PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN (EDUTAINMENT) UNTUK MATA PELAJARAN KETRAMPILAN ELEKTRONIKA DI SMP NEGERI 1 MANTUP TAHUN AJARAN 2013/2014

  • Rio Harnies . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Agus Budi Santosa Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran yang menyenangkan (Edutainment) pada mata pelajaran ketrampilan elektronika di SMPN 1 Mantup Lamongan, dan (2) mengetahui respon siswa dengan menggunakan metode edutaiment pada mata pelajaran ketrampilan elektronika di SMPN 1 Mantup Lamongan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model penelitian dan pengembangan (R&D). Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain pre-experimental design tipe one-shot case study pada kelas VII. Untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dilakukan dengan validasi para ahli yaitu dosen dan guru. Untuk mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan metode edutaiment dilakukan dengan memberikan angket kepada siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran mencangkup silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), buku ajar siswa. Validasi perangkat pembelajaran untuk silabus mendapatkan hasil rating 80%, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) mendapatkan hasil rating 76,92%, buku ajar mendapatkan hasil rating 75,95%, (2) Hasil respon siswa sebesar 90,47% yang dapat diartikan proses pembelajaran menggunakan metode edutaiment mendapatkan respon yang baik dari siswa.

Kata kunci: perangkat pembelajaran, metode edutaiment.

Abstract

This research have two purpose : (1) resulted in a fun learning device (Edutainment) in subjects electronics skills in SMPN1 Mantup Lamongan, and (2) evaluate the response of the students by using edutaiment on subjects electronics skills in SMPN1 Mantup Lamongan.

This type of research is the development of research with reference to the model of research and development (R & D). The design of the study is the design of pre-experimental design type one-shot case study in class VII. To determine the feasibility of the validation study conducted by experts that lecturers and teachers. To determine the students' response to the learning process by using edutaiment done by giving questionnaires to students.

The results of this study indicate that: (1) The study covers the syllabus, lesson plans (Lesson Plan), the student textbook. Validation of learning tools to get the syllabus rating of 80%, RPP (Lesson Plan) to get the 76.92% rating, textbook to get the rating of 75.95%, (2) The results of the students' responses by 90.47%, which can be defined process learning method edutaiment getting good response from the students.

Keywords: device for learning, method edutaiment.

Author Biographies

Rio Harnies ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Agus Budi Santosa, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-09-01
How to Cite
., R., & Santosa, A. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN (EDUTAINMENT) UNTUK MATA PELAJARAN KETRAMPILAN ELEKTRONIKA DI SMP NEGERI 1 MANTUP TAHUN AJARAN 2013/2014. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 13