PENGEMBANGAN TRAINER SENSOR JARAK DAN WARNA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KOMPONEN ELEKTRONIKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Susilo Praptomo . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Bambang Suprianto . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Kemajuan di bidang teknologi berkembang dengan cepat. Seluruh peralatan–peralatan rumah tangga dan indutri akan menggunakan teknologi dengan prinsip–prinsip otomasi. Sensor sebagai salah satu komponen penting dalam otomasi berfungsi untuk merasakan segala perubahan dilingkungan sekitar. Menurut. Percepatan tercapainya proses belajar mengajar dibutuhkan suatu media yang mempermudah dan mempercepat pemahaman pada proses belajar mengajar. Universitas Negeri Surabaya memiliki program studi Pendidikan Teknik Elektro. Salah satu mata kuliah yang ada yaitu Komponen Elektronika, yang memelajari tentang macam-macam sensor.

Trainer sensor jarak dan warna sebagai media pembelajaran memiliki dua buah sensor yaitu sensor jarak infra merah GP2Y0A21 dan sensor warna TCS230. Hasil dari output sensor dibaca oleh mikrokontroler ATMega16 yang selanjutnya dikonversikan dalam bentuk centimeter dan frekuensi warna untuk ditampilkan pada LCD 16x2. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan dari trainer berserta experiment sheet dan selanjutnya diujikan kepada 30 sampel. Tiap mahasiswa diberikan experiment sheet untuk melakukan percobaan. Penilaian keterbacaan keterbacaan experiment sheet dilakukan dengan mengamati mahasiswa melakukan percobaan.

Kelayakan trainer sensor jarak dan warna ini sebesar 89,16% sedangkan kelayakan dari experiment sheet sebesar 89,69%, yang artinya layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil pengujian keterbacaan mahasiswa terhadap experiment sheet didapatkan sebesar 93,12% yang artinya media pembelajaran tersebut layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar..

Kata Kunci: sensor jarak, sensor warna, TCS230, GP2Y0A21, experiment sheet

 

Abstract

Along with technological advances that grew rapidly, all of house wares and industry tools would use technology in automation principle. Sensor was one of important component in automation which detected any kind of charge all around. Acceleration of learning-teaching process needed a media gaining to accelerate and ease comprehension in learning-teaching process. State University of Surabaya had an education program, was electrical engineering education  course.

The distance and color sensor trainer as a learning media had two kinds of sensor in which they were GP2Y0A21 infrared distance sensor and TCS230 color distance. The result of the sensor output was red by ATMega16 microcontroller then converted in centimeter and color frequency was displayed to 16x12 LCD. This study was conducted in order to find out the feasibility of trainer and its experiment sheet, and then tested to 30 samples. The experiment was done by every student with experiment sheet on it. Thus, the legibility was assessed by observing students’ experiment.

As a result, the feasibility of distance and color sensor trainer was 89.16%, whereas experiment sheet was 89.69.  It meant that they were achievable as a learning media.  Then, the result of legibility toward experiment sheet was 93.12%. Therefore, the learning media was feasible used in learning-teaching process..

Keywords: distance sensor, color sensor, TCS230, GP2Y0A21, experiment sheet.


 

Author Biographies

Susilo Praptomo ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Bambang Suprianto ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
., S., & ., B. (2015). PENGEMBANGAN TRAINER SENSOR JARAK DAN WARNA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KOMPONEN ELEKTRONIKA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 53