PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN SISTEM KENDALI ELEKTROMAGNETIK DI SMK RADEN PATAH MOJOKERTO

  • Doni Antoko . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Euis Ismayati . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan  di SMK Raden Patah Kota Mojokerto, dengan tujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif pada standar kompetensi mengoperasikan sistem kendali elektromagnetik yang dikembangkan, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada standar kompetensi mengoperasikan sistem kendali elektromagnetik, (3) mengetahui aktifitas belajar siswa selama menggunakan media pembelajaran interaktif, dan (4) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Pengembangan media pembelajaran interaktif diujicobakan kepada siswa XI TITL 1 dengan jumlah siswa 28 tahun ajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi media pembelajaran, lembar validasi perangkat, lembar pengamatan aktifitas siswa, lembar angket respon siswa dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dinyatakan dalam persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran interaktif yang dihasilkan dalam kategori sangat layak dengan rating 85,23% sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran, (2) ketuntasan hasil belajar yang dicapai siswa pada ranah kognitif mencapai 82,14% dengan nilai rata-rata kelas adalah 76,56 sedangkan hasil belajar siswa pada ranah psikomotor mencapai nilai 82,14% dengan nilai rata-rata kelas adalah 80,2, (3) aktifitas belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran mencapai 92,38% dengan kategori reabilitas tinggi, dan (4) Hasil angket respon siswa mendapatkan kategori sangat layak dengan rating 91,72% sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran.

Kata kunci: Media pembelajaran interaktif, hasil belajar

Abstract

The research was conducted in SMK Raden Patah Mojokerto, with the aim of: (1) to determine the suitably of interactive learning media toward competency standards operate electromagnetic control system developed, (2) to determine the student’s learning outcomes in competency standards operate electromagnetic control system, (3) to determine the student’s learning activities for use interactive learning media, and (4) to determine the students' response toward interactive learning media.

The method used is research and development (R&D). Development of interactive learning media tested toward students XI TITL 1 with the total number of students 28 at school year 2013/2014.The instrument used was a sheet of media validation study, the validation sheet devices, observation of student activity sheets, sheet student questionnaire responses and achievement test. Data were analyzed descriptively and quantitatively expressed as a percentage.

The results showed that: (1) interactive learning media produced in the category of very suitably with a rating of 85.23% so it can be used for learning, (2) The completeness of learning outcomes achieved by students in the cognitive domain reached 82.14% with a score class average is 76.56 while the student learning outcomes in psychomotor domain reached 82.14% with an average score of the class is 80.2, (3) student’s learning activities using instructional media reached 92.38 % with high reliability category, and (4) the results of student questionnaire responses get very suitably category with a rating 91.72% so it can be used for learning.

Keywords: lnteraktif learning media, learning outcomes.

Author Biographies

Doni Antoko ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Euis Ismayati ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
., D., & ., E. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN SISTEM KENDALI ELEKTROMAGNETIK DI SMK RADEN PATAH MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 52