PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • Mochamad Ma'aruf . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Endryansyah . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran problem solving pada mata pelajaran teknik listrik dan untuk mengetahui respon siswa terhadap metode pembelajaran problem solving.

Penelitian ini yaitu menggunakan penelitian Quasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 5 Surabaya kelas X AV-1 yang berjumlah 36 siswa dan X AV-2 yang berjumlah 34 siswa sedangkan instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar dan respon siswa terhadap metode pembelajaran problem solving Data ketuntasan di kumpulkan dengan pemberian tes akhir belajar berupa soal dan respon siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diukur dari pencapaian nilai KKM adalah 75 pada mata pelajaran teknik listrik dan pemberian angket untuk mengetahui respon siswa.

Hasil penelitian ini memberikan hasil yaitu instrumen penelitian perangkat metode pembelajaran problem solving mendapatkan hasil rating 87%, respon siswa terhadap metode pembelajaran problem solving dengan hasil rating 84,71 %. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan metode pembelajaran problem solving mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Kata kunci : Metode Pembelajaran, problem solving dan hasil belajar.

Abstract

 

The purpose of this research is to know the results of student learning using a method problem solving learning on the subjects of electrical engineering and to know the response of students learning to a method problem solving.

This research namely using quasi research experiments the subject of research students vocational school class 5 surabaya X AV-1 which totaled 36 students and X AV-2 which totaled 34 students. While an instrument of this research is learn the test results and response students against the learning methods problem solving in data gleaned by administering a test in the form of the end of the learn about and response to know the students learning outcomes of students who measured from the attainment of value KKM is 75 on the subjects of electrical engineering and granting poll to know response students.

This research result namely give the results of research instruments device the learning methods solving the problem of getting results rating of 87 % student response against the learning methods with a problem solving results 84,71 rating %. Based on research results above then can conclude that class who uses the learning methods get the problem solving learning outcomes that maximum.

Key words: Method of learning, problems solving and the results of study.

Author Biographies

Mochamad Ma'aruf ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Endryansyah . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
., M., & ., E. (2015). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 5 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 56