PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • Titik Khoyriah . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Joko . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah masih digunakannya model pembelajaran langsung pada lembaga pendidikan. Pada model pembelajaran langsung, siswa kurang dituntut untuk menguasai materi secara aktif sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu kelas XI TITL 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan kelas XI TITL 1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Dalam penelitian ini terdapat 3  tahapan yaitu tahap persiapan penelitian, tahap pelaksanaan penelitian, dan tahap penyajian hasil penelitian. Penelitian menyimpulkan: (1) perangkat pembelajaran pada model pembelajaran berbasis proyek termasuk kategori sangat baik dengan rata-rata penilaian validator adalah 80,43%; (2) Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh t hitung  hasil belajar ranah kognitif sebesar 6,091, dan t tabel 2,04.  T hitung hasil belajar ranah afektif 5,944, dan t tabel  2,04, t hitung hasil belajar ranah psikomotor sebesar 12,22 dan t tabel 2,04.dan taraf signifikan  α = 0,05. Dengan demikian  nilai thitung > tTabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian menyarankan: (1) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek ini dapat dijadikan alternatif dalam proses belajar mengajar agar proses belajar mengajar lebih menarik minat belajar siswa; (2) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dapat digunakan sebagai inovasi baru dalam pembelajaran dalam rangka menuntaskan hasil belajar siswa, sehingga pendekatan ini dapat diterapkan pada mata diklat lain yang sesuai; (3) Penelitian ini dapat dipakai untuk penelitian lanjutan dengan model pembelajaran yang lebih variasi dan lebih kompleks.

Kata kunci: Model pembelajaran berbasis proyek, penelitian eksperimen, perangkat pembelajaran,  hasil belajar.

Abstract

The background of conducting this research was still used of direct instruction model in educational institution. At direct instruction, students demand less to mastering material actively, then it affected on students learning achievement. Influence Of Project Based Learning Models, it expected to improve student learning achievement and student activity. Type of this research was experimental research. In this research samples used were two classrooms, they are Classroom XI TITL 2 as experimental classroom which used problem base instruction model using REACT strategy, and Classroom XI TITL 1 as control classroom which used direct instruction model. This research had 3 stages, it were research planning, research execution, and result presentation. Researcher concluded: (1) learning set were used at Project Based Learning Models in very good category with average score from validator was 80,43%; (2) student activity along teaching and learning always increased with average score of each class was 72,1 ; (3) Based on t-test calculation, obtained t calculation of cognitive learning achievement was 6.091, and t table 2.04. t calculation of cognitive learning achievement was 5.994 and t table 2.04. t calculation of psychomotor learning achievement was 12.22 and t table 2.04 and significance a = 0.05. Thus, value of tcalculation > ttable, then could be concluded that students learning achievement including cognitive learning achievement, affective learning achievement, and psychomotor learning achievement at classroom which used Project Based Learning Models was higher than classroom which used direct instruction model. Research suggest: (1) Project based learning models can be made alternative in course of learning to teach process to learn to teach more interesting enthusiasm learn student; (2) Research can wear for the research of continuation with more study model  variation and more complex.

Keywords: Project based learning models, experimental research, learning set, learning achievement.

Author Biographies

Titik Khoyriah ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Joko . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
., T., & ., J. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 66