PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK

  • Ali Rosidi . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Supari Muslim . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Latar belakang adanya penelitian ini adalah kurangnya keterampilan siswa pada standar kompetensi memasang instalasi penerangan listrik karena masih digunakannya model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pada model pembelajaran tersebut, siswa kurang dituntut untuk menguasai materi sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pada penelitian eksperimen ini menggunakan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas XI TIPTL 2 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan kelas XI TIPTL 3 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung; dan
(2) untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian menyimpulkan: (1) rata-rata nilai gain (peningkatan) siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih tinggi secara signifikan (0,77) dibanding siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung (0,68) pada standar kompetensi memasang instalasi penerangan listrik; (2) hasil belajar ranah kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih tinggi secara signifikan (83,54) dibanding siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung (77,70); (3) hasil belajar ranah afektif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih tinggi secara signifikan (83,48) dibanding siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung (82,06); dan (4) hasil belajar ranah psikmotor siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih tinggi secara signifikan (83,96) dibanding siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung (82,73). Penelitian menyarankan: (1) model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat dijadikan alternatif dalam menciptakan suatu pembelajaran yang menarik; (2) model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat digunakan sebagai inovasi, sehingga pendekatan ini dapat diterapkan pada mata diklat lain yang sesuai;
(3) penelitian ini dapat digunakan untuk penelitian lanjutan dengan model pembelajaran yang lebih variasi dan lebih kompleks.

Kata kunci: Model pembelajaran Learning Cycle 5E, penelitian eksperimen, dan hasil belajar.

Abstract

The reason of this research is the lack of students's skills in competency standard of installing electrical lighting installation because it’s still use the student-centered learning model. In the student-centered learning model, students are less required to understand the learning materials with active so it’s effect on student learning outcomes. This experimental research use two classes as samples, XI TIPTL 2 class as an experimental class that learned using the 5E Learning Cycle model and XI TIPTL 3 class as a control class that learned using direct instructional model. The purpose of this research is: (1) to determine whether there are differences in learning outcome among the students that learned using the 5E Learning Cycle model with students that learned using the direct instructional model; and
(2) to determine whether there are differences in learning outcomes among the students that learned using the 5E Learning Cycle model with students that learned using the direct instructional model. The research concluded:
(1) the average gain value of students that learned using the 5E Learning Cycle model (0,77) is higher of the students that learned using the direct instructional model (0,68) significantly; (2) the learning outcomes in cognitive domain of students that learned using the 5E Learning Cycle model (83,54) is higher of the students that learned using the direct instructional model (77,70) significantly; (3) the learning outcomes in affective domain of students that learned using the 5E Learning Cycle model (83,48) is higher of the students that learned using the direct instructional model (82,06) significantly; and (4) the learning outcomes in psychomotor domain of students that learned using the 5E Learning Cycle model (83,96) is higher of the students that learned using the direct instructional model (82,73) significantly. The research suggests: (1) the 5E Learning Cycle model can be used as an alternative to creating an exciting learning; (2) the 5E Learning Cycle model can be used as an innovation, so this approach can be applied to other appropriate training; (3) this research can be used for further research with a learning model that more and more complex variations.

Keywords: the 5E Learning Cycle model, experimental research, and learning outcomes.

Author Biographies

Ali Rosidi ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Supari Muslim ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
., A., & ., S. (2015). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 51