PERBEDAAN HASIL BELAJAR TEKNIK KERJA BENGKEL SISWA KELAS X TAV SMK NEGERI 2 SURABAYA BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR DAN TIPE GAYA BELAJAR SISWA

  • Moch Zainal Arifin Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Meini Sondang Sumbawati Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar Teknik Kerja Bengkel ditinjau dari motivasi belajar dan tipe gaya belajar siswa. Dengan penelitian ini akan diketahui adanya perbedaan hasil belajar jika ditinjau dari motivasi belajarnya, adanya perbedaan hasil belajar jika ditinjau dari tipe gaya belajar, serta adanya interaksi antara motivasi belajar dan tipe gaya belajar terhadap hasil belajar Teknik Kerja Bengkel (TKB).

Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode penelitian ex post facto. Penelitian ex post facto termasuk penelitian kuantitatif untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi, sehingga perolehan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Desain penelitian yang digunakan adalah factorial design 2X2 yang akan diuji dengan menggunakan metode pengujian statistik two way anova.

Berdasarkan uji statistik menggunakan two way anova, didapatkan hasil penelitian bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar TKB jika ditinjau dari motivasi belajar, dibuktikan dengan Fhitung=1.237<Ftabel=4.01. Hasil belajar TKB jika ditinjau dari tipe gaya belajar juga tidak terdapat perbedaan yang signifikan, dibuktikan dengan Fhitung=0.127<Ftabel=3.17. Hasil uji two way anova juga menunjukkan tidak terdapat interaksi yang signifikan antara motivasi belajar dan tipe gaya belajar terhadap hasil belajar TKB, dibuktikan dengan Fhitung=1.857<Ftabel=3.17. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil belajar TKB tidak dipengaruhi oleh motivasi belajar maupun tipe gaya belajar siswa.

Kata kunci   : motivasi, gaya belajar, hasil belajar, auditori, visual, kinestetik.

 

Abstract

This research aims to determine the differences in Teknik Kerja Bengkel learning outcomes in terms of learning motivation and type of student learning styles. By this research will be known the differences of learning outcomes in terms of learning motivation, the differences of learning outcomes in terms of the types of learning styles, and the interaction between learning motivation and type of learning style to the Teknik Kerja Bengkel (TKB) learning outcomes.

Ex post facto research is used to achieve those all purposes. Ex post facto research is a part of quantitative research which is purposed to investigate the events have occurred, so the data on this research is collected by documentation method. 2by2 factorial design is designed this research and two way anova is used to determine it.

According to the results of the two way anova statistical test, there’s no significant difference of TKB learning outcomes in terms of learnin motivation, it is proved by Fcount=1.237<Ftable=4.01. the same results is also shown that TKB learning outcomes in terms of the types of learning style have no significant difference wo way anova statistical test is also shown there is no significant difference, it is proved by Fcount=0.127<Ftable=3.17. Two way anova statistical results are also shown that there is no significant interaction between learning motivation and types of learning styles to TKB learning outcomes, it is proved by Fcount=1.857<Ftable=3.17. Thus, it can be said neither learning motivation nor types of learning style influence the TKB learning outcomes.

Keyword  : motivation, learning style, learning outcomes, auditory, visual, kinesthetic.

Author Biographies

Moch Zainal Arifin, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Meini Sondang Sumbawati, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
Arifin, M., & Sumbawati, M. (2015). PERBEDAAN HASIL BELAJAR TEKNIK KERJA BENGKEL SISWA KELAS X TAV SMK NEGERI 2 SURABAYA BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR DAN TIPE GAYA BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 48