PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IMINDMAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

  • Ahmad Agus Firman Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • I. Gusti Putu Asto B Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran IMindMap pada mata pelajaran teknik elektronika dasar di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Pada tahap uji coba terbatas digunakan metode One Shot Case Studyuntuk mengetahui hasil belajar siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI TEI SMK Negeri 2 Bojonegoro.

Hasil analisis menunjukkan skor rata-rata hasil validasi media sebesar 83,33% dengan kategori baik, skor rata-rata hasil respon media sebesar 83,24% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media IMindMap sebesar 93.33% dari 15 dinyatakan lulus dan 6.67% siswa yang dinyatakan tidak lulus dengan nilai KKM yaitu 75.

Simpulan penelitian ini media pembelajaran hasil penelitian dikategorikan baik dengan skor rata-rata 83,33%, sehingga media yang dihasilkan layak digunakan sebagai media alternatif dalam pembelajaran di sekolah. Respon siswa dikategorikan baik dengan skor rata-rata 83,24%. Sedangkan hasil post-test siswa dari 15 siswa hanya 1 yang tidak dapat mencapai nilai KKM yaitu 75.Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan media dapat dijadikan salah satu media alternative bagi siswa untuk pembelajaran mandiri dan pendidik dalam menyampaikan materi system konversi bilangan dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan media yang lebih baik lagi pada materi bahasan.

Kata kunci: Media pembelajaran, Sistem konversi bilangan, Penelitian Research and Development (R & D), Post-test.

Abstract

The research objective of this research measures the advisability of developigg learning media IMindMap to the basic electronica engineering material in SMK Negeri 2 Bojonegoro. On the examining product process uses One Shot Case Study method to know the students’ result. The sample of this research is XI TEI Graders of SMK Negeri 2 Bojonegoro.

From the analysis result shows the average validity score over the media amount 83,33% belongs to good category. The average response score over the media amount 83,24% belongs to good category. Students’ result after implementing IMindMap Media amount 93,33% from 15 students are passed and 6,67% students are failed by KKM score 75.

The result of this result shows that the learning media is good by the average score 83.33% so the media proper to use as an alternative media in learning. Students response is good by the average score amount 83.24%. And the students’ post-test result show that 1 from 15 students was not passed the KKM score over 75. Based on the research that has been done, the researcher could recommend this media could be used as one of the alternative media for teaching in delivering the converse number system material. The researcher also hopes that from this research, the next researcher could develop the learning media better on the teaching material.

Keywords : Learning media, Converse number system, Research R & D, Post-test

Author Biographies

Ahmad Agus Firman, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
I. Gusti Putu Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
Firman, A., & Asto B, I. G. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IMINDMAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 76