METODE ICE BREAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWADALAM PROSES PEMBELAJARAN MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI KELAS X TAV SMK MUHAMADIYAH 1 GRESIK

  • Adi Putra Rahmatullah Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • I. Gusti Putu Asto B Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap metode ice breaker pada proses pembelajaran menerapkan dasar-dasar teknik digital.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, subyek penelitianadalah siswa kelas X TAV SMK Muhammadiyah1 Gresik dan obyek penelitian adalah penerapan metode ice breaker dalam proses pembelajaran menerapkan dasar-dasar teknik digital, instrumen penelitian berupa angket respon siswa dan soal tes (post test), metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan metode angket digunakan untuk mengetahui bagaimana respon siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode ice breaker.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) hasil belajar siswa, dimana pada kelas eksperimen adalah 94,11% dan pada kelas kontrol adalah 50%, dengan demikian KK dari dari kelas ekperimen lebih baik dari kelas kontrol sebesar 44,11%. Hasil KK dari post test apabila di sesuaikan dengan pedoman ketuntasan klasikal (KK) di SMK Muhammadiyah 1 Gresik, yaitu dengan ketentuan ≥ 75% dengan demikian hasil belajar siswa kelas X TAV SMK Muhammadiyah 1 Gresik dengan penerapan ice breaker dapat dinyatakan tuntas dengan persentase KK sebesar 94,11%. 2) nilai rata rata  jawaban respon siswa kelas X TAV SMK Muhammadiyah 1 Gresik, jumlah siswa yang memilih jawaban sangat setuju (SS) yaitu 54,11%, setuju (S) 37,35% dan netral (N) 8,52% siswa dengan demikian metode ice breaker dalam proses pembelajaran menerapkan dasar-dasar teknik digital mendapatkan respon positif dari siswa.

Kata kunci: ice breaker, eksperimen, respon

Abstract

This study aims to identify study result of the students and response students against a method of ice breaker on the learning process apply the rudiments of engineering digital

This type of research is a research experiment, the subjects of the research are students of class X TAV SMK Muhammadiyah 1 Gresik and the object of research is the application of methods of ice breaker in the learning process applying digital engineering basics, research instrument in the form of the now student response and questions (post test) test, the test method used to determine student learning outcomes and methods used now to find out how the students responses follow the learning process by using the method of the ice breaker.

The result showed that: 1) study result of the students, where on class experiment is 94,11 % and to that class of control is 50 %, thus families of of a class of ekperimen better of a class of control of 44,11 %.The result of families of post test if have adaptable with guidelines classical completeness (KK) in SMK Muhammadiyah 1 Gresik, namely by provisions > 75 % thus study result of the student grade X TAV SMK Muhammadiyah 1 Gresik by the application of ice breaker can be expressed been solved by the percentage of families of 94,11 %. 2) the value of intermediate answer response graders X TAV SMK  Muhammadiyah 1 Gresik, the number of students who chose answer couldn't agree (SS) is 54,11 %, agree (S) is 37,35 % and neutral (N) is 8,52 percent of students thus a method of ice breaking in the process of learning the rudiments of the technique of applying digital responded positively by the students.

Key words: ice breaker, the experiment, the response

Author Biographies

Adi Putra Rahmatullah, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
I. Gusti Putu Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-09-01
How to Cite
Rahmatullah, A., & Asto B, I. G. (2014). METODE ICE BREAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWADALAM PROSES PEMBELAJARAN MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI KELAS X TAV SMK MUHAMADIYAH 1 GRESIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 199
PDF Downloads: 45