PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA STANDAR KOMPETENSI INSTALASI LISTRIK DASAR PADA SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Alif Israk Laila Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Supari Muslim . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah: (1) kurangnya interaksi antara guru sebagai tenaga pendidik dengan siswa sebagai peserta didik; (2) intensitas belajar peserta didik; (3) model pembelajaran yang kurang efisien; dan (4) ketuntasan hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran SAVI.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran; (2) untuk menganalisis intensitas belajar siswa; dan (3) untuk menganalisis hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan bentuk desain eksperimen Pre-ExperimentalDesign dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TITL-1 SMK Negeri 7 Surabaya dengan jumlah 31 siswa. Untuk teknik analisis data menggunakan statistik uji-t satu sampel berpasangan (paired sample t-test). Penelitian menyimpulkan: (1) hasil validasi terhadap kualitas perangkat pembelajaran mendapatkan nilai sebesar 83,3, nilai reliabilitas  0,81, nilai korelasi 0,34, dengan kriteria sangat baik dan layak, sehingga perangkat pembelajaran tersebut layak diterapkan pada penelitian; (2) hasil  penelitian menunjukkan bahwa intensitas belajar siswa sebanyak 54,83% siswa berkriteria tinggi, 41,93% berkriteria sedang dan 3,22% siswa berkriteria rendah, sehingga  dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan intensitas belajar siswa; dan (3) berdasarkan hasil perhitungan uji t, diperoleh t hitung hasil belajar ranah kognitif sebesar -38,99, dan t tabel -2,04, dengan skor nilai rata-rata pre-test sebesar 40,97 dan nilai rata-rata pos-test sebesar 84,52, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rerata hasil pretest dan posttest secara signifikan, sedangkan rata-rata hasil belajar ranah afektif siswa sebesar  82,41 rata-rata hasil belajar ranah psikomotor siswa sebesar 82,31. Dengan menggunakan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif, hasil belajar afektif, dan hasil belajar ranah psikomotor siswa.Penelitian menyarankan: (1) guru harus mengupayakan agar dalam diskusi kelompok semua anggota kelompok aktif sehingga dapat mengoptimalkan indera yang dimiliki siswa dan sesuai dengan tujuan pembelajaran SAVI yaitu mengoptimalkan kemampuan somatis, auditory, visual, dan intellectual siswa; (2) guru dapat menerapkan model pembelajaran SAVI untuk meningkatkan kerja sama dan membangun komunikasi lebih baik antarsiswa maupun siswa dengan guru; dan (3) solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala di atas yaitu guru hendaknya menyelingi dengan candaan ringan saat pembelajaran berlangsung atau dapat juga memperlihatkan video tentang seseorang yang telah berhasil dan sukses.

Kata Kunci: Model Pembelajaran SAVI, intensitas belajar siswa, hasil belajar ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor

Abstract

The backgroundof this researchare: (1) the lackof interactionbetweenteachersas educatorsand studentsaslearners; (2) the intensityof learners; (3) learning modelsthat are lessefficient; and(4) masterylearning outcomes of students. To overcome these problems, researchers appliedlearning modelSAVI.This study aims to: (1) todescribethefeasibilitystudy; (2) toanalyzethe intensity ofstudent learning; and(3) toanalyzestudent learning outcomes. This study used aform ofexperimentaldesignPre-Experimental DesignwithtypeOne-group pretest-posttest design. The subjects werestudents of class X-1 TITLSMK7 Surabayaby the number of31 students. Forstatisticaldata analysis techniques usingonesamplet-testpairs (paired sample t-test).The studyconcluded: (1) the results ofthe validation of thequality oflearningtoolsto geta value of83.3, the reliability valueof 0.81, the correlationvalue of0.34, with averygoodandwell worth thecriteria, so that the deviceiswell worthlearningapplied tothe study; (2) the results showedthatthe intensity ofstudent learningas much as54.83% higherberkriteriastudents, 41.93% and3.22% berkriteriabeingberkriteriastudentsis low,so it canbe concludedthatbyusingSAVIlearning modelcanincrease the intensity ofstudent learning; and(3) based on theresults ofthe t testcalculation, obtainedtcognitive learningoutcomesof-38.99, -2.04andttable, withaveragescoresof pre-test of 40.97andthe average value ofthe post-testof84.52, so itcan beconcluded that there aredifferences between the meanpretest and posttestresultssignificantly, while the averageaffectivestudentlearning outcomesforan average82.41psychomotorlearning outcomesof studentsat82.31. By usingSAVIlearning modelcanimprovecognitive learningoutcomes, learning outcomes affective, andpsychomotorlearning outcomesof students.Researchsuggests: (1) the teachershouldstrive forindiscussiongroupsallactivegroup membersso as tooptimizethe sensesof the studentsandin accordancewith thepurpose of learningisto optimize the abilitySAVIsomatic, auditory, visual, andintellectualstudents; (2) the teachercanapplySAVIlearning modeltoimprove cooperationandestablishbettercommunicationstudent-studentandstudenttoteacher; and(3) a solutionthat isdonetoovercomethe abovethatteachers shouldinterspersewithmildjokewhenlearning takes placeorcanalsoshowa videoaboutsomeonewhohas beensuccessfulandsuccess.

Keywords:SAVI instruction model, student learning achievement, learning achievement.


Author Biographies

Alif Israk Laila, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Supari Muslim ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
Laila, A., & ., S. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA STANDAR KOMPETENSI INSTALASI LISTRIK DASAR PADA SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 12