PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF DENGAN STRATEGI PETA KONSEP PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI SISTEM PENERIMA TELEVISI DI SMKN 1 SIDOARJO

  • BAYU GANDA GANDA ASMARA Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran pada standar kompetensi memperbaiki sistem penerima televisi menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan strategi peta konsep. Disamping itu penelitian ini juga bertujuan memproses informasi ketrampilan sosial siswa dan hasil belajarnya.

Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan enam tahap, pada tahap uji coba produk  digunakan desain one-shot case study dengan subjek sebanyak 30 siswa kelas XI TAV SMKN 1 Sodoarjo. Instrumen penelitian berupa instrumen validasi terhadap perangkat, instrumen hasil belajar, dan lembar pengamatan ketrampilan sosial siswa. Analisis data validasi antar vaidator menggunakan indeks validitas ≥ 0,7.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian perangkat pembelajaran dari 4 orang validator dengan 3 aspek penilain yang diantaranya adalah aspek materi ajar siswa yang didapat nilai 0,766, untuk aspek rencana pelaksanaan pembelajaran siswa didapat nilai 0,742, dan untuk aspek soal post-test didapat nilai 0,775.

Hasil dari penelitian didapatkan rata-rata nilai kelas sebesar 75,33 sedangkan standar nilai kelulusan kelas adalah 75 sehingga dapat Disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif dengan strategi peta konsep memenuhi standar nilai kelulusan siswa. Berdasarkan hasil penilaian ketrampilan sosial siswa terhadap pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif dengan strategi peta konsep dapat dikategorikan memuaskan dengan rata-rata nilai yang didapat 58,59%.

Kata kunci : Strategi Belajar peta konsep, Model Pembelajaran kooperatif, memperbaiki sistim penerima televisi

ABSTRACT

This study aims to develop learning tools in improving the competency standard television receiver system using cooperative learning model with the concept map strategy. In addition, this study also aims to process information and the social skills of students learning outcomes.

 

The method used is a research and development (R & D) with six stages, the product testing stage design used one-shot case study to the subject of as many as 30 students of class XI TAV SMKN 1 Sodoarjo. The research instrument in the form of validation of the instrument, the instrument of learning outcomes, and students' social skills observation checklist. Analysis of data validation between vaidator use validity index ≥ 0.7.

 

The results showed that the learning assessment of 4 people validator with three aspects of assessment which include the aspect of teaching material students learned the value of 0.766, for aspects of the lesson plan students obtained the value 0.742, and to aspects of the question post-test value of 0.775 obtained.

 

The results showed that the learning assessment of 4 people valid results of this study obtained an average grade of 75.33 while the value of standard grade passing score is 75 so it can be concluded that the learning outcomes of students who use software development models of cooperative learning with concept maps strategy meet standard passing grade students. Based on the assessment of students' social skills development of the model of cooperative learning strategies can be considered satisfactory concept map with the average value obtained is 58.59%

Key words: Learning Strategies concept maps, cooperative learning model, television receiver repair system


Author Biography

BAYU GANDA GANDA ASMARA, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
GANDA ASMARA, B. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF DENGAN STRATEGI PETA KONSEP PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI SISTEM PENERIMA TELEVISI DI SMKN 1 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 36