PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN METODE GROUP INVESTIGATION DENGAN STRATEGI BELAJAR STRATEGI ORGANISASI PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI RADIO PENERIMA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • BUDI Septiawan SEPTIAWAN Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan metode pembelajaran group investigation dengan strategi belajar strategi organisasi. Sasaran penelitian yaitu kelas XI TAV di SMK Negeri 2 Surabaya tahun ajaran 2012/2013. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “Postest Only Control Group Desain”.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui, angket respon siswa, dan hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang dinyatakan dalam persentase. Tahapan yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu tahap analisa masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap ujicoba produk, analisa dan pelaporan.

Adapun perangkat pembelajaran yang di gunakan adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan materi ajar siswa. Hasil validasi yang dilakukan oleh pakar menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang di gunakan dinyatakan valid. Dari hasil angket respon siswa menunjukkan metode pembelajaran group investigation dengan strategi belajar strategi organisasi mempunyai hasil rating sebesar 77,1% dikategorikan layak sedangkan dari hasil belajar siswa menunjukkan bahwa sebagian besar nilai siswa dapat dicapai dengan baik. Diketahui bahwa t-test sebesar ttestsebesar 5,149 dan ttabel sebesar 2,00. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran group investigation dengan strategi belajar strategi organisasi mempunyai hasil belajar yang lebih baik daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci : metode pembelajaran group investigation dengan strategi belajar strategi organisasi, Postest Only Control Group Desain , Hasil Belajar Siswa.

Abstract

This research aim to know development of the study peripheral using group investigation learning metode with strategy organization of learning strategy. Research target that is class XI TAV in SMK Negeri 2 Surabaya school year 2012/2013. Research planning applied is " Posttest Only Control Group Design."

Data collecting method in this research obtained through, student response equated, and result of student learning analyzed descriptively is quantitative which expressed in percentage. The stages are implemented in this research is the analysis phase of the problem, the data collection phase, the product design stage, stage design validation, revision stage design, stage of product testing, analysis and reporting.

As for study peripheral which in using is syllabus, execution plan of study, and student teaching book. Validation result done by expert indicates that study peripheral which in using expressed valid. From result of student response equated shows group investigation learning metode with strategy organization of learning strategy has result of rating equal to 77,1% categorized to be competent while from result of student learning indicates that most of reachable student value carefully. Known that t-test equal to ttest 5,149 and ttabels 2,00. Based on result of research, hence inferential that group investigation learning metode with strategy organization of learning strategy has learning result that is better than class using conventional study model.

Keyword : Group Investigation Learning Metode With Strategy Organization Of Learning Strategy, Postest Only Control Group Desain, Result Of Student Learning.

Author Biography

BUDI Septiawan SEPTIAWAN, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
SEPTIAWAN, B. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN METODE GROUP INVESTIGATION DENGAN STRATEGI BELAJAR STRATEGI ORGANISASI PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI RADIO PENERIMA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 50