PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TEKNIK PEMROGRAMAN KELAS X BIDANG KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 MADIUN

  • Ahsan Muzakki . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • I Gusti Putu Asto B Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Teknik Pemrograman adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada Sekolah Menengah Kejuruan. Pada kurikulum 2013 materi yang diajarkan pada mata pelajaran Teknik Pemrograman adalah materi tentang pembuatan program dengan menggunakan Visual Basic. Media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah media Video Tutorial. Video adalah teknologi pengiriman sinyal elektronik dari gambar bergerak, sedangkan Tutorial adalah metode pentransferan ilmu, sehingga Video Tutorial adalah metode pentransferan ilmu pengetahuan yang dikirimkan atau dibentuk dalam format gambar bergerak. Tujuan pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial adalah untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa pada mata pelajaran Teknik Pemrograman di SMK Negeri 1 Madiun, serta agar guru dapat mengajar dengan lebih efektif, efisien dan menyenangkan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Reaseach and Development. Data yang dikumpulkan adalah data validasi media pembelajaran, respon siswa dan tes hasil belajar siswa. Validasi media pembelajaran digunakan untuk memperoleh kelayakan dari media pembelajaran tersebut. Respon siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran. Tes digunakan untuk mengetahui hasil yang didapat setelah menggunakan media pembelajaran.

Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil validasi yang melibatkan tiga Validator memperoleh hasil 85,5915%, sehingga kelayakan dari media pembelajaran video tutorial termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran video tutorial memperoleh hasil 83,7%, sehingga media pembelajaran video tutorial mendapatkan respon yang sangat baik dari para siswa. Hasil belajar yang dilakukan dalam penelitian ini diambil dari dua kelompok, yaitu kelompok tanpa perlakuan dan kelompok dengan perlakuan. Kelompok tanpa perlakuan memperoleh hasil rata – rata 69,7, sedangkan kelompok dengan perlakuan memperoleh hasil 75,7. Setelah dilakukan uji-t maka diperolehlah hasil t-hitung -2,062 dan t-tabel -1,70, sehingga sesuai dengan hipotesis yang telah dibuat, maka dinyatakan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok tanpa perlakuan dan kelompok dengan perlakuan.

Kata Kunci: Teknik Pemrograman, Video Tutorial, Research and Development.

 

Abstract

Programing Technique is one of subject taught in Vocational High School. In the Curriculum of 2013  lesson taught on subject Programing Technique is lesson about making of the program by using Visual Basic. Learning Media that developed in this research is Video Tutorial. Video is electronic signal transmission technology of the moving image, while the tutorial is a method of transferring knowledge, so that video tutorial is a method of transferring knowledge transmitted or formed in a moving image format.

The purpose of Video Tutorial Learning Media development is to improve student’s understanding and interest in the subjects Programming Technique on Madiun 1st Vocational High School, and teachers can teach more effectively, efficiently and fun.

The method used is Research and Development method. The data collected is data validation of learning media, student response and test result of student learning. Validation of learning media used to obtain the wealth of learning media. Student response used to know the response of student to learning media. Test used to determine the result obtained after using learning media.

From the research that has been done obtained the following results. The tests involving three Validators obtain results 85.5915%, so the feasibility of video tutorial learning media included in the excellent category. The results of students' response to video tutorial learning media obtain the results of 83.7%, so the learning media of video tutorials get a excellent response from the students. The results of the study carried out in this study were taken from two groups, namely the group without treatment and with treatment group. Without treatment group gained an average 69.7 result, while the treatment group gained 75.7 results. Once the t-test done results of t-test is obtained by -2.062 and t-table at -1.70, thus consistent with the hypothesis that has been made, it is stated there are differences in learning outcomes between the treatment group and the group with no treatment.

Keywords: Programing Technique, Video Tutorial, Research and Development.

Author Biographies

Ahsan Muzakki ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
I Gusti Putu Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
., A., & Asto B, I. G. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TEKNIK PEMROGRAMAN KELAS X BIDANG KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 MADIUN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 29