PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS GUIDED DISCOVERY SEBAGAI PENUNJANG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMKN 5 SURABAYA

  • Suhendri Oki Tri Cahyono Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Agus Budi Santosa Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran yang berpusat pada siswa, salah satunya pembelajaran guided discovery yang cocok untuk membelajarkan konsep-konsep. Selain itu, di SMKN 5 Surabaya belum tersedia perangkat pembelajaran berbasis guided discovery. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembalajaran berbasis guided discovery yang layak dan dapat digunakan sebagai penunjang implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X di SMKN 5 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model 4D (define, design, develop, dan disseminate), namun hanya dilakukan sampai tahap develop. Perangkat yang dikembangkan diujicobakan pada 18 siswa kelas X SMKN 5 Surabaya. Kelayakan teoritis didapatkan melalui validasi para ahli, sedangkan keterlaksanaan dan ketuntasan indikator pembelajaran siswa didapatkan melalui pengamatan pembelajaran dan penilaian ketuntasan indikator. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran di SMKN 5 Surabaya. Kelayakan perangkat pembelajaran secara teoritis sebesar 84,80% (layak), keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95,55% (sangat baik), serta ketuntasan indikator kompetensi sikap dengan sikap sangat baik mencapai 38,89%, sikap baik mencapai 61,11%,sedangkan ketuntasan indikator kompetensi pengetahuan dan keterampilan masing-masing mencapai 100%.

Kata Kunci: Kurikulum 2013, Perangkat Pembelajaran, Guided Discovery.

 

Abstract

Curriculum 2013 requires student-centered learning, one of them is guided discovery learning that suitable for learning concepts. In addition, at SMK 5 Surabaya didn’t have guided discovery-based learning device. Therefore, this study aims to generate feasibility of learning device-based guided discovery and can be used to support the implementation of curriculum 2013 on the subject of Basic Electronic Engineering Grade X in SMKN 5 Surabaya. This development research adopt 4D models (define, design, develop, and disseminate), but it will be done at develop stage. This learning device will be tested on 18 students of grade X SMK 5 Surabaya. Theoretical feasibility obtained from validation experts, while the implementation and completeness indicators of student learning gained through observation and assessment of learning completeness indicator. Data were analyzed by descriptive quantitative. The results showed that the developed learning device feasible and can be used for teaching at SMK 5 Surabaya. The result of theoretical feasibility reaches 84.80% (feasible), implementation reaches 95.55% (very good), as well as the completeness of competence attitude indicator with an excellent attitude reaches 38.89%, good attitude reaches 61.11%, whereas completeness indicators of knowledge and skills competency indicators respectively reaches 100%.

Keywords: Curriculum 2013, Learning Device, Guided Discovery.

Author Biographies

Suhendri Oki Tri Cahyono, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Agus Budi Santosa, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-09-01
How to Cite
Tri Cahyono, S., & Santosa, A. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS GUIDED DISCOVERY SEBAGAI PENUNJANG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMKN 5 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 22