang memiliki fungsi sebagaimana wajarnya dalam cara mengasuh anak.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42804 PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI UPT SKB CERME KAB. GRESIK 2021-09-01T11:37:22+00:00 Rona Zalfa Ardika rona.17010034004@mhs.unesa.ac.id Yatim Riyanto yatimriyanto@unesa.ac.id <p>Pandemi Covid-19 memiliki dampak besar pada banyak pihak, terutama pada dunia pendidikan. Pemerintah membuat kebijakan pada semua lembaga pendidikan dengan pelaksanaan pembelajaran daring guna mengurangi penularan dan penyebaran Covid-19. Tujuan dari penelitiaan ini yaitu mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring pada pendidikan kesetaraan paket C di UPT SKB Cerme Kab. Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini menggunakan angket tertutup berupa pernyataan dan angket terbuka melalui <em>G</em><em>oogle </em><em>F</em><em>orm.</em> Sampel penelitian sejumlah 22 yang terdiri dari tutor dan pengelola pendidikan kesetaraan paket C di UPT SKB Cerme Kab. Gresik. Hasil dalam penelitian diketahui bahwa pendidikan kesetaraan paket C ini menggunakan kurikulum 2013, serta dalam pelaksanaan pembelajaran daring tutor menggunakan media berbasis <em>platform WhatsApp Group, zoom, </em>dan <em>Google Meet, </em>guna membantu dan memudahkan pembelajaran, serta tutor menggunakan strategi belajar yang inovatif dalam implementasi kurikulum 2013, sehingga tidak membuat peserta didik merasa jenuh. Pelaksanaan pembelajaran daring ini terdapat faktor pendukung antara lain: modul dan perangkat lunak atau aplikasi penunjang pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat pelaksanan pembelajaran daring antara lain: kuota internet habis dan jaringan internet tidak stabil, masih belum meratanya fasilitas internet di daerah peserta didik tinggal.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42805 PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET B DI SKB KABUPATEN SIDOARJO 2021-09-01T11:40:03+00:00 Shanti Khoiril Umami shantikhoirilumami@gmail.com Maria Veronika Roesminingsih roesminingsih@unesa.ac.id <p class="abstrak" style="margin: 0cm -13.9pt .0001pt 0cm;"><span lang="EN-US" style="font-size: 9.0pt; font-family: 'Calisto MT',serif;">Pandemi Covid-19 tidak hanya dirasakan oleh penduduk Indonesia, namun hampir di seluruh penjuru dunia. Pemberlakuan kebijakan Pendidikan Jarak Jauh merupakan salah satu wujud implikasi dari pengaruh nyata Covid-19 yang memiliki dampak multidimensi. Metode pembelajaran yang dilakukan tentunya tetap menuntut tutor untuk dapat memberikan pengajaran yang baik dan juga efisien walaupun pembelajaran dilaksanakan di rumah masing-masing dengan memanfaatkan sejumlah platform sehingga interaksi antara tutor dan peserta didik dapat tetap terjalin. Pembelajaran daring tersebut menggunakan Platform melalui aplikasi WhatsApp dan Google Classroom. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini yakni guna mengkaji pembelajaran daring yang dilaksanakan di SKB Kabupaten Sidoarjo apakah sudah berjalan dengan baik. Subyek yang diambil adalah peserta didik kesetaraan Paket B dan Tutor Kesetaraan Paket B. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada peserta didik Kesetaraan Paket B dan kendala teknis yang dihadapi peserta didik Kesetaraan Paket B selama pembelajaran daring. Kemudian teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejauh ini peserta didik belum merasa puas dengan pembelajaran daring yang dilaksanakan. Hal tersebut dibuktikan dengan sejumlah kendala yang muncul selama pembelajaran daring.</span></p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42806 TRANSFORMASI MODEL PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 2021-09-01T11:42:26+00:00 TINESYAH IQLIMA AZZIANA Tinesyah.17010034013@unesa.ac.id Heru Siswanto herusiswanto@unesa.ac.id <p>Sektor pendidikan merupakan salah satu sektor yang terdampak covid-19. Dengan adanya pandemi proses pembelajaran terhambat karena adanya beberapa protokol kesehatakan yang diwajibkan oleh pemerintah. Namun, pendidikan harus tetap berjalan, meskipun dengan menggunakan model pembelajaran yang berbeda dengan sebelum adanya pandemi ini. Pendidik dituntut untuk melakukan proses pembelajaran sebagaimana mestinya. Model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi