Jurnal Pendidikan Sendratasik https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik <p>Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - Fakultas Bahasa dan Seni UNESA</p> en-US warihhandayaningrum@unesa.ac.id (Dr. Warih Handayaningrum, M.Pd) dhanikristiandri@unesa.ac.id (Dhani Kristiandri) Fri, 30 Jul 2021 09:21:49 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 STRATEGI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SMP NEGERI 1 AMBULU JEMBER https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/42470 <p>SMP Negeri 1 Ambulu Jember merupakan sekolah di Kabupaten Jember yang di dalamnya terdapat Ekstrakurikuler Seni Tari dengan banyak prestasi. Hal tersebut dikarenakan strategi yang digunakan oleh Guru Seni Tari. Penelitian ini membahas rumusan diantaranya (1) Bagaimana strategi yang digunakan oleh Guru Ekstrakurikuler Seni Tari di SMP Negeri 1 Ambulu Jember. (2) Prestasi apa saja yang telah diraih oleh Ekstrakurikuler Seni Tari di SMP Negeri 1 Ambulu Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan simpulan. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Peneliti menarik kesimpulan bahwa kegiatan Ekstrakurikuler tersebut dalam pelaksanaannya menggunakan Rencana Proses Pembelajaran (RPP) sebagai pedoman. Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu strategi pembelajaran langsung dan interaktif. Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat beberapa unsur yaitu media, materi, proses, dan evaluasi pembelajaran. Proses pembelajaran meliputi kegiatan pra, awal, inti dan penutup. Dengan pelaksanaan dan strategi tersebut, Ekstrakurikuler Seni Tari di SMP Negeri 1 Ambulu Jember meraih banyak prestasi di bidang kesenian. Prestasi-prestasi tersebut meliputi prestasi di luar sekolah seperti meraih juara di festival maupun gelar seni budaya daerah dan kegiatan seni di sekolah seperti mengadakan dies natalis dengan menampilkan tari massal.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Strategi, pembelajaran, prestasi, Ekstrakurikuler Tari.</p> Desi Rani Eka Putri, Noordiana Noordiana ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/42470 Fri, 30 Jul 2021 10:35:29 +0000 MANAJEMEN SANGGAR TARI KREASI DANCER SIDOARJO DI KABUPATEN SIDOARJO https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/42469 <p>Penelitian ini dilakukan di Sanggar Tari Kreasi Dancer Sidoarjo yang didirikan oleh Budi Alfan. Sanggar Tari Kreasi Dancer Sidoarjo berdiri sejak tahun 1999 dan telah berusia 22 Tahun. Pengelolaan yang baik adalah salah satu alasan utama keberhasilan Budi Alfan dalam mempertahankan nama Sanggar Tari Kreasi Dancer Sidoarjo. &nbsp;Sanggar Tari Kreasi Dancer Sidoarjo menerapkan sistem organisasi lini yang mana sebuah wewenang dilimpahkan dari pemimpin langsung ke bawahannya. Pengawasan juga dilakukan secara langsung oleh pemimpin dalam memantau para anggota yang ada di Sanggar Tari Kreasi Dancer Sidoarjo guna mencegah adanya penyimpangan atau penyelewengan. Rumasan masalah sebagai berikut; Bagaimana sistem manajemen yang ada di Sanggar Tari Kreasi Dancer Sidoarjo? Dalam penelitian ini menerapkan metode kualitatif. Langkah observasi, wawancara, dan dokumentasi menjadi teknik pengumpulan data dipenelitian ini. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Sanggar Tari Kreasi Dancer Sidoarjo menerapkan sistem manajemen kekeluargaan yang kuat hingga mampu mempertahankan keeksistensiannya hingga saat ini.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Manajemen, Sanggar Tari, Kreasi Dancer Sidoarjo.</p> Abalgista Intan Ramzana ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/42469 Fri, 30 Jul 2021 10:38:18 +0000