PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENERAPKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 3 BUDURAN SIDOARJO

  • Eki Pristiyanto . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Nur Kholis . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia maka perlu diciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka, demokratis serta membangun kesadaran untuk bersaing bagi para peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut guru dapat menerapkan salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah Contextual Teaching and Learning (CTL) atau pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar pada mata pelajaran teknik listrik di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pada penelitian pengembangan teknik pembelajaran ini peneliti menggunakan model pengembangan yang disebut dengan 4-D (Four D-Model). Rancangan penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Sasaran penelitian ini adalah  siswa kelas XI program keahlihan Kelistrikan Kapal. Untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dilakukan dengan validasi para ahli yaitu dosen dan guru. Untuk mengetahui hasil motivasi belajar siswa terhadap proses pembelajaran kontekstual dengan memberikan angket kepada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran mencakup RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), LKS (Lembar Kerja Siswa), bahan ajar, angket motivasi belajar, soal evaluasi. Validasi perangkat pembelajaran untuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) mendapatkan hasil rating 77,33%, LKS (Lembar Kerja Siswa) mendapatkan hasil rating 78%, bahan ajar mendapatkan hasil rating 76,57%, angket motivasi belajar mendapatkan hasil rating 78,75%, soal evaluasi mendapatkan hasil rating 76,42%, (2) Persentase pemberian motivasi belajar terhadap siswa mengalami peningkatan sebesar 90,62%, (3) Persentase prestasi belajar siswa mendapatkan hasil rating sebesar 93,75%.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And  Learning), Dan Model Pengembangan 4-D (Four D-Model).

 

Abstract

In order to improve education quality in Indonesia, it is necessary to created smart life, peace, openness, democratic and wake up awareness to compete for learners. To achieve that goal, teacher may apply one of instruction model which able to become an alternative to overcomes that problems, it is Contextual Teaching and Learning (CTL) or contextual instruction to improve learning motivation and learning achievement on subject of Electrical Engineering in SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. This research was developmental research. In this learning technique development research, researcher used develop model called 4-D (four D model). Research design used was One-Shot Case Study. The objects of this research were student grade XI vocational program of Ship Electricity. To know the properness of learning set performed validation by experts, lecturers and teachers. To know result of students learning motivation on contextual learning process, it was by giving questionnaire to the students. Result of this research shows that: (1) Learning set including Lesson Plan, Student Work Sheet, teaching material, learning motivation questionnaire, and evaluation problems. Validation of Lesson Plan obtained rating 77.33%, Work Sheet obtained rating 78%, teaching material obtained rating 76.57%, learning motivation questionnaire obtained rating 78.75%, evaluation problems obtained rating 76.42%, (2) percentage of giving learning motivation on student have improved 90.62%, (3) percentage of student learning achievement obtained rating 93.75%.

Keywords: Learning Set, Contextual Instruction Model (Contextual Teaching And Learning), And Develop Model 4-D (Four D-Model).

Author Biographies

Eki Pristiyanto ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Nur Kholis ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
., E., & ., N. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENERAPKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 3 BUDURAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 15