saat ini harus digunakan untuk menyampaikan materi yang telah disusun. Proses pembelajaran merupakan suatu proses interaksi yang terjati antara pendidik dan pesertadidiknya, interaksi dapat dilakukan secara langsung (tatap muka) maupun tidak langsung. Misalnya, penggunaan media pembelajaran di aplikasi untuk kegiatan pembelajaran. Pembelajaran online merupakan mode pembelajaran yang dipilih oleh PKBM Budi Utama Surabaya dalam pandemi Covid-19 saat ini. Ceramah dan diskusi kelompok adalah model pembelajaran yang dikenali sebelum pandemi. Selama pandemi Covid-19, gunakan aplikasi Google Kelas untuk mengubah model pembelajaran menjadi model pembelajaran online.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42811 AKSES SEKOLAH PADA ANAK USIA DINI DAN PERBEDAAN KEMAMPUAN FISIK DAN BAHASA DI DESA SONGOWARENG 2021-09-01T14:40:20+00:00 ANIS WAHYUNINGSIH Anis.17010034021@mhs.unesa.ac.id Sjafiatul Mardliyah sjafiatulmardliyah@unesa.ac.id <p>Masa anak-anak terjadi pertumbuhan dasar yang akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Pada masa balita ini perkembangan kemampuan fisik motorik dan bahasa berjalan secara beriringan. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang untuk mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perbedaan perkembangan fisik motorik dan bahasa anak yang bersekolah dan tidak bersekolah. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Dari kajian yang diperoleh hasil bahwa perkembangan fisik dan bahasa anak usia dini yang mengikuti PAUD lebih baik dari pada perkembangan fisik dan bahasa anak usia dini yang tidak mengikuti PAUD, terdapat faktor internal yang mempengaruhi yaitu setiap informan atau setiap anak memiliki latar belakang orang tua yang berbeda, serta pola asuh yang diterapkan setiap orang tua juga berbeda ,serta teman atau lingkungan anak.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42812 KONSEP ANDRAGOGI DALAM PEMBELAJARAN KURSUS DAN PELATIHAN JARAK JAUH: STUDI LITERATUR 2021-09-01T14:43:04+00:00 Khansa R. Rahim khansarahim@mhs.unesa.ac.id widodo widodo widodo@unesa.ac.id <p>Selama pandemi Covid-19, banyak kursus dan pelatihan yang diikuti orang dewasa<br>secara online. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan prinsip<br>andragogi dalam program pelatihan online terutama yang dilaksanakan selama<br>masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literature dan<br>wawancara semi-terstruktur menggunakan kerangka teoritis teori andragogi<br>Malcom Knowles dan lima desain penerapan andragogi Conti. Dari hasil penelitian<br>didapatkan bahwa teori andragogy beranggapan bahwa pembelajaran dan<br>pendidikan orang dewasa berpusat terhadap diri peserta didik. Dalam artikel ini<br>dituliskan bagaimana pendekatan andragogi dapat digunakan dalam pembelajaran<br>daring diikuti oleh orang dewasa. Pembelajaran dilakukan menggunakan ciri<br>khusus orang dewasa sebagai peserta didik dalam progran kursus dan pelatihan.<br>Dalam penerapan teori andragogy, fasilitator diharuskan untuk melibatkan peserta<br>didik dalam proses identifikasi, perencanaan, pelaksanaan hingga proses evaluasi.<br>Terlibatnya orang dewasa dalam banyak aspek program dilakukan untuk<br>menghormati memiliki citra diri dan kondisi yang harus dipertimbangkan fasilitator<br>untuk mencapai tujuan program pendidikan dan pembelajaran orang dewasa.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42813 HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN GAYA BELAJAR DI RUMAH PADA ANAK USIA DINI DI PAUD FASTABAQUL KHOIRAT SAMBENG 2021-09-01T14:45:37+00:00 Sindy Indayani sindyindayanii@gmail.com Rivo Nugroho rivonugroho@unesa.ac.id <p>Gaya belajar atau modalitas belajar ialah teknik belajar yang paling disukai anak. Gaya belajar<br>sangat penting dipahami oleh orang tua. Sebab setiap individu mempunyai gaya belajar berbeda.<br>Perbedaan gaya belajar yang dialami setiap anak dapat dipengaruhi oleh berbagai macam hal,<br>salah satunya ialah penerapan pola asuh orang tua yang berbeda. Mengenal dan memahami gaya<br>belajar anak, akan mempermudah orang tua dalam mendampingi belajar di rumah. Penelitian ini<br>dibuat dengan tujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan gaya belajar di<br>rumah pada Anak Usia Dini di PAUD Fastabaqul Khoirat Sambeng. Penelitian ini menggunakan<br>penelitian kuantitatif yang analisisnya menggunakan statistika dengan teknik analisis data korelasi<br>product moment. