PENGEMBANGANMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMKN 1 SIDOARJO

  • Rachmad Indra Widiantoro Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Euis Ismayati . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Proses pembelajaran di SMKN 1 Sidoarjo pada mata pelajaran instalasi motor listrik masih menggunakan metode konvensional, guru cenderung mengajar dengan metode ceramah dan memanfaatkan buku. Dengan kondisi tersebut terkadang siswa agak kesulitan dalam menerima pelajaran karena tidak semua siswa memiliki daya tangkap yang sama pada materi yang diajarkan. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dikembangkan media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimana kelayakan media pembelajan interaktif, (2) bagaimana aktivitas siswa selama menggunakan media pembelajaran, dan (3) bagaimana hasil belajar siswa. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran instalasi motor listrik, (2) mengetahui aktivitas pembelajaran siswa selama menggunakan media pembelajaran interaktif, dan (3) mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif.

Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau R&D, subyek penelitian ini adalah siswa SMKN 1 Sidoarjo kelas XI TIPTL 1 (kelas eksperimen) dan XI TIPTL II (kelas kontrol).Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar validasi media pembelajaran, lembar validasi perangkat, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar.Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dinyatakan dalam persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran interaktif yang dihasilkan dalam kategori sangat layak dengan rating 84,44% sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran, (2) aktivitas siswa dengan menggunakan media pembelajaran mencapai rerata sebesar 81,8% sehingga dapat dikatakan reliabel, dan (3) hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mempunyai rerata kelas sebesar 85,3 sehingga lebih tinggi dari kelas kontrol yang hanya 79,2 dan berdasarkan perhitungan uji-t, pada kelas eksperimen memperoleh nilai thitung> ttabel (3,627> 2,00) sehingga H1 diterima dan H0 ditolak.

Kata kunci : Media pembelajaran, hasil belajar siswa dan aktivitas siswa.

Abstract

The learning process at SMKN 1 Sidoarjo on the subject of installation of electrical motors still use a conventional method, teachers tends to speak and teach by the use of a book. With that condition sometimes the students is little hard to accept the lessons because the students have not had all the same material taught. To anticipate that, need to develope media learning to support a process of learning. The formulation of the problem is this: how appropriate (1), how eligibility of the interactive media learning (2) how the students activity during use the media learning, (3) how the student learning result. While this study is to produce: (1) generate interactive media learning in the subject of electrical motors (2), determine the activity of students learning during used interactive media learning, and (3) determine the student learning result with interactive media learning.

The methods used is research development (R&D), the subject of this research is the student SMKN 1 Sidoarjo class XI TIPTL 1 (experiment class) and XI TIPTL 2 (control class). While the instrument used that is validation of media learning sheets, validation sheets device, activity sheets observation students and learning the test results. Data were analyzed in quantitative descriptive and expressed in the percentage .

The research results showed that: (1) the interactive media learning resulting in the category of very reasonable with ratings 84,44 % so that can be used for learning lessons, (2) the student activity are used the media reached average learning of 81.8 % that it could be it's reliable, and (3) The result of student learning at experiment class have average 85,3 so that higher than control class are just have 79,2 and based on the analysis with t-test get result, in experiment class have score tcount> ttable (3,627> 2,00) so that H1 is accepted and H0 is rejected.

Keywords: Media learning, student learning result and student activity.

Author Biographies

Rachmad Indra Widiantoro, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Euis Ismayati ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
Widiantoro, R., & ., E. (2015). PENGEMBANGANMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMKN 1 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 169