STUDI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK NEGERI 1 MADIUN

  • Rino Wahyu Pradana Jurusan Teknik elektro FT UNESA
  • Endryansyah . . Jurusan Teknik elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) yang terdiri dari buku siswa, RPP, dan soal pada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMK Negeri 1 Madiun, dan (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Madiun yang dibelajarkan menggunakan  model  pembelajaran  contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jenis metode penelitian dari judul “Studi Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)  Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Negeri 1 Madiun” adalah eksperimen semu (quasi-experimental research) karena tidak semua variabel dalam penelitian ini dapat dikontrol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perangkat pembelajaran CTL yang terdiri dari RPP, Buku Siswa dan Soal Pilihan Ganda mendapatkan rata-rata penilaian 83,90% atau mendapatkan predikat sangat baik, sehingga perangkat pembelajaran tersebut dapat diterapkan pada siswa kelas XII TIPTL 1 di SMK Negeri 1 Madiun. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada ranah kognitif mendapatkan nilai rata-rata pre-test sebesar 36,33 dan nilai rata-rata post-test sebesar 85,33. Untuk hasil belajar ranah afektif mendapatkan kriteria baik dengan nilai rata-rata tiap indikator adalah sebesar 77,95. Sedangkan hasil belajar ranah psikomotor juga mendapatkan kriteria penilaian sangat baik dengan nilai rata-rata praktikum adalah sebesar 80,78.

Kata Kunci : model  pembelajaran  contextual teaching and learning (CTL), perangkat pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dan hasil belajar.

Abstract

The purpose of this study is: (1) To determine the quality of the learning device Contextual Teaching and Learning (CTL) which consists of student books , lesson plans , and the subject matter of the installation of electric motors in SMK Negeri 1 Madiun, and (2) To determine the increase student learning outcomes SMK Negeri 1 Madiun that learned using learning Contextual Teaching and Learning (CTL) on the subjects of the installation of an electric motor . Types of research methods of the title "Implementation Study of a Learning Model Contextual Teaching and Learning (CTL) In Subjects Installing Electric Motors in SMK Negeri 1 Madiun" is a quasi-experimental ( quasi - experimental research) because not all of the variables in this study can be controlled.

The results showed that: (1) learning tools CTL consisting of RPP, Student Book and Questions Multiple Choice earn an average of 83.90 % vote or get a very good title, so that the learning can be applied to class XII students TIPTL 1 in SMK Negeri 1 Madiun. (2) There is an increase in significant student learning outcomes in the cognitive obtain the average value of the pre-test of 36.33 and the average value of the post-test of 85.33. For affective learning outcomes get both criteria with an average value of each indicator is equal to 77.95. While the psychomotor learning outcomes also get very good assessment criteria with an average practicum  value of 80.78.

Keywords: Learning model Contextual Teaching and Learning (CTL),  learning device Contextual Teaching and Learning (CTL) and learning outcomes .

Author Biographies

Rino Wahyu Pradana, Jurusan Teknik elektro FT UNESA
Jurusan Teknik elektro FT UNESA
Endryansyah . ., Jurusan Teknik elektro FT UNESA
Jurusan Teknik elektro FT UNESA
Published
2014-09-01
How to Cite
Pradana, R., & ., E. (2014). STUDI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK NEGERI 1 MADIUN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 33