PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ELECTRICAL CONTROL TECHNIQUES SIMULATOR (EKTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 CERME GRESIK

  • Prima Januarta . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Media Pembelajaran merupakan salah satu aspek yang paling menonjol dalam proses pembelajaran dalam jurusan teknik instalasi tegangan listrik. Penerapan media pembelajaran EKTS diasumsikan dapat meningkatan kemampuan penalaran dan hasil belajar siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian menggunakan Quasi Eksperimen untuk melihat hasil belajar siswa setelah diterapkan media pembelajaran EKTS.

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Cerme-Gresik pada kelas XI TITL semester genap yang terdiri dari dua kelas. Siswa kelas eksperimen menggunakan penerapan media EKTS sedangkan siswa kelas kontrol tidak diterapkan media pembelajaran EKTS. Instrument penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest, untuk mengetahui kemampuan awal siswa dari hasil pretest dan untuk mengetahui hasil belajar dari hasil posttest. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan homogenitas, normalitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa dari hasil belajar siswa penerapan media pembelajaran EKTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dibuktikan dari indikator keberhasilan 96,9 % siswa mendapatkan nilai ≥ 75. Sedangkan untuk respon siswa dapat disimpulkan bahwa respon siswa dikategorikan baik dengan persentase rata – rata 81,88%. Untuk aktivitas guru dapat disimpulkan baik dalam melaksanakan aspek – aspek yang dinilai dengan persentase rata – rata 79,37%. Sedangkan untuk aktivitas siswa dapat disimpulkan baik dalam melaksanakan aspek – aspek yang dinilai dengan persentase rata – rata 81,58%.

Kata kunci:EKTS, hasil belajar, respon siswa.

Abstract

Media is one of the most prominent aspects of the learning process in engineering electrical voltage installations. Application of learning media EKTS assumed to be able to increase the ability of reasoning and learning outcomes of students during learning. This type of research using Experiment Quasi to see the results of student learning as applied in learning media EKTS.

This research was conducted in SMK Negeri 1 Cerme-Gresik in class XI TITL semester consisting of two classes. Grade students experiment using the media application EKTS while control class is not applied learning media EKTS. The research instrument used was a pretest and posttest, to determine the ability of the students' initial from the pretest results and to determine the learning outcomes from the posttest results. Data were analyzed using the homogeneity, normality, and t-test. Based on the analysis of data, it can be concluded that the application of student learning outcomes EKTS learning media can improve student learning outcomes, indicators of success evidenced 96.9% of students scored ≥ 75. As for the students' responses can be concluded that the response of both the percentage of students categorized average 81.88%. For teachers activity can be inferred either in implementing aspects that assessed by the percentage of the average 79.37%. As for the student activity can be concluded either in implementing aspects that assessed by the percentage of the average 81.58%.

Keywords: EKTS, learning outcomes, student response.

Author Biographies

Prima Januarta ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
., P., & Rusimamto, P. (2015). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ELECTRICAL CONTROL TECHNIQUES SIMULATOR (EKTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 CERME GRESIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 315