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 30 orang tua dari peserta didik PAUD<br>Fastabaqul Khoirat Sambeng. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan skala<br>likert. Uji validitas dan reabilitas dengan rumus pada SPSS 24.00 dengan tingkat kesalahan atau<br>taraf signifikansi 5%. Uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-smimov dan linieritas dengan<br>signifikansi kurang dari 0,05% di spss 24.00. Selanjutnya uji hipotesis dengan statistic inferensial<br>dengan rumus Korelasi Pearson Produk Moment. Hasil dari analisis antara pola asuh orang tua<br>dengan gaya belajar di rumah menunjukkan bahwa tingkat koefisien korelasi sebesar 0,651, dengan<br>signifikansi sebesar 0,05 (p&lt;0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang<br>signifikan antara pola asuh orang tua dengan gaya belajar di rumah pada Anak Usia Dini.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42816 STRATEGI PEMBINAAN KETERAMPILAN KERJA NARAPIDANA DALAM MENCIPTAKAN JIWA KEMANDIRIAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS I SURABAYA 2021-09-02T07:36:01+00:00 Imroatul Khasanah Imroatul.17010034016@mhs.unesa.ac.id widodo - widodo@unesa.ac.id <p>Artikel ini meneliti tentang bagaimana pelaksanaan strategi pembinaan keterampilan kerja narapidana dalam menciptakan jiwa kemandirian di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Surabaya. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui dan mempelajari strategi yang diciptakan oleh organisasi lembaga pemasyarakatan Kelas I Surabaya yang dalam hal ini dijalankan, diawasi oleh bina ketenagakerjaan lembaga pemasyarakatan. Untuk menjawab penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian empiris yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, wawancara, dan observasi kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga pemasyarakatan Kelas I Surabaya memiliki startegi mandiri dalam melaksanakan pembinaan keterampilan kerja. Strategi tersebut disebut dengan startegi berdaya guna. Lembaga pemasyarakatan Kelas I Surabaya pada tahun (2020) menyelenggarakan sebanyak delapan bentuk pembinaan keterampilan yaitu Mengidentifikasi, mempelajari <em>trend </em>masyarakat merupakan bagian dari strategi pembinaan keterampilan kerja lapas.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42849 PERAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) KENCANA DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA ADAT OSING KEMIREN 2021-09-08T03:15:07+00:00 Rezy Riannada rezy.17010034041@unesa.ac.id Sjafiatul Mardliyah sjafiatulmardliyah@unesa.ac.id <p>Indonesia memiliki sektor pariwisata yang berlimpah, baik dari wisata alam maupun wisata yang berkaitan dengan kearifan lokalnya dan salahsatu perwujudannya yaitu adanya desa wisata adat. Pengelolaan desa wisata adat tersebut membutuhkan adanya peran kelompok masyarakat yang berkompeten dibidangnya, yaitu Pokdarwis. Pada desa wisata adat, Pokdarwis berperan dalam pengembangan dan pelestarian adat serta kebudayaan yang dimiliki oleh suatu desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pokdarwis Kencana dalam pengembangan desa wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data secara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber yang berperan sebagai informan berasal dari anggota dan pengurus Pokdarwis Kencana, Ketua Adat Kemiren, Kepala Desa Kemiren, dan warga Desa Kemiren. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Pokdarwis Kencana telah melaksanakan perannya sebagai motivator, fasilitator/penggerak, dan komunikator terhadap sistem pelaksanaan pengembangan CBT (<em>Community Based Tourism</em>) pada Desa Wisata Adat Osing Kemiren yang terdiri atas dimensi ekonomi, sosial, budaya, lingkungan, dan politik. Dalam pelaksanaannya, ditemukan faktor pendukung yaitu adanya dukungan secara penuh dari masyarakat, khususnya pemuda Desa Kemiren yang selalu aktif dalam organisasi. Selain itu juga ditemukan faktor penghambat yaitu banyaknya masyarakat kurang memanfaatkan lapangan pekerjaan yang tersedia sejak adanya pengembangan desa wisata tersebut.