PENGARUH SETRATEGI PNGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMKN 2 SURABAYA

  • Bab Salam Baitillah Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • I Gusti Putu Asto B Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan strategi pengajaran terbalik (Reciprocal Teaching) terhadap hasil belajar siswa dibanding menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran teknik elektronika di SMKN 2 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design dengan menggunakan bentuk Nonequivalent Control Grup Design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X TAV 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TAV 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan MPBM dengan strategi pengajaran terbalik (Reciprocal Teaching) dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 88,57 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 82,63 dengan selisih kedua rata-rata 5,953. Hasil perhitungan uji-t didapat t hitung > ttabel  yaitu thitung  sebesar 5,661 dan ttabel sebesar 1,67 dengan taraf signifikan 0,05 hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,351. Derdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan MPBM dengan strategi pengajaran terbalik (Reciprocal Teaching) dibanding hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran langsung. Selanjutnya analisis respon siswa terhadap proses belajar mengajar menggunakan strategi pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) menunjukkan persentase sebesar 86,29% dan masuk ke dalam kategori sangat baik.

Kata Kunci: Strategi Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching).

 

Abstract

This research aims to determine the differences in student learning outcomes using Problem based learning with Reciprocal Teaching compare student learning outcomes with direct instruction in teknik elektronika subjects at SMKN 2 Surabaya. The method used Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design form. Subjects in this study were class X TAV 1 as an experimental class and class X TAV 2 as the control class. Experimental class using Reciprocal Teaching and control class using direct instruction.

This research showed that the average of learning outcomes of the experimental class is 88.57 and an average of learning outcomes of control class is 82.63 with difference of the average is 5.953. T-test calculation results obtained t count > t table that t count 5.661 and t table 1.67 with 0.05 significance level, calculation results obtained significance value of 0.351. Based on research data, there are differences in learning outcomes of students who using Problem based learning with reciprocal Teaching with the student using direct instruction. Further analysis of students' response to the learning process using reciprocal teaching strategies shows the percentage of 86.29% and enter into the excellent category.


Key words: Reciprocal Teaching Strategy

Author Biographies

Bab Salam Baitillah, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
I Gusti Putu Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
Baitillah, B., & Asto B, I. G. (2015). PENGARUH SETRATEGI PNGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMKN 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 12