PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMKN 7 SURABAYA

  • Agus Mujiono . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Endryansyah . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar siswa ranah kognitif yang menggunakan model Problem Based Learning dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung; (2) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning.

Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian menggunakan jenis “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL SMK Negeri 7 Surabaya. Di ambil sampel sebanyak 2 kelas dengan kelas XI TITL 2 sebagai kelas eksperimen dan XI TITL 1 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan hasil belajar digunakan teknik analisis uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning mempunyai nilai hasil belajar yang lebih tinggi dengan rata-rata 84,30 dari pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan rata-rata 76,02. Berdasarkan perhitungan uji t dua pihak mendapat nilai thitung 6,613 sedangkan  ttabel 2,00. Dengan demikian thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Respon siswa terhadap penerapan model problem based learning secara keseluruhan adalah positif dengan rata-rata 81,74 % dan termasuk kriteria respon sangat setuju.

Kata kunci: Model problem based learning, hasil belajar.

Abstract

The purpose of research was to: (1) Knowing of result student learning in cognitive type using application problem based learning compared with student using direct learning: (2) Knowing student response for application of problem based learning.

The research method used Quasi Experimental Design by using type design “Nonequivalent Control Group Design”. The population in this research were student of class XI TITL SMK state 7 Surabaya. Sample taken 2 class with class XI TITL 2 as the experiments class and XI TITL 1 as the control class. Meanwhile, to knowing the effect and differences in learning result use the t-test analysis techniques.

The result of the research showed that: (1) The result of student learning at experiment class with using problem based learning have result is better with average 84,30 than control class using direct learning with average 76,02. Based on the analysis with t-test two tail get result tcount 6,613 and ttable 2,00. Thus  tcount > ttable, so that H0 is rejected and H1 is accepted. (2) Student response to the application of problem based learning as a whole positive with average 81,74 % and include a very agree response criteria.

Keywords: Problem based learning, learning outcome.

Author Biographies

Agus Mujiono ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Endryansyah . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
., A., & ., E. (2015). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMKN 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 67