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42859 EFEKTIVITAS DONGENG UNTUK MENANAMKAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI RUMAH 2021-09-09T05:47:03+00:00 WIDCHICA INDRIANI Widchica.17010034017@mhs.unesa.ac.id Heryanto Susilo heryantosusilo@unesa.ac.id <p>Menanamkan moral pada anak usia dini merupakan hal yang utama dalam tumbuh kembang mereka, dalam menanamkan moral yang tepat pada anak usia yang masih haus akan bermain yaitu dengan media pembelajaran mendongeng. Dengan mendongeng anak akan menangkap dan mencoba berifikir kritis pada setiap cerita yang diceritakan. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji efektivitas dongeng dalam menanamkan moral pada anak usia dini dirumah. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur review. Metode pengumpulan data melalui sumber-sumber yang diperoleh dari buku dan jurnal-jurnal yang relevan dengan pembahasan yang ada pada penelitian ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Dari kajian yang diperoleh hasil bahwa program parenting yang diterapkan antara orang tua dan anak dalam menanamkan moral melalui dongeng pada anak usia dini mereka dapat&nbsp; berjalan efektif dan optimal.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42860 STRATEGI ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK SYARIF HIDAYATULLAH PASURUAN 2021-09-10T00:56:12+00:00 Erwina Image Rumawi Putri erwina.17010034046@mhs.unesa.ac.id I Ketut Atmaja Johny Artha ketutatmaja@unesa.ac.id <p>Pandemi covid-19 mengakibatkan kegiatan sosial khususnya pendidikan dilakukan di rumah. Kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah untuk mengurangi penyebaran covid-19, proses pembelajaran yang dilakukan di rumah ini membutuhkan pendampingan orang tua. Ada dua potensi yang diberikan ketika adanya pendampingan orang tua, dari segi positifnya orang tua dapat meningkatkan kedisiplinan anak saat belajar dan dari segi negatifnya jika orang tua kurang maksimal dalam mendampingi anak, anak dapat melakukan kegiatan yang tak terkendali. Terlebih lagi pada masa pandemi covid-19 sangat diperlukan perndampingan orang tua untuk proses belajar anak dan kegiatan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara orang tua dalam strategi mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 30 orang tua. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen angket, analisis data bersifat deskriptif kuantitaif. Hasil penelitian menujukkan kurang optimal. Terbukti dari hasil rata-rata persentase 40% pada strategi orang tua dapat diartikan bahwa orang tua sudah mulai membiasakan anaknya untuk belajar di rumah dengan jadwal belajar yang sudah disepakati dan 37,13% pada mendampingi anak dapat diartikan bahwa orang tua telah melakukan pendampingan pada anaknya secara maksimal mulai dari kedisiplinan, tata krama, dan kemandirian.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42897 STRATEGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (DARING) DALAM OPTIMALISASI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SKB NEGERI SURABAYA 2021-09-16T07:10:10+00:00 Mintrojo Sahputra Mustofa Rahayu mintrojo.17010034036@mhs.unesa.ac.id Yatim Riyanto yatimriyanto@unesa.ac.id <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Latar belakang penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran daring menambah motivasi belajar bagi peserta didik, selain itu juga dapat memaksimalkan hasil belajar peserta didik program paket C di SKB Negeri Surabaya saat pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami apakah strategi pembelajaran daring dapat menambah motivasi belajar dan dapat memaksimalkan hasil belajar peserta didik pandemi. Secara teoritis manfaat penelitian untuk mengetahui cara menggunakan strategi pembelajaran daring yang baik untuk menambah motivasi dan&nbsp; memaksimalkan hasil belajar peserta didik . Sedangkan manfaat praktis digunakan sebagai solusi dan rekomendasi dalam menggunakan strategi pembelajaran daring yang baik untuk menambah motivasi dan memaksimalkan hasil belajar peserta didik.