PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN SOFTWARE ISIS PROTEUS DAN CODEVISIONAVR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROPOSESSOR.

  • Mohamad Yusuf Yudha Pratama Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Meini Sondang Sumbawati Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantuan software ISIS Proteus dan CodeVisionAVR, melatihkan nilai-nilai karakter serta mengetahui ketuntasan belajar siswa yang meliputi pengetahuan dan keterampilan (keterampilan proses dan psikomotor), terhadap pembelajaran mata pelajaran teknik mikroprosesor.

Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap, yakni (1) pendahuluan; (2) mendesain perangkat pembelajaran dengan mengacu model pengembangan instructional development cycle; (3) validasi dan revisi; (4) mengujicobakan perangkat pembelajaran pada 36 siswa kelas X TEI SMK Negeri 3 Jombang. Rancangan ujicoba menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Untuk memperoleh data peningkatan hasil belajar kognitif produk yang diperlukan, maka pada penelitian ini menggunakan teknik analisis menggunakan uji Sign test dan uji Binomial test.

Temuan hasil penelitian yakni perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation yang terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dilengkapi Kunci LKS, dan Lembar Penilaian (LP) dilengkapi dengan Kunci LP dikategorikan baik. Nilai-nilai karakter siswa diantaranya saling menghargai, tidak mudah putus asa, bertanggung jawab, bekerja sama, dan jujur memperoleh nilai kompetensi baik. Persentase ketuntasan belajar pengetahuan siswa sebesar 91,7%, persentase ketuntasan ketrampilan proses siswa sebesar 100%, sedangkan persentase ketuntasan belajar ketrampilan psikomotor siswa sebesar 100%. Pada uji sign test diperoleh nilai Z sebesar -5.747 dan signifikansi sebesar 0.00 sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pengetahuan siswa sebelum dan sesudah diberikannya model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Pada uji binomial test diperoleh nilaiĀ  signifikansi sebesar 0.00 sehingga disimpulkan bahwa kompetensi yang dimiliki siswa lebih tinggi dari KKM yang telah ditentukan oleh sekolah dan hasil belajar meningkat dari sebelumnya.

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif GI, software ISIS Proteus dan CodeVisionAVR.

Abstract

The aims of this research were to develop learning set by using cooperative instruction model type of Group Investigation (GI) assisted by software ISIS Proteus and CodeVisionAVR, trained character values and to know students learning completeness including cognition and skill (process and psychomotor), toward learning of subject microprocessor engineering.

This research conducted in four stages, (1) introduction; (2) designs learning set according to development model of Instructional Development Cycle; (3) validation and revision; (4) trial learning set to 36 students of classroom X TEI SMK Negeri 3 Jombang. Design of trial was using One-group Pretest-Posttest Design. To obtain the improvement data of cognitive learning achievement of required product, then in this research used techniques analysis of Sign Test and Binomial Test.

Finding result of this research are learning set by using cooperative instruction model type of Group Investigation composed of Syllabus, Lesson Plan, Work Sheet equipped with the answer, and Assessment Sheet categorized good. Student character values that are respect each other, not easy to discourage, responsible, cooperative, and honest obtained competence score good. Percentage of student cognitive learning completeness was 91.7%, the completeness percentage of student process skill was 100%, while percentage of student psychomotor skill was 100%. At Sign Test obtained Z score was 5.747 and significance 0.00 then concluded that there is significant difference between student cognitive learning achievement before and after applied instruction model type of Group Investigation. At Binomial Test obtained significance 0.00 then concluded that the competence owned by student higher than KKM determined by school and learning achievement was improved than before.

Keywords: GI of cooperative learning model, software ISIS Proteus and CodeVisionAVR.

Author Biographies

Mohamad Yusuf Yudha Pratama, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Meini Sondang Sumbawati, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
Yudha Pratama, M., & Sumbawati, M. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN SOFTWARE ISIS PROTEUS DAN CODEVISIONAVR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROPOSESSOR. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 78