PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN MACAM - MACAM GERBANG DASAR RANGKAIAN LOGIKA DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • M. Iqbal Jamaluddin S . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • I Gusti Putu Asto B Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan model pembelajaran langsung. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar  hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), juga untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran langsung. Kemudian kedua hasil tersebut dibandingkan untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar keduanya. Metode penelitian yang dipakai dalam mencapai tujuan tersebut adalah eksperimen. Rancangan dalam penelitian ini berupa quasi eksperimental design dengan desain Nonquivalent Control Group Design , subyek dalam penelitian ini adalah kelas XTAV1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XTAV2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and learning sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Dari hasil penelitian menunjukkan  nilai  rata – rata untuk hasil belajar siswa kelas XTAV1 sebagai eksperimen sebesar 87,96 dan nilai rata – rata untuk hasil belajar kelas XTAV2 sebagai kelas kontrol sebesar 82,49 dengan selisih kedua rata – rata tersebut sebesar 5,458. Dari hasil perhitungan untuk uji-t didapatkan thitung> ttabel dimana besar nilai thitung = 4,659  dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 1,672. Melihat dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung.

Kata Kunci : Model pembelajaran CTL(Contextual Teaching and Learning), Hasil belajar.

Abstract

This research aims to determine of student achievement for student contextual teaching and  learning compared by direct instruction learning model. The research aims to find out how high the student achievement using  the contextual teaching and learning as well as to find out how high student achievement using direct instruction learning model. Then both of student achievement was compared to know the extent to which result both of student achievement. This research method used experiments. The design in this research is a quasi experimental with shape nonequivalent control group design. The subject of this research is X TAV 1 as experimental class and X TAV 2 as the control class, the experimental class use contextual teaching and learning model  while for control class using direct instruction learning models.The results of the research show that the student achievement average in experimental class is 87,96 and achievement average in control class is 82,49 with mean difference is 5,458 . the calculation for the t-test obtained tcount> ttable with a significance level α = 0.05 the student achievement in experimental class obtained  2.78 for t count and 1.67 t table. The conclusion is student achievement with contextual teaching and learning model better than student achievement with direct instruction learning model.

Key Word : Contextual Teaching and Learning, Student Achievement.

Author Biographies

M. Iqbal Jamaluddin S ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
I Gusti Putu Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
., M. I., & Asto B, I. G. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN MACAM - MACAM GERBANG DASAR RANGKAIAN LOGIKA DI SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 28