&nbsp; Pendekatan kuantitatif dan teknik statistik deskriptif dipilih untuk penelitian ini, penelitian ini mengambil sampel 52 orang peserta didik program paket C di SKB Negeri Surabaya. Total sampling dijadikan teknik pengambilan sampel karena seluruh populasi sebagai sampel, analisis data menggunakan <em>descriptive statistics frequency</em> dan persentase. Kesimpulannya adalah peserta didik program paket C di SKB Negeri Surabaya memiliki motivasi belajar dan nilai yang baik walaupun melaksanakan pembelajaran secara daring. Dibuktikan dengan nilai rata-rata keseluruhan peserta didik yang cukup baik, walaupun dalam pelaksanaannya guru pamong memiliki peran penting untuk membimbing dan mengarahkan peserta didik agar fokus dalam pembelajaran karena dilaksanakan secara daring.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42898 PENGARUH PENDIDIKAN PRAMUKA PENEGAK-PANDEGA TERHADAP PENUMBUHAN KARAKTER MANDIRI, INTEGRITAS, DAN KEPEMIMPINAN PADA ANGGOTA DEWAN KERJA CABANG SIDOARJO 2021-09-16T07:51:33+00:00 Hajar Safira Nahdliya hajar.17010034009@mhs.unesa.ac.id Heryanto Susilo heryantosusilo@unesa.ac.id <p>Karakter adalah bentuk cara berpikir dan cara berperilaku seseorang yang kemudian akan menjadi identitas khusus pada pribadinya. Salah satu wadah untuk membina karakter pemuda yaitu melalui kegiatan pramuka. Pramuka merupakan pendidikan yang berbentuk kegiatan&nbsp; menyenangkan, menarik, dan praktis yang pelaksanaannya bersifat <em>outdoor</em> di luar pendidikan formal dan informal yang berlandaskan asas dasar dan metode-metode kepramukaan yang bertujuan untuk membentuk karakter warga belajarnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan pramuka penegak-pandega terhadap penumbuhan karakter mendiri, integritas, dan kepemimpinan pada anggota Dewan Kerja Cabang (DKC) Sidoarjo. Penelitian ini memakai jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data <em>pearson product moment</em>. Subyek pada penelitian ini sebanyak 21 anggota Dewan Kerja Cabang (DKC) Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan skala pengukurannya adalah skala likert. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan rumus pada SPSS 21.00 dengan tingkat kesalahan atau taraf signifikansi 5%. Uji normalitas dengan rumus <em>Kolmogorov-smirnov</em>, uji linieritas, dan uji homogenitas memiliki nilai signifikansi lebih dari 0,05 di spss 21.00. Selanjutnya, pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi <em>pearson product moment</em>. Hasil dari analisis antara pendidikan pramuka penegak-pandega terhadap penumbuhan karakter mandiri, integritas, dan kepemimpinan menunjukkan bahwa tingkat koefisien korelasi sebesar 0,770, dengan signifikansi sebesar 0,05 (p &lt; 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan pramuka penegak-pandega terhadap penumbuhan karakter mandiri, integritas, dan kepemimpinan pada anggota Dewan Kerja Cabang Sidoarjo.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42917 KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR 2021-09-20T01:43:33+00:00 Gema Akbar Sulistiyo Gema.17010034002@mhs.unesa.ac.id Yatim Riyanto yatimriyanto@unesa.ac.id <table> <tbody> <tr> <td> <p>Pandemi Covid-19 berpengaruh besar terhadap bidang pendidikan, dalam hal ini pemerintah mengeluarkan kebijakan dengan mengganti pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran darin g dengan begitu pembelajaran tetap terlaksana di masa pendemi Covid-19. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari strategi pembelajaran daring dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika selama pandemi Covid-19. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas XI paket C SKB Cerme Kab Gresik. Teknik dalam pengumpulan data dengan&nbsp; kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu statistic deskriptif dan persentase. Dalam melakukan olah data, peneliti menggunakan Microsoft Excel dan SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian melalui kuesioner didapatkan hasil bahwa minat peserta didik selama dilakukan pembelajaran daring yaitu kurang (24%), sebagian besar mereka mempunyai minat yang sangat tinggi (86%) dan hasil penelitian dengan teknik dokumentasi didapatkan hasil bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik antara sebelum dan selama pembelajaran daring. Hal ini didukung dengan naiknya rata-rata hasil belajar peserta didik berdasarkan nilai UAS sebelum pembelajaran daring sebesar 67,44 menjadi 73,34. Jadi, selama pembelajaran daring hasil belajar dari peserta didik mendapatkan kenaikan nilai rata-rata yang signifikan sebelum dan selama &nbsp;&nbsp;pembelajaran daring yaitu sebesar 5,89. Akhirnya peneliti menyimpulkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran daring efektif dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI paket C SKB Cerme Kab Gresik pada mata pelajaran matematika.