PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN SOFTWARE MULTISIM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN MENGUKUR BESARAN-BESARAN LISTRIK DALAM RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI KELAS X SMK SUNAN DRAJAT PACIRAN LAMONGAN

  • Frendi Bagus Septianto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Nur Kholis . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan software multisim dengan model pembelajaran langsung pada standar kompetensi mengukur besaran-besaran listrik dalam rangkaian elektronika.

Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Nonequivalen Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TEI SMK Sunan Drajat Paciran Lamongan. Diambil sampel sebanyak 2 kelas, kelas X TEI 1 sebagai kelas eksperimen dan X TEI 2 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan software multisim lebih rendah sama dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran langsung. Dan hasil postest menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan software multisim lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Ini menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan software multisim lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.

Kata kunci:Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Software Multisim, hasil belajar siswa.

Abstract

This study aims to determine the differences in learning outcomes of students who use cooperative learning model STAD using multisim software learning model directly on the competency standard measure electrical quantities in electronic circuits.

The method used is quasi experiment with the study design used is "Nonequivalen Control Design". The population in this study were students of class X SMK TEI Sunan Drajat Paciran Lamongan. Sample taken 2 classes, class X TEI 1 as an experimental class and X TEI 2 as the control class. While the results of their study to determine differences in data analysis techniques used t-test.

The results showed that the pretest results in students who use cooperative learning model STAD using lower multisim software together with the results of student learning with direct learning model. And posttest results showed that students using cooperative learning model STAD using multisim software is higher than the learning outcomes of students who use direct instructional model. It shows that the effect of STAD cooperative learning model using multisim software better than the direct learning model.

Keywords: Cooperative learning model STAD, Multisim software, student learning outcomes.

Author Biographies

Frendi Bagus Septianto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Nur Kholis ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
Septianto, F., & ., N. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN SOFTWARE MULTISIM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN MENGUKUR BESARAN-BESARAN LISTRIK DALAM RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI KELAS X SMK SUNAN DRAJAT PACIRAN LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 34