PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MARRY GO ROUND (KELILING KELOMPOK) DI SMK RADEN PATAH MOJOKERTO

  • Mochamad Choirul Rofik Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Ismet Basuki . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe marry go round (keliling kelompok). Selain itu, penelitian ini mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang ada di sekolah, potensi akademik yang dimiliki siswa, kualitas perangkat pembelajaran kooperatif tipe marry go round (keliling kelompok), keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa, dan kompetensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan research and development (R & D) yang dilakukan dengan empat langkah yaitu studi pendahuluan, mendesain perangkat pembelajaran, validasi dan revisi perangkat pembelajaran, dan uji coba perangkat pembelajaran pada 29 siswa kelas XI TITL SMK Raden Patah Mojokerto dengan menggunakan rancangan One-Group Pretest-Postest Design.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas perangkat di SMK Raden Patah Mojokerto tergolong rendah sehingga peneliti memutuskan untuk membuat perangkat pembelajaran yang baru. Persentase potensi akademik siswa menunjukkan 75,86% tingkat potensi akademik baik dan 24,13% tingkat potensi akademik sangat baik. Hasil validasi perangkat pembelajaran menunjukkan perangkat siabus berkategori baik dengan rata-rata nilai 3,18, rancangan pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dengan rata-rata nilai 3,22, lembar kerja siswa berkategori baik dengan rata-rata nilai 3,11, dan lembar penilaian memiliki kategori baik dengan rata-rata nilai 3,03. Untuk keterlaksanaan pembelajaran berkategori baik dengan rata-rata nilai 3,63. Persentase respon siswa memiliki kategori baik dengan rata-rata data 23 siswa memiliki respon berkategori baik dari 29 siswa. Kompetensi sikap spiritual berkategori baik dengan rata-rata total 3,03. Kompetensi sikap sosial berkategori baik dengan rata-rata sikap jujur 3,05, sikap disiplin 3,01, sikap kerjasama 3,04, dan sikap tanggung jawab 3,17. Hasil kompetensi pengetahuan siswa menunjukkan peningkatan dengan rata-rata nilai pre-test 44,51 dan rata-rata nilai post-test 84,17. Sedangkan hasil belajar kompetensi keterampilan mendapatkan kriteria penilaian sangat baik dengan rata-rata nilai praktikum 81.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif Marry Go Round

 

Abstract

Purpose of this research is develop learning equipment using cooperative marry go ground type. Beside that, this research describes the quality of learning in the school, academic potential of students, quality of learning equipment cooperative marry go round type, students responsibility, and student competencies. This research (R & D) development method by four step, the first step is preliminary studies, the second step is designing a learning device, the thirth step is validation and revision of learning device, and the fourth step is learning device trial to 29 students of XI TITL class SMK Raden Patah Mojokerto use a plan One-Group Pretest-Postest Design.

The results from this research show for device quality in SMK Raden Patah Mojokerto is low, so researcher decided to make a new learning device. Percentage academic potential students show 75.86% good level of academic potential and 24,13% very good level of acade mic potential. The results of validation learning device shows good siabus device category with the average value is 3,18, good learning design category with the average value is 3,22, good student worksheet category with the average value is 3,11, and good assesment sheet category with the average value is 3,03. Good category for a feasibility study can be accomplished with the average value is 3,63. Good category of percentage student responses with 23 students average data has good response category from 29 students. Good category of spiritual attitude with the average is 3,03. Good category of competence social attitude with the average for honest attitude 3,05, discipline attitude 3,01, teamwork attitude 3,04, and responsibility attitude 3,17. results show an increase students knowledge competencies with the average value of pre-test is 44,51 and the average value of post-test is 84,17. While the results of skills competence have a very good category with the average value of practicum is 81.

Key words: Marry Go Round of cooperative learning mode

Author Biographies

Mochamad Choirul Rofik, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Ismet Basuki ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-01-01
How to Cite
Rofik, M., & ., I. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MARRY GO ROUND (KELILING KELOMPOK) DI SMK RADEN PATAH MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 41