PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA INDUKTANSI MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS4

  • Abdur Rohim . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Euis Ismayati . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan model pembelajaran berbantuan software adobe flash CS4 pada materi Fisika Induktansi di Jurusan Teknik Elektro. Selain itu, penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran dan tidak menggunakan media pembelajaran. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa produk media pembelajaran dalam bentuk CD tutorial untuk materi Fisika Induktansi di Jurusan Teknik Elektro dengan isi materi: induktansi diri, induktansi timbal balik, hukum lenz dan transformator.

Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) oleh Sugiyono yang memiliki sepuluh langkah pengembangan dan dimodifikasi oleh peneliti hanya menggunakan delapan tahap yaitu tahap analisa masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap ujicoba produk, tahap revisi produk, dan diakhiri dengan analisa dan pelaporan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran pada materi Fisika Induktansi dinyatakan baik dengan hasil rating 76,5%, demikian pula dengan soal yang digunakan pada media pembelajaran dinyatakan baik dengan hasil rating 79%. Hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran tidak lebih baik daripada hasil belajar mahasiswa yang tidak menggunakan media pembelajaran pada materi Fisika Induktansi. Dan respon mahasiswa terhadap media pembelajaran dinyatakan menarik dengan hasil rating 75% sehingga media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan pada proses belajar mengajar.

Kata Kunci:   Media pembelajaran Interaktif, Metode Penelitian Research and Development (R&D).

 

 

 

Abstract

This research aims to develop a model of instructional media assisted learning software Adobe Flash CS4 in materials physics Inductance in Electrical Engineering Department. In addition, this study to determine differences in learning outcomes of students who use the medium of learning and use of instructional media. The results of the research and development of this form of learning media product in the form of a CD tutorial for material Inductance Physics in the Department of Electrical Engineering at the contents of the material: self inductance, mutual inductance, lenz law and transformer.

The method used in this study using the Research and Development (R & D) by Sugiyono who has ten steps of development and modified by the researcher only uses eight stages, the stage of problem analysis, data collection phase, the stage of product design, validation stage design, stage design revisions, product testing phase, the stage of product revisions, and ending with analysis and reporting.

The results showed that the learning media on inductance physics of matter declared good by rating 76,5% yield, as well as questions used in the study expressed good media with 79% rating result. The results of student learning using learning media is no better than the learning outcomes of students who did not use the instructional media materials Inductance Physics. And the response of students to instructional media otherwise excellent rating with the result that 75% developed viable learning medium used in the teaching and learning process.

Keywords: interactive learning media, Research Methods Research and Development (R & D).

Author Biographies

Abdur Rohim ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Euis Ismayati ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
., A., & ., E. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA INDUKTANSI MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS4. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 71