PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN SOFTWARE FLASH 8 PADA MATA KULIAH RANGKAIAN DIGITAL UNTUK MAHASISWA D3 MANAJEMEN INFORMATIKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Rahajeng Retno Suci Saputri Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Meini Sondang Sumbawati Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran berbantuan software flash 8 dalam upaya mempermudah pembelajaran mahasiswa D3 Manajemen Informatika. Diharapkan dengan adanya media pembelajaran ini mempermudah mahasiswa dalam mata kuliah rangkaian digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran berbantuan sotware flash 8 terhadap pembelajaran di dalam kelas; (2) mengetahui respon mahasiswa D3 Manajemen Informatika terhadap pengembangan media pembelajaran software flash 8. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Sampel dari penelitian ini adalah kelas D3 Manajemen Informatika 2014. Variabel independen untuk penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran interaktif berbasis software flash 8. Variabel dependen untuk penelitian ini adalah respon mahasiswa terhadap aplikasi pembelajaran interaktif berbasis software flash 8. Variabel kontrol untuk penelitian ini adalah mata kuliah rangkaian digital. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi media pembelajaran dan angket respon mahasiswa. Hasil dari penelitian ini diperoleh: (1) pengembangan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis software flash 8 dikategorikan layak digunakan sebagai sumber belajar dengan hasil dari validator sebesar 76,7%. (2) respon mahasiswa terhadap pengembangan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis software flash 8 adalah baik, hal ini dibuktikan dengan respon baik mahasiswa dari hasil angket dengan nilai sebesar 95,2%. Berdasarkan  perolehan presentase tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran interaktif berbasis software flash 8 ini dikategorikan baik dan layak untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar mandiri untuk mahasiswa maupun layak untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran. 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8, Rangkaian Digital.        

 

Abstract

Response This research discusses about the development of learning media Flash 8 software-assisted in order to ease learning of college student D3 Informatics Management. By the present of this learning media expected to ease college student in subject of Digital Circuit. The aims of this research were: (1) to know the properness development of learning media Flash 8 software-assisted toward learning in the classroom; (2) to know response of college student D3 Informatics Management toward the development of learning media Flash 8 software. Method used was research and development. Sample of this research was classroom D3 Informatics Management 2014. The independent variable for this research was interactive learning application based on Flash 8 software. The dependent variable for this research was college student response toward interactive learning application based on Flash 8 software. The control variable of this research was subject of digital circuit. Research instrument used were validation sheet of learning media and college student response questionnaire. Result of this research obtained: (1) the development of interactive learning application based on Flash 8 software was proper to be used as learning source with result from validator 76.7%. (2) College student response toward the development of interactive learning application based on Flash 8 software was good. This is proved by college student good response from questionnaire result 95.2%. Based on percentage obtained, it could be concluded that the interactive learning based on Flash 8 software categorized good and proper to be used as one of independent learning source for college student, also proper to be used as one of learning source in teaching and learning process.

Keywords: Learning Media, Macromedia Flash 8, Digital Circuit .

Author Biographies

Rahajeng Retno Suci Saputri, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Meini Sondang Sumbawati, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
Suci Saputri, R., & Sumbawati, M. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN SOFTWARE FLASH 8 PADA MATA KULIAH RANGKAIAN DIGITAL UNTUK MAHASISWA D3 MANAJEMEN INFORMATIKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 22