PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR UNTUK SMK NEGERI 1 DRIYOREJO - GRESIK

  • Gustav Mandigo Anggana Raras Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Yudha Anggana Agung Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis flash pada mata pelajaran teknik elektronika dasar yang layak digunakan dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran. Sasaran penelitian yaitu kelas X-TEI 1 di SMK Negeri 1 Driyorejo – Gresik tahun ajaran 2014/2015.

Metode yang digunakan adalah R&D yang telah dibatasi menjadi 7 tahap saja yakni (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, dan (7) analisis dan pelaporan.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah media pembelajaran interaktif yang diberi nama MELDASH. Validasi media dilaksanakan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif yang layak digunakan. Hasil validasi media menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif layak digunakan dengan hasil rating 90,83%. Respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 88,89%.

Kata Kunci: Media pembelajaran interakif, MELDASH, Respon siswa.

 

Abstract

This research aim to produce a product in the form of flash based interactive learning media on basic electronic engineering subject that reliable to be used and to know students’ responses about the media. The target of this research is X-TEI 1 class at SMK Negeri 1 Driyorejo – Gresik 2014/2015 school year.

The method used in this study is R&D that has been limited into seven stages only (1) potential and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) product validation, (5) product revision, (6) field test, and (7) analysis and writing.

The obtained result is interactive learning media named MELDASH. Validation process used to produce a valid interactive learning media. The result of media validation state that the interactive learning media has 90.83% rating. Students’ responses to this interactive learning media is really good with 88.89% rating.

Keywords: Interactive learning media, MELDASH, Students’ response.

Author Biographies

Gustav Mandigo Anggana Raras, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Yudha Anggana Agung, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
Anggana Raras, G., & Agung, Y. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR UNTUK SMK NEGERI 1 DRIYOREJO - GRESIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 33