Artikel Pembelajaran Tari Giri Sholawat Melalui Media Aplikasi Tiktok Dalam Ekstrakurikuler Tari di SMAN 1 Kedamean Kabupaten Gresik

Peembelajaran Tari Giri Sholawat Melalui Media Aplikasi Tiktok Dalam Ekstrakurikuler Tari di SMAN 1 Kedamean Kabupaten Gresik

  • Farizka Suci Handayanik Prodi Pendidikan Sendratasik Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kata kunci : Proses pembelajaran, Hasil pembelajaran.

Abstract

SMAN 1 Kedamean merupakan sekolah menengah atas yang berada di kota Gresik yang memiliki ekstrakurikuler tari yang sangat aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran tari di ekstrakurikuler sangat penting khusunya di SMAN 1 Kedamean untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian yang ada di Kabupaten Gresik dan sekitarnya. Pembelajaran tari memiliki peran bagi peserta didik yakni untuk perkembangan psikomotorik pada anak. Pada proses pembelajaran metode yang digunakan guru dalam pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler yaitu metode ceramah, metode demontrasi dan metode latihan dengan langka-langkah yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Metode ceramah guru menjelaskan teknik yang benar dalam belajar tari Giri Sholawat, dalam mendemonstrasikan dengan mempraktikan secara langsung serta peserta didik mengamati terlebih dahulu. Metode latihan setelah melewati tahapan pengamatan serta mendengarkan peserta didik menirukan kembali gerakan yang sudah di contohkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu  (1)Menjelaskan Proses Pembelajaran Tari Giri Sholawat Melalui Media Aplikasi Tiktok Dalam Ekstrakurikuler Tari di SMAN 1 Kedamean  Kab. Gresik (2) Menjelaskan hasil dari peserta didik pembelajaran menggunakan media aplikasi tiktok dalam materi tari giri sholawat.

Dalam penelitian ini mengunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun penelitian ini melalui tahap analisis data yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan simpulan dalam suatu penelitian. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Pada penelitian terdapat hasil menunjukan proses pembelajaran ekstrakurikuler tari di SMAN 1 Kedamean dengan meningkatkan kemampuan anak dalam ranah kognitif, afektif serta psikomotorik. Serta penilaian yang diambil dalam proses pembelajaran yaitu melalui  3 kriteria yaitu gerak, teknik, menghafal.

Kesimpulan peserta didik mampu belajar tari dari yang tidak bisa menjadi bisa, dari ekstrakurikuler tari ini menambah wawasan tentang kesenian dan kebudayaan.

Kata kunci : Proses pembelajaran, Hasil pembelajaran.

 

References

Afandi, M. (2013). Model dan Metode Pembelajaran. Semarang: Unissula.
Ayu, W. Y. (2022). Pengaruh Media Tiktok Terhadap Minat dan Bakat Peserta Didik Pada Ekstrakurikuler Seni Tari. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 78.
Devi, A. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran. Journal Uny, 56.
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi. Jurnal Pariwisata dan Budaya, 15.
Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamaludiin, & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Parepare: CV. Kaafiah Learning Center.
Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Journal At-Tafkir, 85.
Fatimah, S., & Syadzali, A. (2023). Fenomena Narsisme Muslimah Dalam Aplikasi Tiktok. Filsafat dan Teknologi Islam, 33.
Fitria, U. H., & Yuliasma. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Tari dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas VII SMP Pancasila. Journal Of Multidisciplinary Research and Development, 40.
Juwariyah, A., Noordiana, & Wahyuning, E. (2021). TikTok Function in the Millennial Era. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 257-261.
Kusumandaru, A. D., & Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi Media Sosial Aplikasi Tiktok Sebagai Media Menguatkan Literasi Sastra dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Basicedu, 22.
Luisandrith, D. R., & Yanuartuti, S. (2020). Interdisplin: Pembelajaran Seni Tari Melalui Aplikasi Tik Tok Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Journal Unnes, 180.
Lusyianah. (2012). Tari Giri Sholawat Sebagai Icon Kota Gresik. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, 1-68.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2024-02-01
How to Cite
Handayanik, F. (2024). Artikel Pembelajaran Tari Giri Sholawat Melalui Media Aplikasi Tiktok Dalam Ekstrakurikuler Tari di SMAN 1 Kedamean Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 13(2), 1-2. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/58189
Section
Articles
Abstract Views: 32