PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN BANTUAN SOFTWARE MULTISIM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA

  • Novia Firmansah . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Lusia Rakhmawati . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Pentingnya penelitian ini guna untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) karena banyak guru yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang cenderung membuat siswa merasa bosan dan jenuh dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.  lebih lanjut,  penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan bantuan software multisim dan mengetahui hasil belajar siswa.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4-D. Dalam model pengembangan 4-D memiliki empat tahapan dalam pengembangan. Namun dalam penelitian ini, model pengembangan 4-D yang digunakan hanya tiga tahap yaitu Define (Pendifinisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Pembelajaran dilakukan dua kali uji coba yaitu pre-test dan post-test yang hanya dilakukan pada satu kelas yaitu kelas X AV 1 di SMK Negeri 3 Surabaya.

Berdasarkan hasil kelayakan perangkat pembelajaran dan butir soal, nilai rata-rata 83% dengan interpretasi skala penilaian sangat layak. Hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata untuk soal pre-test adalah sebesar 48,17 dan hasil belajar siswa meningkat pada soal pos-test dengan nilai rata-rata adalah sebesar 78,75. Begitu juga keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe (STAD) pada pertemuan pertama dan kedua berada pada kriteria sangat baik atau berhasil. Dengan nilai rata-rata pertemuan pertama 83% dan pertemuan kedua 89%. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan harus mendapatkan kelayakan yang lebih baik lagi.

Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, STAD, Kelayakan, dan Hasil belajar.

Abstract

The importance of this research was toimprove student learning achievement by using cooperatif instruction model type of Student Teams Achievement Division (STAD), because many teachers still using conventional instruction model whitch tends to make students feels bored and tired along teaching and learning process in the classroom. More over this research aimed to describe properness of learning set that applied cooperative instruction model type of Student Teams Achievement Division (STAD) assisted by software Multisim and to know Students learning achievement.

Method used in this research was 4-D development model. 4-D development model has four stage of development. But in this research, 4-D development model used only three stage that were Define, Design, and Develop. The instruction performed twice test, pre-test and post-test which only conducted in classroom X AV 1 in SMKN 3 Surabaya.

Based on result of learning set properness and question items, average score was 83% with interpretation very proper. Students learning achievement obtained average score for pre-test question 48,17 and it improved in post-test question become 78,75. It same for realization of instruction by using cooperative model type of STAD at first meet and second were on very good criteria or succeeded, with average score at first meet 83% and second meet 89%. Learning set were developed should be obtained better properness.

Keywords : Learning set, STAD, Properness, and Learning Achievement.

Author Biographies

Novia Firmansah ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Lusia Rakhmawati ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
., N., & ., L. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN BANTUAN SOFTWARE MULTISIM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 65