PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BUZZ GROUPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN RANGKAIAN LISTRIK DI SMK NEGERI 1 BENDO MAGETAN

  • Thiyo Ma'arief . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Munoto . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan pembelajaran tipe Buzz Groups untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitain dan pengembangan. Jenis pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan model 4-D (four D model) yang telah dimodifikasi menjadi tiga tahap yakni tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Dalam penelitian ini disusun perangkat pembelajaran dan instrument berupa angket respon, lembar pelaksanaan pembelajaran yang telah divalidasi oleh para ahli. Uji coba dilakukan pada siswa kelas X TAV SMKN 1 Bendo, Magetan. Subyek penelitian terdiri dari dua kelas yakni kelas X TAV 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X TAV 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) validitas dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Buzz Groups didapat sebesar RPP 81,15%, LKS 84%, dan 30 soal tes dinyatakan valid sehingga perangkat pembelajaran layak digunakan, (2) respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Buzz Groups menunjukkan prosentase rata-rata sebesar 87,15% Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa sangat tertarik dengan metode pembelajaran Buzz Groups, (3) Hasil uji-t menunjukan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Buzz Groups lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.dengan harga t hitung sebesar 3,367 yang dikonsultasikan pada t tabel 1,68, (4)  proses pembelajaran dihari pertama dan kedua menunjukkan hasil rating sebesar 85,64%,  keterlaksana dengan baik. Sedangkan keterlaksanaan proses pembelajaran pada pertemuan ketiga dan keempat didapatkan hasil rating sebesar 90,47% nilai tersebut mengindikasikan bahwa terdapat perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas pada pertemuan ketiga dan keempat dibandingkan dengan pertemuan pertama dan kedua.

Kata kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran tipe Buzz Group, Rangkaian Listrik

 

Abstract

This research aims to develop buzz groups type as cooperative learning set to improve students’ result. This research is a kind of developmental reseach. The type of development which is conducted is 4-D development model ( four D model) which has been modified into three steps. They are define, design and develop. The learning set and instrument which are arranged in this research are questionnaiere for response and the learning implementation sheet which has been validated by the expert. The try out is conducted to the students at tenth grade of  X TAV SMK 1 Bendo, Magetan. The subjects of the research are the student  from two classes. They are 30 students from tenth grade X TAV 1 as experimental group and 30 students from tenth grade X TAV 2 as the controlled groups. The analysis technique which is used in this research is descriptive statistic analysis. The results show that : (1) the validity of the learning set which is developed by using buzz groups type as the cooperative learning set for lesson plan is 81.15%, for students’ worksheet is 84%, and 30 question for the tes is valid. Three of those aspects causes the learning set is appropriate to be used, (2) The students’ response for the component of the activities of the learning process by using buzz groups type as cooperative learning is 87.15%. Based on this fact, it can be concluded that the students are very interested in the buzz groups learning method. (3) the result of the t-test shows that the study results of the students who use buzz groups type is higher than those who use conventional mode. T count is 3.367 and is matched to the t table 1.68. (4) the learning process in the first and second days shows the rating for  85.64%, and good implementation. The implementation of the third and fourth meetings gets the rating for 90.47%. This  score indicates that there is an improvement in the third and fourth meetings compared to the first and second meetings.

Keywords: developing buzz group type as cooperative learning set, electrical circuit


Author Biographies

Thiyo Ma'arief ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Munoto . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
., T., & ., M. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BUZZ GROUPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN RANGKAIAN LISTRIK DI SMK NEGERI 1 BENDO MAGETAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 19