PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PRAKTEK BERPASANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMBUAT REKAMAN AUDIO DI STUDIODI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Muhammad Humaidi . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Edy Sulistyo . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Latar belakang diadakan penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar siswa di SMK. Kondisi seperti ini mengkibatkan rendahnya hasil belajar atau ketuntasan belajar siswa di sekolah, dengan menggunakan strategi praktek berpasangan dan media pembelajaran untuk membuat rekaman audio di studio, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk:  mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Praktek Berpasangan lebihh tinggi dengan siswa yang menggunakan pembelajaran sekolah setempat. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalen Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 2 Surabaya. Di ambil sampel sebanyak 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Kelas XI TAV 1 sebagai kelas eksperimen dan XI TAV 3 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran praktek berpasangan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran yang sekolah setempat dengan rata-rata hasil belajar sebesar 91,26 (kelas eksperimen) dan 88,73 (kelas kontrol).

Kata kunci : Strategi praktek berpasangan, pembelajaran langsung, hasil belajar siswa.

Abstract

The background of conducted research is the lack of instructional media that can support student learning process in vocational school. This conditions make decrease learning outcomes or exhaustiveness of student in school, by using practice rehearsal pairs srategi and instructional media to make audio recording at studio, is expected to increase student learning outcomes. The aims of this research is: discerning the differences of student learning outcomes by using practice rehearsal pairs srategi is higher than student learning outcomes by using direct instruction. The research methods is quasi experiment, with research design that is used is nonequivalent control design. The population in this research are all students of SMK Negeri 2 Surabaya. Sample is taken 2 classes from population with the technique sampling that is used is random sampling. TAV 1 class of grade XI as an experimental class and TAV 3 class of grade XI as the control class. While to discern the differences of learning outcomes of that classes is used t-test data analysis technique. The researh results show that: The student learning outcomes using practice rehearsal pairs srategi is higher than student learning outcomes using direct instruction, with averages of student learning outcomes are 91.26 outcomes (experimental class) and 88.73 (control).

Keywords : practice rehearsal pairs srategi, direct instruction, student learning outcomes.

 

Author Biographies

Muhammad Humaidi ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Edy Sulistyo ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
., M., & ., E. (2015). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PRAKTEK BERPASANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMBUAT REKAMAN AUDIO DI STUDIODI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 11