</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42918 PARTISIPASI ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER ANAK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 2021-09-20T01:58:09+00:00 Diyah Ayu Niatun Nisa Diyahayuniatun22@gmail.com Gunarti Dwi Lestari Gunartidwilestari@unesa.ac.id <p>Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan partisipasi orang tua dalam mengembangkan nilai karakter anak selama pembelajaran dari rumah, serta untuk mengkaji faktor penghambat dan faktor pendukung partisipasi orang tua dalam mengembangkan nilai karakter anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah orang tua, anak, serta guru. Data diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data<em>, </em>dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi orang tua dalam mengembangkan nilai karaker religius, kreatif dan disiplin kepada anak selama masa pandemi meliputi: kegiatan pembiasaan diri dengan melakukan aktivitas berdoa sebelum melakukan kegiatan, melaksanakan ibadah tepat waktu, menghormati yang lebih tua, mematuhi segala aturan dalam masyarakat. Keteladanan orang tua dilakukan dengan memberi contoh kepada anak untuk melakukan perbuatan yang baik, serta memberikan nasihat dan hukuman agar anak lebih terbuka dalam berpikir tentang karakter mulia. Motivasi juga diberikan dengan cara memberi penghargaan atas karya, pencapaian, dan perbuatan yang dilakukan anak, supaya anak senantiasa mengembangkan nilai karakter. Faktor pendukungnya adalah adanya tugas yang diberikan guru dalam mengembangkan nilai karakter tidak memberatkan orang tua, terbukti orang tua mampu dan paham atas tugas yang diberikan untuk mengembangkan nilai karakter anak. Keterbukaan guru pada orang tua untuk melakukan kolaborasi ketika orang tua mengalami kesulitan selama proses pembelajaran dari rumah. Faktor penghambatnya adalah tidak adanya hubungan dekat antara orang tua dengan anak.</p> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42919 KONTRIBUSI POLA ASUH ORANG TUA PADA KONSEP MERDEKA BELAJAR ANAK USIA 12-15 TAHUN DI ERA PANDEMIK COVID-19 2021-09-20T02:38:58+00:00 Dewi Prastyawati dewi17010034043@mhsunesa.ac.id Rivo Nugroho rivonugroho@unesa.ac.id <table> <tbody> <tr> <td> <p>Konsep merdeka belajar saat ini tengah menjadi akivitas seluruh peserta didik di Indonesia. Tidak hanya peserta didik yang berada di pendidikan non formal saja, namun pendidikan formalpun menggunakan konsep ini. Alasan utama yang mendasari konsep merdaka belajar adalah mewabahnya virus corona atau COVID-19. Konsep merdeka belajar akan berjalan dengan maksimal dengan adanya kontribusi orangtua peserta didik itu sendiri. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui&nbsp; kontribusi pola asuh orang dalam pendidikan anak usia 12-15 tahun dan untuk ntuk mengetahui kontribusi pola asuh orang tua anak usia 12-15 tahun dalam pelaksanaan konsep merdeka belajar di era pandemik COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi parsial. Populasi penilitian adalah anak usia 12-15 tahun .Teknik sampling yang digunakan adalah area sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan kuisioner dan pengolahan data menggunakan bantuan perangkat lunak pengolah data statistk. Berdasarkan hasil penelitian analisis data variabel pola asuh dan konsep merdeka belajar memliki hubungan yang positif, karena diperoleh (0,514 &gt; 0,05). Hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh dengan konsep merdeka belajar tanpa adanya variabel kontrol (usia), karena diperoleh (0,003 &lt; 0,005). hubungan antara pola asuh dengan konsep merdeka nelajar dengan usia sebagai variabel kontrol adalah signifikan atau memliki hubungan yang positif, karena diperoleh (0,003 &lt; 0,05).</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2021-07-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##