PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 3 BUDURAN SIDOARJO

  • DHIDIK Setiawan SETIAWAN Jurusan Teknik Elektro

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskriptif tentang aktivitas siswa dalam pembelajaran elektronika dengan srategi pembelajaran inkuiri pada kompetensi dasar elektronika optik. Sampel penelitian yaitu kelas X TKJ di SMKN 3 Buduran Sidoarjo tahun ajaran 2011/2012. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “Postest Only Control Group Desain”.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui, lembar aktifitas siswa, dan hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang dinyatakan dalam persentase. Perlakuan pertama yaitu menunjukkan proses pembelajaran sebelum dilakukan pembelajaran kemudian memberikan proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Inkuiri, dan terakhir diadakan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Adapun perangkat pembelajaran yang di gunakan adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan modul. Hasil validasi yang dilakukan oleh pakar menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang di gunakan dinyatakan valid. Dari hasil lembar aktifitas siswa menunjukkan metode pembelajaran inkuiri mempunyai hasil rata-rata setiap pertemuan sebesar 77% dikategorikan baik, sedangkan dari hasil belajar siswa menunjukkan bahwa sebagian besar nilai siswa dapat dicapai dengan baik. Diketahui bahwa ttestsebesar 4,614 dan ttabel sebesar 2,00. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran inkuiri lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci : Metode Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar Siswa.

 

Abstract

This research aim to know expansion descriptive of electronics students in learning activities with learning srategi inquiry on standard of competence optical electronics. Research target that is class X TKJ in SMKN 3 Buduran Sidoarjo school year 2011/2012. Research planning applied is " Posttest Only Control Group Design".

Data collecting method in this research obtained through, student response equated, and result of student learning analyzed descriptively is quantitative which expressed in percentage. The first treatment is demonstrated the process of learning then give learning process by using inquiry learning method,  and last give the post-test to determine student learning outcomes.

As for study peripheral which in using is syllabus, execution plan of study, and module. Validation result done by expert indicates that study peripheral which in using expressed valid. From result of student activity equated shows study inquiry learning method has result of rating equal to 77% categorized to be competent while from result of student learning indicates that most of reachable student value carefully. Known that t-test equal to ttest 4,614 and ttabels 2,00. Based on result of research, hence inferential that inquiry learning method has learning result that is better than class using conventional study model.

Keyword : Inquiry Learning Method, Result Of Student Learning.

Author Biography

DHIDIK Setiawan SETIAWAN, Jurusan Teknik Elektro
Jurusan Teknik Elektro
Published
2013-01-01
How to Cite
SETIAWAN, D. (2013). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 3 BUDURAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 187