PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN SISTEM DAN INSTALASI TATA UDARA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI TPTU SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Moch Taufiq Fakhrur Rozi Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Subuh Isnur . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah tidak adanya modul pembelajaran yang digunakan untuk proses pembelajaran sehingga dalam memahami materi dan melakukan praktikum siswa mengalami kesulitan. Kualitas proses pembelajaran akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Salah satu faktor yang dapat mendukung kualitas hasil belajar siswa adalah ketersediaan modul pembelajaran. Pada pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa dapat belajar secara aktif. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu: (1) tahap analisi masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji produk dan (7) tahap analisa dan pelaporan. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen penelitian yang terdiri dari RPP sebesar 83%, Modul sebesar 86%, Butir Soal sebesar 83% dan Angket respon siswa sebesar 84%, dikategorikan sangat valid dan respon siswa terhadap pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 90%. Rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas kontrol ranah kognitif sebesar 67,24, afektif sebesar 76,83 dan psikomotor sebesar 71,69 dan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas kontrol ranah kognitif sebesar 84,02, afektif sebesar 81,14 dan psikomotor sebesar 84,67. Sedangkan perhitungan menggunakan uji t didapat nilai tHitung pada hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif dan psikomotor secara berurutan yakni  11,240, 2,835, dan 12,790 dan tTabel pada pada derajat kebebasan 56 adalah 1,67. Maka nilai tHitung > tTabel. Sehingga, prioritas H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk pengujian berdasarkan nilai signifikansi, hasil dari keseluruhan uji T pada hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif dan psikomotor secara berurutan hasil nilai signifikansinya yakni 0,000, 0,006, dan 0,000. Sedangkan nilai signifikansi yang telah ditentukan sebesar 0,05. Karena hasil nilai signifikansi dari uji T lebih kecil dari nilai signifikansi yang telah ditentukan sebesar 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan pembelajaran yang menggunakan modul pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran yang tidak menggunakan modul pembelajaran berbasis masalah.

Kata kunci: Modul Pembelajaran, Research and Development.

Abstract

The background of this study was the absence of learning modules which are used for the learning process so as to understand the material and do a practicum students experiencing difficulties. The quality of the learning process will affect the learning outcomes of students. One factor that can support the quality of student learning is the availability of learning modules. On the development of problem-based learning modules, is expected to improve student learning outcomes and students can learn actively. This research method using the Research and Development (R & D). In this study there are 7 (seven) stages, namely: (1) the analysis phase of the problem, (2) the stage of data collection, (3) the stage of product design, (4) the stage of design validation, (5) the stage of design revisions, (6) stage product testing and (7) the stage of analysis and reporting. The tests showed that the research instrument consisting of a lesson plan by 83%, amounting to 86% Module, Item Problem by 83% and students 'questionnaire responses by 84%, considered very valid and students' response to the development of problem-based learning module is expressed very well with the results of rating 90%. The average value of the control class student learning outcomes cognitive at 67,24, affective at 76,83 and psychomotor at 71,69  and the average value of the control class student learning outcomes cognitive at 84.02, affective at 81.14 and psychomotor at 84.67. The control class using t-test calculations obtained tcount on student learning outcomes of cognitive, affective and psychomotor sequentially ie 11.240, 2.835, and 12.790 and ttable at the 56 degrees of freedom is 1.67. Then the value tcount> ttable. Thus, priority H0 is rejected and H1 is accepted. To test based on the value of significance, the results of the overall T test on student learning outcomes of cognitive, affective and psychomotor sequentially the results of significance value of 0.000, 0.006, and 0.000. While the significance of a predetermined value of 0.05. Due to the significance of the results of the test T is smaller than a predetermined significance value of 0.05, then H1 is accepted and H0 is rejected, so it can be concluded that there are significant differences between the learning application that uses problem based learning modules and learning that does not use the module problem based learning.

Keywords: Learning Module, Research and Development.

Author Biographies

Moch Taufiq Fakhrur Rozi, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Subuh Isnur ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
Rozi, M. T., & ., S. (2015). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN SISTEM DAN INSTALASI TATA UDARA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI TPTU SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 92