PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMNET TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT MULOK ELEKTRONIKA DI SMP NEGERI 6 SURABAYA.

  • Sultan Firstarizki Huda Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan Metode Pembelajaran Edutainmnet pada mata diklat Mulok Elektronika terhadap kelas eksperimen di SMP Negeri 6  Surabaya.

Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu ”Nonequivalent Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Mulok Elektronika SMP Negeri 6 Surabaya. Diambil sampel sebanyak 2 kelas, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.

Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu ”Nonequivalent Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Mulok Elektronika SMP Negeri 6 Surabaya. Diambil sampel sebanyak 2 kelas, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.

Kata kunci: metode pembelajaran edutainment, model pembelajaran kooperatif , hasil belajar siswa, pengaruh metode.

 

Abstract

The purpose of this research is to know the influence of the application of the learning methods edutainment on experiments class electronics in  junior high schools 6 Surabaya.

This research used quasi experiment method with draft research “nonequivalent control design” . Sample in this research is a student of  VII grade electronics class of high schools 6 surabaya .Taken samples from 2 class , VIII C grade as a experimentation sample and VIII B grade as a control sample .While to know the results of this research used uji-t data analysis.

The results showed that H1 stating “Learning edutainment method improve post test assessment of experiment class sample on memahami konsep dasar sumber daya adaptor dan mengidentifikasi komponen-komponen sumber daya adaptor subject ” accepted. Because of the t hitung is 2,008 entered into the rejection of H0. This indicates that edutainment learning methods can improve student post test assesment.

Keywords: edutainment methods , cooperative models, students assesment, the influence.

Author Biographies

Sultan Firstarizki Huda, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
Huda, S., & Rusimamto, P. (2015). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMNET TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT MULOK ELEKTRONIKA DI SMP NEGERI 6 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 90