PENGEMBANGAN MODUL BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES YANG DILENGKAPI SOFTWARE DSCH2 UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA DAN MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

  • Putri Silaturrachmi . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Munoto . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar berupa modul dengan model penelitian pengembangan. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul berorientasi keterampilan proses yang dilengkapi software DSCH2 untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Dengan modul ini diharapkan siswa mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa dan melatihkan keterampilan berpikir kritis.

Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D (four D-Models). Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun dalam penelitian ini, pengembangan modul hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan (Develop). Karena tahap penyebaran (Disseminate) tidak di lakukan peneliti di karenakan peneliti hanya ingin mengetahui tingkat kelayakan modul dari hasil validasi oleh para ahli dan ketuntasan belajar siswa.

Hasil validitas modul dinyatakan sangat layak dengan persentase 88.43%. Keterlaksanaan pembelajaran modul adalah sangat baik pada pertemuan I, II dan III dengan persentase 90%, 93.75% dan 97.5%. Ketuntasan belajar siswa pada kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, dan keterampilan seluruh siswa telah mencapai ketuntasan. Pada kompetensi pengetahuan menunjukkan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dari 0% menjadi 84% siswa yang tuntas belajar secara individual. Hasil keterampilan berpikir kritis siswa mempunyai kualifikasi keterampilan berpikir kritis dengan rata-rata baik (B). Kesimpulan peneliti adalah modul berorientasi keterampilan proses yang dilengkapi software DSCH2 untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran dan melatihkan kemampuan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: modul, keterampilan proses, software DSCH2, keterampilan berpikir kritis

Abstract

This research is a developmental research which develops the learning materials in the form of module. This research aims to develop the module which is oriented to the process skill and completed by DSCH2 software to train the students’ critical thingking. The students are expexted to be able to improve their learning achievement and train their cirtical thinking by using this module.

This research is based on the 4-D (four D-Models) developmental research model. This model consists of four steps. They are define, design, develop, and disseminate. However, the development of the module in this research is only conducted until develop step. The disseminate step is not done by the researcher because the researcher only wants to find the feasibility level of the module besed on the expert validation and students’ study achievement.

The result shows that the validity of the module is feasible to be used by getting the percentage of 88.43%. The use of the module in the learning process is very good in the meeting I (90%), II (93.75%), and III (97.5%). All of the students have achieved the spiritual, social, and skill competences. The improvement in the cognitive competence is 84%. It was 0% and it becomes 84% of the students who can achieve the learning achievement individually. The result of the students’ critical thinking skill gets the qualification and average of good (G). The conclusion drawn by the researcher is that the module which is oriented to the process skill and completed by DSCH2 software to train the critical thingking can be used as one of the alternatives in the learning process and train the students’ critical thingking.

Keywords : module, process skill, DSCH2 software, critical thinking skill 

Author Biographies

Putri Silaturrachmi ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Munoto . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
., P., & ., M. (2015). PENGEMBANGAN MODUL BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES YANG DILENGKAPI SOFTWARE DSCH2 UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA DAN MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 26