PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Yudha Andriawan . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • I Gusti Putu Asto B Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar menggunakan  pembelajaran  Learning Cycle terhadap hasil belajar siswa dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran teknik elektronika di SMK Negeri 2 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design dengan menggunakan bentuk Nonequivalent Control Grup Design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X AV 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AV 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Dalam penelitian ini didapatkan nilai rerata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 80.58 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 76.09 dengan selisih kedua rata-rata adalah 4.49. Hasil perhitungan uji-t didapat thitung > ttabel yaitu thitung sebesar 5.450 dan ttabel sebesar 1.671 dengan taraf signifikan 0.05 hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.131. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dengan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran langsung.

Kata kunci : Model pembelajaran Learning Cycle, hasil belajar.

 

Abstract

The aims of this research was to determine the differences between learning results using Learning Cycle model with student learning results using direct instruction in electronic engineering subjects in SMK Negeri 2 Surabaya. The research used  experimental research. The design of study is Quasi Eksperimen Design using the form Nonequivalent Control Grup Design. Subjects in this study were class X AV 2 as an experimental class and class X AV 3 as the control class. Experimental class using Learning Cycle model and control class using direct instruction. In this research the mean average value experimental class learning results of 80.58 and an average learning results control class is 76.09 with the difference of the average is 4.49. T-test calculation results obtained tcount>ttable that tcount 5.450 and ttable 1.671 with significance level 0.05 calculation results obtained significance value of 0.131. Based on the conclusion, that there are differences in learning results of students with Learning Cycle model with the results of learning student using direct instruction.

Keyword : Learning Cycle model, learning results.

Author Biographies

Yudha Andriawan ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
I Gusti Putu Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
., Y., & Asto B, I. G. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 47