PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER ELEKTRONIKA DIGITAL UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR

  • Inggit Pangestu Rahmadiyah Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Meini Sondang Sumbawati Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan trainer elektronika digital yang dikembangkan, respon siswa, dan hasil belajar siswa setelah menggunakan trainer sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik elektronika dasar di SMK Kartika 2 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model (ADDIE), yakni tahap analisis (Analysis), pendesainan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation) dengan teknik pengumpulan data berupa teknik kuesioner, teknik tes, dan teknik observasi atau pengamatan. Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik hasil rating, yang meliputi, analisis validasi trainer dan LKS, analisis respon siswa, dan analisis hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rating validasi trainer sebesar 78,3% dengan kategori baik, dan rating validasi LKS sebesar 82,3% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan rating tersebut, trainer dan LKS layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil respon siswa terhadap trainer sebagai media pembelajaran mendapat persentase 92,25% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian sikap siswa mendapat nilai rata-rata 3,14 dengan kategori sangat baik, hasil penilaian kognitif siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 3,23 dengan kategori sangat baik, dan hasil penilaian psikomotor siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 2,98 dengan kategori baik.

Kata Kunci: pengembangan trainer, respon siswa, hasil belajar siswa.

Abstract

This research aimed to know the properness of developed digital electronic trainer, student response, and student learning achievement after using trainer as learning media on subject of basic electrical engineering in SMK Kartika 2 Surabaya. Type of this research was developmental research which according to ADDIE model, it is Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Data collecting technique were questionnaire, test, and observation. Data analysis was done by using rating result technique, that was consist of validation of trainer and Student Work Sheet analysis, student response analysis, and student learning achievement analysis. Yield of research shows that, trainer validation obtained rating 78.3% with good category, and Student Work Sheet validation rating 82.3% with category very good. Based on those rating, trainer and Student Work Sheet are proper to be used as learning media. Result of student response on trainer as learning media obtained 92.25% with category very good. The assessment result of student affective obtained mean 3.14 with category very good, the assessment result of student cognitive obtained mean 3.23 with category very good, and the assessment result of student psychomotor obtained mean 2.98 with good category.

Keywords                : trainer development, student response, student learning achievement.

Author Biographies

Inggit Pangestu Rahmadiyah, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Meini Sondang Sumbawati, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
Rahmadiyah, I., & Sumbawati, M. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER ELEKTRONIKA DIGITAL UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 136