PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS RANGKAIAN RLC PADA RANGKAIAN KELISTRIKAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA

  • Bambang Kariyanto . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Munoto . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan variansi hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Langsung dan Model Pembelajaran kooperatif tipe TAI, perbedaanvariansi hasil belajar antara siswa yang mempunyai kemampuan matematika tinggi dan kemampuan matematika rendah dengan model pembelajaran dan kemampuan matematika terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AV1 dan kelas X AV2. Siswa kelas X AV1, dikenai pembelajaran Langsung. Sedangkan siswa kelas X AV2 dikenai pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization). Data dikumpulkan melalui validasi perangkat pembelajaran dan soal post-test dengan skala likert. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas . Metode analisis yang digunakan adalah analisis varians dua jalur.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaanvariansihasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada kompetensi dasar menganalisis Rangkaian RLC pada rangkaian kelistrikan yang dibuktikan pada uji Fhitung sebesar 8,436 > Ftabel 4,00. (2) Terdapat perbedaan variansi hasil belajar antara siswa yang mempunyai kemampuan matematika tinggi dan kemampuan matematika rendah pada materi Rangkaian RLC yang dibuktikan pada uji Fhitung sebesar 4,839 > Ftabel 4,00. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan matematika terhadap hasil belajar siswa pada materi Rangkaian RLC yang dibuktikan pada uji Fhitung sebesar 11,269 > Ftabel 4,00.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kemampuan Matematika, Penelitian Eksperimen.

Abstract

This research aims to determine the differences of varians in learning outcomes between students who were taught using Direct Learning Model and TAI Cooperative Learning Model, the difference of varians in learning outcomesbetween thestudents who have high math ability and low math ability and the interaction between learning models and the ability of mathematics to student learning outcomes.

This research was an experimental research. The number of samples in this research were 66 students. The samples in this research were class X AV1 and class X AV2. In the class X AV1, students were given by Direct Learning. While in the class X AV2 students were given by TAI Cooperative Learning (Team Assisted Individualization). Data was collected through the validation of learning and post-test questions with Likert scale. Test requirements analysis using tests of normality, homogeneity and hypothesis testing. The analytical method used was analysis of variance of two paths.

The results of this study indicate that: (1) There are differences varians in learning outcomes between students who were taught using the Direct Learning Model and TAI Cooperative Learning Model at RLC circuit material as evidenced in the test of Fcount 8.436 > Ftable 4.00. (2) There are differences varians in learning outcomes between students who have high math ability and low math ability on material RLC circuit is demonstrated in a test of  Fcount 4,839 > Ftable 4.00. (3) There is interaction between the model of learning and the ability of mathematics to the student learning outcomes in the material as evidenced in the RLC circuit test of Fcount 11,269 > Ftable 4.00.

Keywords: Models of Learning, Mathematics Ability, ExperimentsResearch.

Author Biographies

Bambang Kariyanto ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Munoto . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-09-01
How to Cite
., B., & ., M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS RANGKAIAN RLC PADA RANGKAIAN KELISTRIKAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 29